7 Rekomendasi Masker Medis Buat Cegah COVID-19

0
779
memakai masker

Setelah memberikan kelonggaran untuk melepas masker selama dua bulan, Presiden RI Joko Widodo, menghimbau masyarakat untuk kembali menggunakan masker di luar ruangan pada Minggu (10/7/2022), seperti dilansir dari Detik.

Berdasarkan data Satgas Covid-19, kasus penularan virus korona memang semakin meningkat akhir-akhir ini. Hingga Selasa (12/7/2022), tercatat sudah ada 3.361 kasus baru dengan jumlah pasien sembuh sebanyak 1.780 dan jumlah pasien meninggal sebanyak 7 orang.

Ruparupa Banner

Oleh sebab itu, Presiden Jokowi meminta masyarakat untuk melakukan vaksinasi booster, terutama di daerah dengan interaksi masyarakat yang cukup tinggi.

Selain itu, kita juga diharapkan untuk tetap mengikuti protokol kesehatan, mulai dari mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, hingga selalu memakai masker.

Apalagi, Kepala Organisasi Kesehatan Dunia, Tedros Adhanom, menyebutkan bahwa pandemi Covid-19 tidak akan berakhir dalam waktu dekat dan menyampaikan kekhawatirannya akan jumlah kasus yang terus meningkat, seperti yang dilansir dari Al Jazeera.

Rekomendasi Masker Kesehatan untuk Menangkal Covid-19

Nah, kali ini, kami punya beberapa rekomendasi masker yang bisa melindungi kamu dan keluarga dari penularan Covid-19, mulai dari masker KN95 hingga masker duckbill, seperti berikut ini.

1. Masker KN95

Masker KN95 mempunyai efisiensi filtrasi yang sama dengan masker N95, yaitu 95%. Jenis masker ini mempunyai permukaan yang rapat menutup sisi-sisi wajah sehingga mencegah adanya celah udara.

Namun, kamu tidak perlu khawatir karena masker satu ini masih nyaman untuk dipakai, seperti rekomendasi masker KN95 dengan 5 lapisan pelindung berikut ini.

2. Masker KF94

Melansir dari Health, Sara Andrabi, Asisten Profesor Pengobatan Darurat di Baylor College of Medicine, menyebutkan bahwa masker KF94 merupakan masker produksi Korea Selatan dengan efisiensi filtrasi sebesar 94%.

Masker KF94 mempunyai bentuk seperti perahu sehingga mampu menjangkau area wajah yang lebih luas. Selain itu, masker satu ini mempunyai permukaan yang halus dan lembut sehingga terasa nyaman saat kamu pakai, seperti berikut ini.

masker medis masker kesehatan
Krisbow Set 20 Pcs Masker Kf94 Disposable Srrp7 
Masker dengan 4 lapisan pelindung mampu cegah penularan virus Covid-19.

Beli di sini

 masker kesehatan
S Sip Set 10 Pcs Masker Pelindung Pastel Series Kf94
Mampu menyaring virus, bakteri, dan kotoran dengan tali pengait yang dapat disesuaikan.

Beli di sini

3. Masker N95

Masker N95 banyak dipakai untuk penggunaan medis dan sehari-hari. Melansir dari TIME, masker N95 yang dipasang dengan benar dapat menyaring 95% partikel di udara, mulai dari virus hingga polusi.

Bahkan, berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal Proceedings of the National Academy of Science, disebutkan bahwa penularan risiko Covid-19 dapat berkurang hingga 75 kali lipat jika kita menggunakan masker N95.

Nah, ini dia rekomendasi masker N95 terbaik yang bisa kamu pilih.

rekomendasi masker medis
Masker Anti Virus Apd Disposable N95 Ffp2
Mampu menyaring partikel aerosol hingga 95% dan nyaman di kulit.

Beli di sini

4. Masker Bedah

Melansir dari Washington Post, CDC memperkirakan bahwa masker bedah dapat mengurangi kemungkinan infeksi Covid-19 hingga 66% untuk penggunaan dalam ruangan.

Jenis masker satu ini tahan terhadap droplet dan cairan berbahaya lainnya. Namun, permukaannya yang tidak rapat memungkinkan adanya celah udara untuk virus dan bakteri masuk.

Untuk itulah, kamu perlu memakai masker kain di atas masker bedah. Apalagi, penggunaan masker dobel ini dinilai mampu meningkatkan efisiensi filtrasi hingga 85%.

5. Masker Kain

Berbeda dengan masker kesehatan di atas, masker kain dapat dicuci dan digunakan kembali. Namun, CDC memperkirakan bahwa efisiensi filtrasi masker kain hanya mencapai sebesar 56%.

Menurut Kementerian Kesehatan, masker kain yang direkomendasikan adalah masker 3 lapis, mulai dari lapisan kain hidrofilik, lapisan katun atau polyester, dan lapisan hidrofobik. Nah, masker kain ini hanya boleh kamu gunakan maksimal 4 jam, ya.

masker kain 3 lapis
Masker 3 Lapis Set 3 Pcs Motif Bunga – Cokelat
Masker ini tahan air dan dapat kamu cuci secara berulang.

Beli di sini

masker kain
Set 3 Pcs Masker Kain 3 Lapis
Mempunyai 3 varian warna untuk mencegah penularan penyakit.

Beli di sini

6. Masker Anak

Seperti namanya, masker ini diperuntukkan bagi anak-anak. Biasanya, masker ini mempunyai motif kartun yang lucu dengan warna-warna cerah sehingga anak tertarik untuk memakainya.

Apalagi, jenis masker ini terbuat dari bahan katun yang sejuk dan lembut di kulit. Nah, ini dia rekomendasi masker anak terbaik yang bisa kamu beli.

kid mask
Kiddy Star Masker Kain Anak Tom & Jerry Wb02 – Orange.
Masker anak untuk melindungi dari debu dan droplet.

Beli di sini

rekomendasi masker medis anak
Nexcare Masker Anti Virus Anak Daily 3 Pcs – Hijau. Masker anak dengan 3 lapisan untuk memberikan perlindungan ekstra.

Beli di sini

7. Masker Duckbill

Efektivitas masker duckbill sama dengan masker pada umumnya. Perbedaan antara masker ini dengan masker lainnya terletak pada bentuk ujung masker yang mirip paruh bebek sehingga memberikan kemudahan dalam bernapas.

Nah, ini dia rekomendasi masker kain duckbill dengan motif batik yang menarik.

duckbill mask
Pendopo Masker Batik Duckbill 3 Lapis
Masker duckbill ini mampu memberikan perlindungan terhadap debu dan virus serta nyaman untuk pemakaian sehari-hari.

Beli di sini

Itu dia berbagai rekomendasi masker untuk bantu cegah penularan Covid-19. Kamu juga bisa menemukan berbagai alat kesehatan lainnya dengan mudah hanya melalui ruparupa.com.

Dapatkan masker hemat hingga 70% dengan klik di sini

Situs belanja online satu ini juga menyediakan berbagai peralatan dan perabot rumah tangga dari merek-merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti Informa, ACE, Selma, dan masih banyak lagi. Yuk, putus rantai penyebaran Covid-19 bersama sekarang juga!