Perlengkapan Memasak

    Daftar Perlengkapan Memasak yang Harus Dimiliki Pemula

    Jika Anda baru mulai belajar memasak atau tinggal sendiri, membuat berbagai hidangan - terutama yang sehat - dapat membuat Anda frustrasi. Apalagi jika Anda tidak memiliki peralatan memasak yang tepat. Kali ini kami akan memperkenalkan beberapa alat alat untuk memasak yang kami rasa paling penting untuk dimiliki di dapur. Dengan perlengkapan memasak ini, Anda akan siap untuk membuat masakan rumahan pertama Anda.

    Tetapi perlu Anda ketahui, jangan membaca daftar ini dan panik. Anda tidak perlu membeli semua barang ini sekaligus. Anda benar-benar dapat mengumpulkan perlengkapan memasak dari waktu ke waktu. Anda dapat perlahan-lahan beralih dari perlengkapan memasak yang sederhana ke barang-barang baru yang lebih modern. Mengumpulkan seperangkat alat yang terasa nyaman untuk Anda dapat menghabiskan banyak waktu dan bergantung pada preferensi dan anggaran Anda.

    1. Pisau Koki

    Alat dapur yang paling revolusioner salah satunya adalah pisau dapur yang bagus dan tajam. Pernahkah Anda memotong kentang atau labu kuning dengan pisau yang tumpul dan tipis? Jika pernah, Anda pasti merasakan betapa menderitanya melakukan hal tersebut. Hal ini bukan tidak mungkin, tetapi menggunakan pisau yang jelek dan kusam membuat proses memasak Anda membosankan, memakan waktu, dan benar-benar berbahaya.

    Mungkin membeli seluruh blok pisau dalam beberapa bentuk, ukuran, dan sisi yang berbeda memang menggoda.Tentu saja Anda dapat membeli apapun yang Anda suka, jangan ragu. Tetapi jika Anda ingin mendapatkan sesuatu yang sepantar dengan uang yang Anda keluarkan, pilihlah pisau koki sederhana. Pisau ini sangat bagus untuk memotong apa saja yang mungkin Anda perlukan sebagai pemula. Ditambah lagi, pisau ini membuat dapur Anda sederhana dan minimalis sampai Anda benar-benar membutuhkan variasi.

    2. Talenan

    Jika Anda ingin merawat pisau Anda, Anda membutuhkan talenan. Hal ini membuat proses memindahkan makanan dari tempat Anda memotongnya ke panci sangat mudah. Anda cukup mengambil papan talenan dengan daging/sayuran Anda di atasnya dan berjalan ke kompor Anda. Alat ini juga membuat pisau Anda lebih tajam untuk jangka waktu yang lebih lama.

    Pilihlah talenan yang terbuat dari plastik, bambu, atau kayu. Jangan membeli talenan dengan  kaca atau batu! Papan kaca dan batu akan membuat pisau Anda tumpul jauh lebih cepat daripada permukaan lembut dari talenan plastik atau kayu. Juga, suara pisau logam yang mengetuk papan pemotongan kaca cukup mengerikan. Kami menyarankan Anda memilih talenan putih yang sangat sederhana.

    3. Teflon Anti Lengket atau Wajan Cast Iron

    Sebagian orang lebih menyukai baja tahan karat. Lainnya suka non-stick. Tetapi kami lebih menyarankan wajan cast iron. Meskipun wajan ini perlu waktu untuk dipanaskan dan mereka perlu dikontrol kelembapannya terlebih dahulu, wajan besi dapat digunakan untuk berbagai hal yang berbeda. Misalnya saja memasak bacon, menggoreng atau menggoreng telur, memanggang daging, menumis sayuran dan masih banyak lagi. Wajan ini adalah semacam wajan yang dapat "melakukan semuanya".

    Di samping pisau, wajan Anda kemungkinan besar akan menjadi barang yang paling sering digunakan di dapur. Alasan kami memilih wajan besi adalah karena mereka tangguh, tahan cukup lama, dan sepenuhnya terbuat dari logam. Anda dapat menggunakannya di oven, di atas kompor, atau bahkan di atas panggangan. Ukuran wajan tergantung pada seberapa banyak makanan yang akan Anda masak. Tetapi wajan berukuran 10 inci seharusnya bekerja sangat baik untuk kebanyakan orang.

    Namun, untuk beberapa pemula di dapur, memikirkan perawatan wajan cast iron baru adalah sesuatu pekerjaan yang cukup sulit. Untuk Anda, kami menyarankan wajan anti lengket berkualitas baik. Lebih baik Anda memilih yang tanpa Teflon. Teflon buruk bagi lingkungan dan melepaskan asap yang tidak bagus untuk bernafas jika Anda memanaskannya melewati suhu tertentu. Anda juga harus sering menggantinya karena Teflon dapat terkelupas dan kemungkinan besar masuk dalam makanan Anda.

