13 Jenis Ikan Arwana, Harga, dan Cara Perawatannya

0
61673
jenis ikan arwana
jenis ikan arwana

Tahukah kamu kalau jenis ikan arwana sangat beragam? Soalnya, hewan air tawar yang memiliki nama ilmiah Osteoglossidae ini berasal dari berbagai tempat berbeda.

Perbedaan asal, jenis, dan lingkungan hidupnya membuat ukuran dan corak ikan hias arwana jadi bervariasi.

Ruparupa Banner

Beberapa ikan arwana yang biasa dipelihara berasal dari Amerika Selatan, Australia, Asia hingga Afrika. Namun, di wilayah Indonesia sendiri, ikan satu ini berasal dari Papua dan Kalimantan.

Lantas, Apa Saja Jenis-Jenis Ikan Arwana?

Tertarik untuk memelihara ikan air tawar ini di rumah? Bila ya, maka kamu bisa memilih salah satu dari beberapa jenis ikan arwana berikut ini.

1. Ikan Arwana Brazil

jenis ikan arwana
Sumber: Wikimedia Commons/Хомелка

Ikan arwana brazil termasuk ke jenis yang paling populer di wilayah Nusantara karena sisik silvernya yang cantik.

Uniknya, ikan ini punya kemampuan untuk melompat tinggi di udara saat menangkap mangsanya, yaitu serangga. Ikan ini dijual dengan kisaran harga Rp2 juta.

2. Ikan Arwana Banjar

jenis ikan arwana
Sumber: Flickr

Ikan satu ini punya nama julukan banjar red arowana, meskipun tidak tampak berwarna merah. Malahan, ikan ini memiliki sirip berwarna oranye dengan ekor kekuningan. Jenis ikan arwana Banjar bisa mencapai 90 cm dan dijual dengan harga Rp2 jutaan.

3. Ikan Arwana Red Tail Golden

jenis ikan arwana
Sumber: Wikimedia Commons/Ginkgo100

Hewan air tawar asli Indonesia yang langka dan memiliki sifat natural agresif ini memiliki harga Rp4,5 jutaan. Bila bicara soal ukuran tubuh, ikan ini dapat bertumbuh besar sampai 90 cm kalau sudah dewasa.

Jenis ikan arwana red tail golden berasal dari daerah Riau, Pekanbaru, serta wilayah Sumatera lainnya dengan warna sirip biru, hijau, dan keemasan.

4. Ikan Arwana Super Red 

jenis ikan arwana
Sumber: Nakama Aquatics

Sesuai namanya, ikan hias arwana super red memiliki tubuh berwarna merah yang atraktif. Ikan ini berasal dari Sungai Kapuas dan Danau Sentarum, yang berada di Kalimantan Barat. Soalnya, kedua wilayah tersebut memang terkenal sebagai habitatnya.

Umumnya, ikan jenis ini terbagi ke 4 warna, yaitu merah darah (blood red), merah cabai (chili red), merah orange (orange red), dan merah emas (golden red).  Ikan ini dijual dengan harga mulai dari Rp2 jutaan hingga Rp48 juta, tergantung varietasnya. 

Baca Juga:   7 Tips Memelihara Anjing Rottweiler

5. Arwana Black Golden

Ikan Arwana Black Golden
Source: Green Lake

Ikan arwana black gorden terbilang sebagai jenis ikan hias yang sangat mahal, yaitu sekitar Rp18 jutaan. Soalnya, ikan ini sangat langka dan sulit ditemukan, termasuk pada tempat tinggalnya yang berada di daerah rawa di Penang, Malaysia.

Selain langka, ikan ini juga memiliki perpaduan warna sisik yang cantik, yaitu emas dan hitam. 

6. Jenis Ikan Arwana Platinum

jenis ikan arwana
Sumber: Ikanesia

Jenis ikan arwana lainnya adalah platinum, yang memiliki tekstur sisik halus. Untuk memilikinya, kamu harus siap-siap merogoh kocek hingga Rp6 milyar rupiah per ekornya. Fantastis, bukan?

7. Arwana Crossback Golden

jenis ikan arwana
Sumber: Mega Arowana Fishery

Jenis ikan hias langka cross back golden memiliki banyak nama, seperti taiping golden, pahang golden, malayan bonytongue, serta malaysian gold. Biasanya, ikan ini memiliki warna emas yang mencolok pada bagian punggungnya.

Ikan ini juga berasal dari Malaysia, seperti danau Bukit Merah, Perak, Terengganu, dan Johor. Biasanya, ikan ini dijual dengan harga sekitar Rp18 jutaan.

8. Jenis Ikan Arwana Jardini

jenis ikan arwana
Sumber: Wikimedia Commons/Viktor Kravtchenko

Ikan yang berasal dari Australia dan Papua ini memiliki nama lain jardini arowana. Tubuhnya berwarna kuning keemasan dengan berat mencapai 17 kg dan panjang sekitar 90 cm.

Jika dibandingkan dengan jenis arwana lainnya, ikan ini memiliki palet yang lebih lembut. Ikan Arwana Jardini dijual dengan harga sekitar Rp4 jutaan.

9. Jenis Ikan Arwana Hijau

jenis ikan arwana
Sumber: Kementerian Kelautan dan Perikanan

Ikan arwana hijau memiliki ukuran kepala yang lebih besar daripada jenis arwana lainnya. Ikan yang disebut golden pino ini berasal dari berbagai negara di Asia, seperti Kamboja, Malaysia, Myanmar, dan Indonesia.

