5 Cara Belanja Kebutuhan Lebaran Pakai Uang THR

0
664
cara belanja THR
Sumber: Pexels.com

Mendekati hari raya lebaran, banyak orang mulai menerima uang tunjangan hari raya atau THR. Nah, THR ini seringkali digunakan untuk membeli keperluan lebaran dan berbelanja. Tentu, cara belanja pakai THR ini harus diperhatikan.

Apalagi, banyak dari kita yang tidak dapat mengontrol keinginan ketika melihat dompet membuncit. Akibatnya, banyak kebutuhan yang tidak terbeli karena uang THR sudah keburu habis.

Ruparupa Banner

Padahal, jika menggunakannya dengan bijak, THR ini bisa kamu simpan untuk hal-hal lain danu dana darurat di masa mendatang.

Lalu, Bagaimana Cara Belanja Lebaran Dengan Hemat dan Bijak?

Memang, ada berbagai kebutuhan yang perlu dibeli menjelang lebaran, mulai dari baju, perabot, hampers, hingga peralatan masak. Nah, buat kamu yang hendak menggunakan uang THR untuk berbelanja, simak tips belanja berikut ini dulu, yuk!

1. Buat prioritas belanja untuk hari raya

Pertama, kamu perlu membuat daftar belanja untuk mengetahui hal-hal apa saja yang dibutuhkan saat Ramadan. Pisahkan antara keinginan dan kebutuhan, ya.

Baca Juga:   Resep Sop Ayam Rumahan, Menu Sahur Praktis dan Enak

Sebab jika tidak, bisa-bisa kamu membeli banyak barang, yang sebenarnya tidak dibutuhkan dan membuat THR kamu cepat habis.

daftar belanja thr
Sumber: Pexels.com

2. Sesuaikan pengeluaran dengan bujet

Berikutnya, kamu perlu merencanakan anggaran belanja untuk lebaran. Jangan sampai pengeluaran yang dibutuhkan jauh lebih besar dari uang THR kamu, ya.

Kemudian, usahakan juga untuk tidak memakai uang gaji karena kamu perlu menyimpannya untuk memenuhi kebutuhan kamu selama sebulan.

3. Rencanakan parsel lebaran

Kamu berniat membagikan parsel atau hampers kepada sanak saudara dan teman? Kalau ya, ada baiknya untuk merencanakan isi parsel dari jauh hari guna mengetahui kemungkinan anggaran yang akan dikeluarkan. 

Selain itu, permintaan masyarakat akan parsel biasanya melonjak tinggi menjelang hari raya. Dengan merencanakan parsel dari jauh hari, kamu bisa mendapatkan parsel unik dan berkesan tanpa takut kehabisan.

parsel lebaran
Sumber: Unsplash.com

4. Buat daftar menu masakan untuk lebaran

Saat lebaran, tentunya kurang afdol tanpa adanya makanan khas, seperti rendang, ketupat, dan opor ayam. Buat kamu yang hendak menyiapkan makanan saat lebaran, buatlah perencanaan menu dari sekarang untuk memudahkan kamu saat membeli bahan makanan dan membantu kamu dalam mengontrol pengeluaran THR.

Baca Juga:   Resep Tongseng Kambing Empuk dan Anti Gagal

Menu-menu ini tidak hanya terbatas pada makanan berat, tetapi juga camilan, seperti kue kering ya, Ruppers.

5. Cek diskon dan voucher belanja

Nah, tips belanja untuk lebaran pakai uang THR yang terakhir adalah dengan memanfaatkan diskon dan voucher belanja. Trik ini pas sekali untuk kamu yang ingin belanja banyak kebutuhan, tetapi juga mau menghemat uang THR.

Selama Ramadan, banyak sekali e-commerce yang menawarkan metode belanja lebih hemat, seperti ruparupa.com yang mengadakan promo FUNTaSIX dan program refer and earn.

banner-refer-and-earn

Melalui promo-promo ini, kamu bisa mendapatkan berbagai perlengkapan rumah tangga dan perabot untuk menghias rumah saat lebaran dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti Informa, ACE, Krisbow, Selma, dan lainnya.

Yuk, kunjungi sekarang dan dapatkan beragam peralatan rumah tangga untuk lebaran, seperti berikut ini.

stoples kue lebaran
Krishome Set 3 Pcs Stoples Small Strips
Stoples kaca food grade dengan gaya minimalis untuk menyimpan kue kering.

Beli di sini

rak makanan lebaran
Appetite Set Stoples Helio Dengan Rak 6 Pcs
Menyimpanan camilan dan kue kering lebih praktis dengan set rak dan stoples ini.

Beli di sini

belanja piring saji
Appetite Set 16 Pcs Mangkuk Saji Alby
Hidangan Ramadan tampak lebih cantik dan istimewa dengan set mangkuk saji berikut ini.

Beli di sini

belanja tray
belanja tray
Memindahkan dan menyajikan makanan lebih mudah dengan tray bergaya elegan ini.

Beli di sini