11 Cara Menggemukan Badan Saat Puasa yang Sehat

0
434
cara menggemukan badan saat puasa
cara menggemukan badan saat puasa

Saat menghadapi bulan Ramadhan ada beberapa masalah yang sering terjadi untuk sebagian orang yaitu bobot tubuh yang berkurang drastis. Mungkin ini kabar baik untuk mereka yang sedang diet, tapi bagaimana untuk mereka yang memiliki berat badan di bawah angka seharusnya? berarti mereka harus mencari tahu cara menggemukan badan saat puasa.

Cara ini bukan saja membantu kamu mendapatkan tubuh angka BMI yang ideal tapi juga baik untuk menjaga imunitas tubuh, terlebih saat menyambut bulan baik ini.

Cara menggemukan badan saat puasa

Ada beberapa langkah sehat yang bisa kamu ambil untuk membuat bobot tubuh meningkat

# Rajin berolahraga

cara menggemukan badan saat puasa dengan berolahraga
Source: Pixabay

Olahraga faktanya memang efektif membantu penurunan berat badan, tapi bukan berarti kamu tidak bisa mendapatkan berat badan ideal juga. Alasannya karena tergantung oleh jenis aktivitas apa yang kamu lakukan.

Menurut web kesehatan SehatQ sendiri dengan melakukan beberapa gerakan olahraga di bawah ini akan membantu kenaikan bobot tubuh.

> Push up: olahraga yang dapat kamu lakukan tanpa alat, dan memiliki kegunaan untuk membangun otot lengan dan punggung.

> Squat: Gerakan menaikan dan menurunkan bagian bokong yang efektif. Saat melakukannya pastikan tubuh tetap lurus, serta kaki sejajar dengan pinggul.

> Pull up: Melatih kekuatan otot tangan dengan bantuan pull bar up. Masuk dalam kategori olahraga yang cukup sulit dan perlu latihan untuk mencapai gerakan yang sempurna.

> Berenang: Saat beraktivitas di air, tubuh akan melawan beban air yang mana akhirnya dapat membuat otot meregang dan lebih kuat.

> Lunges: Berfungsi mengencangkan bagian kaki dan bokong, sekaligus membantu mengencangkan otot perut.

> Angkat beban: Kaum hawa banyak yang menghindari olahraga ini karena menghindari bentuk otot yang berlebihan, namun faktanya saat mengangkat beban, lemak akan terbakar dan massa otot akan semakin besar.

Jangan takut untuk berolahraga saat berpuasa karena kalori yang menumpuk hanya akan membuat berat tubuh naik secara berlebihan. Jika masih ragu kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan cepat selama 30 menit sebelum berbuka puasa.

# Menambah Jumlah Asupan

cara menggemukan badan saat puasa dengan menambah asupan
Source: Pixabay

Cara lainnya untuk menaikan berat badan saat puasa adalah dengan mengonsumsi jumlah kalori lebih banyak. Jangan pilih sembarang makanan juga ya Ruppers, pertimbangkan untuk meningkatkan kebutuhan kalori dengan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan lemak baik.

Beberapa jenis makanan yang dianjurkan oleh pakar kesehatan:

> Susu lemak tinggi

>Buah yang mengandung lemak tak jenuh, seperti alpukat

>Kacang kacangan, seperti kacang merah, kacang Almond, kacang polong.

>Karbohidrat seperti, beras merah, roti gandum, seleral, ubi

>Protein, seperti daging ayam, ikan, daging merah, dan telur.

Dalam hal ini bukan saja kalori yang penting tapi juga asupan protein yang membantu membentuk otot. Hindari makan dalam porsi besar sekaligus karena akan berbahaya bagi pencernaan. Cukup tambahkan 300-500 kalori secara bertahap, misalnya saat makan sahur maupun berbuka.

# Memantau Jam Makan

Memantau jam makan saat puasa untuk menaikan bobot tubuh
Source: Pixabay

Selain tidak menambah kalori ekstra dalam waktu yang sama sekaligus, kamu juga dapat makan dalam porsi kecil dengan frekuensi yang lebih sering pada waktu berbuka sampai imsak.

Langkah ini masuk kategori cara menggemukan badan saat puasa yang efektif, karena orang dengan berat badan ringan cenderung cepat merasa kenyang, sehingga ada baiknya untuk membagi porsi makan menjadi 5-6 kali dalam porsi kecil.

# Mengonsumsi Camilan Sehat

Minuman sehat yang membantu menaikan bobot ubuh
Source: Pixabay

Mengasup produk dairy sebelum tidur juga baik untuk menaikkan berat badan saat puasa, bahkan menjadi salah satu camilan yang sehat dan padat akan gizi. Beberapa jenis minuman lainnya yang dapat kamu konsumsi adalah jus buah, smoothies, susu protein dua jam sebelum tidur.

# Mengonsumsi Protein

Mengonsumsi protein baik untuk tubuh
Source: Pixabay

Protein penting untuk membantu tubuh mendapatkan kalori harian yang dapat memenuhi nutrisi harian, yang mana juga berperan membantu pembentukan otot tubuh secara maksimal.