Dikarenakan kecantikannya, harga ikan arwana hijau ini bisa mencapai Rp4 jutaan.

10. Arwana Batik

Jenis ikan arwana batik
Source: Fatasama

Ikan yang hadir dengan corak tubuh mirip dengan kain batik ini memiliki kulit berwarna perunggu yang dominan dengan perpaduan warna silver. Cantik, bukan?

Tidak heran bila ikan ini sangat populer dan harganya cukup mahal, yaitu mencapai Rp50 jutaan.

11. Black Arwana

jenis ikan arwana
Sumber: CJ Aquatic

Ikan ini masih satu saudara dengan silver arwana. Namun, perbedaannya terletak pada bagian ekornya yang berwarna hitam. Harga ikan arwana jenis black ini sekitar Rp2,5 hingga Rp5 jutaan rupiah.

12. Ikan Arwana Saratoga

Dari berbagai jenis ikan arwana lainnya, saratoga memang kurang dikenal. Namun, ikan ini sangat terkenal bagi para kolektor. Uniknya, ada warna merah mudah pada bagian sirip bawahnya.

13. Arapaima

Arapaima jenis ikan arwana yang langka
Source: Google Image

Arapaima termasuk jenis ikan arwana terbesar di dunia karena panjangnya mencapai 3 meter dengan berat 200 kg. Ikan ini masuk dalam kategori hewan langka yang hanya ada di Sungai Essequibo dan Sungai Amazon.

Baca Juga:   8 Tempat Rekomendasi Croffle Terenak di Jakarta

Saat sungai mulai kering, hewan ini akan menggulungkan diri membentuk bola dan membenamkan dirinya ke dalam lubang sampai air kembali datang. Ikan ini dijual dengan harga   mulai dari Rp3 jutaan.

Bagaimana Cara Merawat Ikan Arwana?

Dari berbagai jenis ikan arwana di atas, mana yang paling menarik perhatianmu? Nah, kalau sudah memutuskan jenis ikan Arwana yang ingin diperlihara, simak juga beberapa cara merawatnya berikut ini.

1. Siapkan Akuarium 

Saat membeli akuarium untuk ikan hias, pilih yang ukurannya tiga kali lebih besar daripada panjang ikan tersebut. Jadinya, ikan peliharaan milikmu bisa bertumbuh dengan baik dan mendapatkan ruang gerak yang lebih leluasa. 

 

jenis ikan arwana
Boyu Set Akuarium Dan Kabinet Xf-80 – Putih

Harga Rp4 juta

akuarium ikan arwana
Boyu 33 Ltr Akuarium Dengan Lampu Led & Pompa Ec-400

Harga Rp700 ribu

2. Menjaga Temperatur Air

Pastikan kamu selalu menyesuaikan suhu air antara 26-30 celsius untuk menjaga pertumbuhan ikan arwana. Untuk mendapatkan hasil suhu yang akurat, gunakan termometer air. Selain itu, jangan lupa menjaga kadar pH air antara 5-8.

 

termometer akuarium arwana
Boyu Termometer Akuarium

Harga Rp8 ribu

3. Lengkapi Perlengkapan Akuarium

Selain akuarium, kamu memerlukan perlengkapan tambahan, seperti filter, aerator, lampu TL, dan heather. Setiap alat tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Jadi, pastikan untuk melengkapi peralatan yang sesuai dengan kebutuhan.

jenis ikan arwana
Filter Akuarium Cata-pure Hydra 4 Pcs

Harga Rp200 ribu

jenis ikan arwana
Boyu Lampu Aquarium 40 Watt – Putih

Harga Rp30 ribu

4. Pilih Hiasan Akuarium yang Tepat

Hindari menggunakan hiasan yang berlebihan. Meskipun bertujuan untuk mempercantik akuarium, terlalu banyak hiasan justru bisa mengganggu tumbuh kembang ikan. Selain itu, jangan menggunakan hiasan yang berujung tajam karena bisa melukai tubuh ikan.

 

jenis ikan arwana
Aquascape Hiasan Akuarium Kayu Bonsai Ukuran S

Harga Rp200 ribu

jenis ikan arwana
Fishland Hiasan Akuarium Batu Karang Nautilus

Harga Rp1.2 juta

5. Menjaga Kebersihan Akuarium

Kebersihan di dalam akuarium sangat penting. Untuk itu, pastikan kamu menyedot atau menjaring kotoran secara rutin. Apalagi, kotoran ikan dan makanan dalam akuarium mengandung sedimen yang akan memengaruhi kesehatan ikan. 

 

jenis ikan arwana
Jbl Spons Penyaring Akuarium – Biru

Harga Rp300 ribu

jenis ikan arwana
Boyu Spons Penyaring Filter Akuarium – Putih

Harga Rp20 ribu

Itu dia beberapa jenis ikan arwana dan cara perawatannya yang tepat di rumah

Miliki akuarium dan aksesorisnya
hemat hingga 50% klik di sini

Seluruh perlengkapan untuk memelihara ikan hias di atas bisa kamu dapatkan hanya melalui ruparupa.com. Situs belanja online ini  menjual akuarium dan aksesorisnya, serta perlengkapan untuk memelihara hewan lainnya.

Bahkan, kamu juga bisa beli perlengkapan rumah tangga terbaik dari merek ternama milik Kawan Lama Group, yaitu ACE, Informa, Selma, Toys Kingdom, Pet Kingdom, dan masih banyak lagi.