Resep Nasi Liwet Rice Cooker, Wangi dan Gurih

0
10672
Sumber: whattocooktoday.com

Suka bingung memikirkan menu makanan setiap harinya? Pasti akan lebih mudah kalau memasak satu menu, tapi bisa untuk makan pagi, siang, dan makan, bukan? Bisa, kok! Resep nasi liwet di artikel ini akan menjadi solusinya. 

Nasi liwet adalah hidangan khas Indonesia yang berasal dari Pulau Jawa, khususnya di Solo dan Sunda. Tidak heran kalau berwisata di Bandung, kamu akan menemukan menu makanan dengan nasi liwet.

Ruparupa Banner

Ciri khas dari menu nasi liwet adalah rasanya gurih. Bila kamu menyantapnya dengan ikan teri goreng asin, rasanya pasti akan lebih nimat. Kamu juga bisa menambahkan ayam goreng, tempe, hingga tahu untuk melengkapi rasa hidangan khas Jawa tersebut.

Tenang, membuat nasi liwet ternyata tidak memerlukan waktu lama. Selain itu, kamu bisa memasaknya hanya dengan  menggunakan rice cooker.

Ingin tahu bagaimana caranya? Yuk, simak berikut ini!

Bahan

  • 4 cup beras
  • 2 batang serai
  • 4 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah
  • 2 helai daun salam
  • 1 genggam ikan teri goreng
  • 2 buah cabe merah keriting
  • Secukupnya air, garam, dan kaldu bubuk
resep nasi liwet
Sumber: whattocooktoday.com

Cara Membuat Nasi Liwet Rice Cooker

1. Kupas kulit bawang merah dan bawang putih, lalu iris tipis bersama dengan cabai. Masukkan ke dalam wajan dan tumis hingga harum. 

2. Kemudian, geprek serai dan masukkan ke dalam tumisan. Tambahkan juga daun salam, lalu aduk hingga tercampur rata. 

Baca Juga:   7 Peralatan Masak yang Wajib Ada Saat Ramadan

3. Masukkan teri goreng ke dalam tumisan, lalu aduk kembali sampai merata sebentar saja. Setelah matang, matikan api dan sisihkan ke dalam wadah. 

4. Cuci bersih beras dan tambahkan air secukupnya sesuai takaran kamu memasak nasi biasanya. Kamu boleh melebihkan takaran airnya sedikit agar nasi lebih lembut dan pulen, ya.

5. Selanjutnya, masukkan bahan tumisan tadi ke dalam wadah beras. Tambahkan garam dan kaldu bubuk, aduk hingga tercampur merata. 

6. Letakkan wadah beras ke dalam rice cooker dan jangan lupa dinyalakan ke mode cook ya, Ruppers. Tunggu hingga nasi matang dan rice cooker berubah ke mode warm. 

7. Setelah matang, kamu dapat langsung mengaduk nasi liwet agar rasanya lebih merata. Hidangkan selagi hangat.

Nah, nasi liwet buatan kamu sudah jadi. Gampang sekali, ‘kan? Hidangan ini bisa jadi ide menu praktis kalau kamu sedang tidak punya waktu untuk memasak. 

resep nasi liwet rice cooker
Sumber: whattocooktoday.com

Apa Bedanya Nasi Liwet dan Nasi Uduk?

Kedua menu olahan nasi inisering disamakan karena rasanya yang mirip dan gurih. Namun, ternyata nasi liwet dan nasi uduk memiliki beberapa perbedaan, lho. Apa saja itu/.

  • Cara Memasak

Untuk memasak nasi uduk, yang dikukus dalam panci adalah nasinya saja. Setelah matang, barulah ditambahkan dengan lauk pauk lainnya.

Sedangkan nasi liwet, bumbu halus yang ditumis akan dimasak bersamaan dengan beras sampai matang di dalam panci atau rice cooker

  • Lauk pauk
Baca Juga:   5 Kreasi Resep Sandwich Buat Sarapan dan Bekal Anak

Nasi uduk biasanya memiliki lauk pauk pelengkap, seperti telur dadar iris atau telur kecap rebus, tempe orek, kentang balado, hingga bihun goreng.

Namun, kalau nasi liwet bisa langsung kamu makan tanpa lauk pelengkap, lho.  Biasanya, agar lebih lezat, banyak orang yang menyantap nasi liwet dengan ayam bakar hingga opor ayam. Bisa juga menambahkan lebih banyak teri goreng.

  • Cara Penyajian

Ternyata, cara penyajian kedua menu olahan nasi ini juga berbeda, lho. Nasi uduk biasanya akan langsung disajikan diatas piring dengan berbagai lauk lainnya.

Sedangkan nasi liwet biasa akan menggunakan alas atau dibungkus dengan daun pisang sehingga aromanya lebih harum. 

Sekarang sudah tahu ‘kan perbedaan nasi liwet dengan nasi uduk? Nah, kamu bisa membuatnya dengan mudha di rumah memakai peralatan masak berkualitas, seperti beberapa rekomendasi produk berikut. 

Cooking Color 28 Cm Althea Wajan
Cooking Color 28 Cm Althea Wajan

Beli di sini

Krischef Spatula Gagang Plastik
Krischef Spatula Gagang Plastik

Beli di sini

Kels 1.5 Ltr Warren Rice Cooker Multifungsi
Kels 1.5 Ltr Warren Rice Cooker Multifungsi

Beli di sini

Krischef Sendok Nasi Kayu
Krischef Sendok Nasi Kayu

Beli di sini

Temukan juga berbagai peralatan masak dan perlengkapan dapur lainnya hanya di Ruparupa.com

Situs belanja online ini menyediakan perabot rumah tangga terbaik dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi. Selamat membuat nasi liwet!