Tips Travelling Mudah dan Ringkas

0
299
Tips Travelling Mudah

Bukan hanya untuk para backpacker yang menggendong ke mana-mana ransel mereka, berkemas agar travelling mudah saat bepergian sangat dianjurkan untuk semua kategori traveller. Tidak sekadar memenuhi kuota bawaan maksimal pesawat berbiaya murah yang terbatas, bawaan yang ringkas akan menyelamatkan Anda dari kemungkinan “kekacauan” saat bepergian. Bayangkan saat harus mengejar jadwal kereta api yang tepat waktu saat terjebak kemacetan di jalan, bawaan ringkas akan sangat membantu meringankan langkah kaki Anda. Atau ketika harus berbagi tempat di bus sempit bersama masyarakat lokal saat menuju daerah terpencil, saat bepergian bersama anak-anak, ringan dan ringkas menjadi wajib hukumnya.

Ringkas tidak berarti harus mengorbankan gaya dan kenyamanan Anda saat bepergian.

Beberapa tips travelling mudah di bawah ini, bisa membantu Anda:

1. Pilih travel bag berbahan ringan

Tas travel berbahan kain sintetis atau ballistic nylon biasanya lebih ringan dibandingkan dengan yang terbuat dari polycarbonate atau hard case. Pilih ukuran kabin atau medium dan buat komitmen pada diri Anda sendiri bahwa semua barang bawaan akan muat di dalam tas travel tersebut.

2. Gulung bukan lipat

Dengan menggulung pakaian bawaan, Anda menghemat lebih banyak ruang di travel bag. Tetap usahakan untuk menjaga agar pakaian yang Anda bawa tidak melebihi satu per tiga isi koper. Manfaatkan fasilitas binatu yang sekarang tersedia hampir di mana pun, baik di hotel maupun binatu-binatu lokal. Bawa pakaian dengan bahan yang mudah kering saat dicuci serta tidak gampang kusut. Pakaian dengan warna gelap akan lebih mudah dipadu-padankan serta mampu menyamarkan noda.

A photo posted by Ruparupa (@ruparupacom) on

3. Aksesoris travel

Manfaatkan pouch bag (tas kecil) untuk menempatkan barang-barang yang mudah tercecer. Misalnya tas kecil untuk perlengkapan elektronik seperti charger telepon genggam, kamera, dan laptop. Sediakan pula tas kecil untuk peralatan mandi dan kosmetik. Pouch bag akan membuat koper Anda lebih rapi dan terorganisir. Gunakan sarung paspor berwarna cerah, sehingga mudah terlihat di dalam tas tangan untuk menghemat waktu saat pengecekan imigrasi.

4. Sortir

Bagian terakhir dan tersulit dari berkemas adalah menyortir. Ini harus dilakukan saat daftar barang bawaan masih panjang, sementara koper sudah penuh. Rumusnya: utamakan fungsi. Sarung misalnya, bisa berfungsi sebagai tempat ganti baju saat darurat, selimut, handuk, bahkan rok. Anda bisa meninggalkan beberapa barang yang fungsinya bisa digantikan oleh satu barang. Dan saat proses sortir telah dilakukan, tapi masih ada barang yang tersisa, hal terakhir yang bisa Anda lakukan adalah memanfaatkan tas tangan atau mengenakannya. Misalnya masukkan sandal ke koper dan kenakan sepatu olahraga Anda. Keluarkan suvenir yang akan Anda berikan pada seseorang di perjalanan dari koper dan pindahkan ke tas tangan.

Dengan terbiasa ringkas, Anda akan memangkas banyak waktu saat berkemas dan menjadikan travelling mudah. Tas travel yang lebih ringan juga akan menyelamatkan tangan atau punggung Anda setelah perjalanan yang melelahkan. Beberapa ide perlengkapan travel menarik bisa Anda temukan di website ruparupa.com