    Jika Anda membuat tumisan sayur, telur, atau gorengan, wajan anti lengket sangat bagus karena Anda hanya perlu melakukan pembersihan minimal. Satu-satunya peringatan adalah bahwa Anda tidak dapat meletakkan alat ini dalam oven (terutama yang mengandung Teflon). Sebagian besar dari jenis wajan ini memiliki bagian plastik atau karet. Beberapa memiliki silikon yang dapat Anda masukkan ke dalam oven hingga suhu tertentu. Kenali apa jenis wajan yang Anda miliki sebelum Anda melakukan ini!

    4. Panci Saus

    Panci saus kecil sangat penting untuk membuat hal-hal seperti sup, saus, dan merebus atau mengukus sayuran. Panci yang kecil akan cukup untuk Anda. Jika Anda memasak untuk keluarga besar atau melakukan banyak persiapan makanan, Anda mungkin bisa memilih panci sup yang lebih besar. Tetapi jika Anda tidak memerlukan yang terlalu besar, pot 1.5 liter yang lebih kecil akan baik-baik saja.

    5. Loyang Aluminium

    Ini adalah loyang yang kebanyakan orang gunakan untuk membuat kue. Tetapi alat ini tidak hanya bagus untuk membuat kue. Mereka juga bagus untuk memanggang sayuran dan memanggang hal-hal seperti ayam dan ikan. Memanggang dapat menambahkan lebih banyak variasi rasa dan tekstur untuk asupan sayuran harian Anda. Ingin meningkatkan pengalaman memanggang Anda? Belilah beberapa alumunium foil sekaligus saat membeli loyang. Melapisi loyang dengan aluminium foil membuat proses pembersihan jauh lebih mudah.

    6. Sendok dan Cangkir Takar

    Memasak tanpa mengukur bahan-bahan yang dibutuhkan akan membuat pengalaman memasak Anda tidak menyenangkan. Jika Anda ingin makanan terasa enak, gunakan sendok dan cangkir pengukur. Kmai tahu nenek Anda tidak pernah menggunakannya, tetapi itu karena ia sudah memasak selama 60 tahun terakhir. Ketika Anda memiliki banyak pengalaman memasak, kami akan memberi Anda izin untuk berhenti menggunakannya.

    7. Penjepit

    Ada banyak orang yang tidak memiliki sepasang jepitan. Mereka mungkin akan mencoba menggunakan dua garpu, tusuk sate, atau spatula untuk membalik makanan mereka. Dan meskipun berhasil, hal itu membuat tugas-tugas ini jauh lebih sulit. Anda bisa saja menjatuhkan barang-barang, atau mengotori pakaian dengan minyak dan saus yang menetes. Pada dasarnya hal itu membuat kekacauan yang lebih besar daripada yang sudah Anda hasilkan. Jika Anda akan memanggang apa pun, membalik ayam panggang, atau memasak daging, Anda akan membutuhkan penjepit yang layak.

    8. Spatula Karet Tahan Panas

    Spatula karet adalah alat pencampur yang sangat multifungsi. Bagus untuk mencampur apa saja, dan jika Anda meninggalkannya di pot / panci secara tidak sengaja, alat ini tidak akan mencair ke dalam makanan Anda dan merusaknya. Tetapi mungkin hal yang terbaik adalah membiasakan tidak meninggalkan spatula dalam makanan panas saat memasak.

    9. Sarung Tangan Oven atau Handuk Dapur

    Melindungi tangan Anda adalah suatu keharusan di dapur. Kami berani menebak bahwa dua dari luka dapur yang paling umum adalah luka bakar dan luka goresan. Memiliki pisau tajam akan membantu mencegah Anda melukai diri sendiri. Memiliki perlindungan yang layak untuk tangan Anda saat menarik makanan dari oven atau menyentuh pegangan wajan logam akan menjadi sangat penting. Pastikan untuk tidak menggunakan handuk basah atau sarung tangan oven untuk menyentuh permukaan yang panas. Cairan di dalam kain akan mendidih dan menguap, dan Anda akan membakarnya dengan uap.

    Memasak tak sekadar menyiapkan hidangan untuk keluarga, namun sudah menjadi gaya hidup masyarakat modern masa kini. Entah itu memasak hidangan utama ataupun memasak kue-kue ringan untuk camilan Anda tentu memerlukan piranti yang tepat agar hasil masakan menjadi lebih maksimal. Untuk itu, lengkapi momen memasak Anda dengan koleksi alat masak berkualitas dari berbagai brand ternama dengan pilihan yang beragam sesuai kebutuhan Anda.

    Kami menyediakan berbagai produk peralatan memasak original, mulai dari panci, skimmer, alat masak kue hingga kitchen timer yang akan membuat momen memasak Anda semakin praktis dan menyenangkan. Selain itu, Ruparupa juga memberikan beragam peralatan membuat kue bagi Anda yang lebih suka memasak kue-kue kecil atau makanan ringan lainnya. Tak ketinggalan, koleksi pisau berkualitas dengan beragam brand ternama yang akan membuat waktu memasak Anda semakin efektif dan efisien.