Untuk mendapatkan sumber makanan ini kamu bisa memilih protein dari kacang, ikan, telur, daging, maupun rajin mengonsumsi susu. Namun jika kamu seorang vegetarian dan menghindari produk dairy, sebagai solusinya pilihlah produk yang tidak mengandung unsur hewan atau susu.

# Hidrasi Tubuh

Menghidrasi Tubuh setelah seharian berpuasa

Bukan saja perlu mengatur pola makan yang baik, hingga mengonsumsi makanan tinggi protein dan lemak baik. Faktor lainnya yang harus kamu perhatikan adalah menjaga agar tubuh selalu terhidrasi dengan baik, terlebih lagi setelah seharian menahan rasa haus.

Sehingga cobalah untuk lebih banyak mengonsumsi air putih saat sahur, meneguk 1-2 gelas air putih setelah menyantap makanan, dan dua gelas air putih 2 jam sebelum tidur. Cara ini bukan saja mencegah kekurangan cairan, tapi juga baik untuk menjaga kesehatan organ-organ tubuh.

# Menjaga Porsi Makan

cara menggemukan badan saat puasa dengan membagi porsi makan 5-6 x
source: Pixabay

Salah satu kebiasaan yang sering terjadi pada banyak orang setelah berpuasa adalah makan dalam porsi besar. Hal inilah yang membuat kamu tidak bisa mengonsumsi makanan atau minuman pendukung lainnya. Jika sudah merasa kekenyangan maka besar kemungkinan kamu tidak bisa mencapai target jumlah kalori yang lebih banyak.

Sehingga ada baiknya untuk menjaga nafsu makan saat berbuka, ada baiknya untuk mengonsumsi sesuatu yang ringan dahulu seperti buah, dan baru mengisi perut dengan makanan berat saat malam hari.

Namun banyak orang mengatakan sulit menjaga pola makan karena rasa lapar yang tinggi atau akibat stress yang berlebihan. Karena alasan inilah kamu harus menjaga kesehatan mental saat bekerja.

# Minum Suplemen

Mengonsumi vitamin saat puasa membantu meningkatan kesehatan
Source: Pixabay

Cara menggemukan badan saat puasa yang maksimal adalah dengan mengonsumsi suplemen kesehatan yang mengandung protein dan keratin. Dua bahan ini mampu menambah berat badan dengan cara yang sehat, serta bentuk badan yang ideal.

Bahkan menurut healthline.com, suplemen akan membantu menaikkan massa otot, dan bukan lemak. Namun pastikan untuk mengonsumsinya dengan takaran yang tepat ya! Agar tidak terjadi komplikasi kesehatan di lain hari. 

# Istirahat yang Berkualitas

Tidur yang berkualitas membantu menaikan berat tubuh
Source: Pixabay

Bukan hanya mengubah pola makan, aktivitas, dan asupan setiap hari. Karena kamu juga perlu mengatur pola tidur yang benar, memang harus diakui bangun tidur lebih awal secara terus menerus menyebabkan jam biologis tubuh bisa berubah.

Untuk itu sebagai solusinya atur jam tidur kamu dan pastikan untuk memiliki istirahat yang berkualitas.

# Perhatikan Metabolisme Tubuh

Metabolisme tubuh saat berpuasa
Source: Pixabay

Untuk memastikan memiliki metabolisme tubuh yang baik saat berpuasa, pastikan untuk memiliki jadwal makan yang teratur. Saat membacanya mungkin terlihat rumit, tapi langkah ini perlu dilakukan untuk menjaga asupan makanan tetap optimal.

Membuat jadwal juga sama halnya dengan menjaga intensitas makan dan minum, begitu juga dengan waktu ngemil. Perlahan namun pasti tubuh akan mengerti jam makan yang tepat.

# Konsumsi makanan manis

Mengonsumsi makanan manis sebagai cara menggemukan badan saat puasa
SourceL: Pixabay

Saat membacanya mungkin ini sedikit mengundang pro kontra, yang mana diketahui mengonsumsi manis dapat menyebabkan gula darah melonjak secara tiba-tiba dan ini bukanlah hal yang baik.

Namun sebelum mengambil kesimpulan coba baca lebih jauh, pertama yang dimaksud dengan makanan manis pada pembahasan ini adalah asupan yang memiliki gula alami seperti buah.

Buah sendiri memiliki kandungan GI yang bervariasi sesuai dengan jenisnya, sehingga kamu perlu menakar porsi makan yang sesuai. Saat berpuasa pilihlah buah yang mengandung banyak air, agar dapat sekaligus menghidrasi tubuh.

Nah, semoga dengan informasi yang kami berikan dapat membantu kamu untuk menambah berat badan di bulan puasa ini, dan cari tahu juga untuk kamu yang ingin mendapatkan berat badan ideal di bulan suci ini

Agar semakin mudah saat akan mempersiapkan makanan saat sahur dan puasa, siapkan bahan makanan dan simpan dalam Tempat Penyimpanan Makanan berkualitas dari Ruparupa.

Temukan juga aneka Perlengkapan Memasak seperti Wajan & Kuali, Panci, Pisau yang akan membantu untuk mempermudah saat beraktivitas di dapur. Dapatkan dengan harga spesial untuk bagi setiap Ruppers.