Kenapa ya saat bulan Ramadhan timbangan bukan berkurang, tapi kok malah bertambah ? Jika pertanyaan ini sempat muncul di benakmu dan kamu sedang mengalami permasalahan kenaikan bobot tubuh, berarti ini saatnya untuk mencari tahu cara menurunkan berat badan saat puasa, dan penyebabnya

Cara Efektif menurunkan berat badan

cara menurunkan berat badan saat puasa
Source: Pixabay

Waktu ini adalah kesempatan baik untuk mendapatkan tubuh yang ideal dengan cara yang sehat menurut para pakar kesehatan terpercaya di indonesia

# Banyak Konsumsi Air Putih

Mengonsumsi air putih untuk menurunkan berat badan
Source: Pixabay

Setelah beraktifitas seharian dengan asupan nutrisi yang terbatas, umumnya Ruppers akan merasa lapar yang sangat mengganggu. Hal ini terjadi akibat pencernaan yang kosong dan untuk mengatasinya kamu bisa mengurangi porsi makanan dengan cara mengonsumsi air putih lebih banyak. Tunggu hingga 10 – 20 menit setelah minum, kemudian barulah menyantap makanan.

# Menghindari Minuman & Makanan Manis

Makanan Manis
Source: Pixabay

Saat kadar gula menurun, makanan atau minuman manis terlihat sangat menggoda dan dipercaya dapat mengembalikan energi tubuh. Memang ada betulnya tapi batasi saat mengonsumsinya ya!

Terlalu banyak asupan manis dapat mengacaukan diet, dan hanya akan tersimpan sebagai lemak oleh tubuh. Sebagai gantinya pilihlah makanan dengan gula alami yang rendah seperti buah-buahan.

# Perbanyak Makan Protein

Protein baik untuk menurunkan berat badan
Source: Pixabay

Saat tubuh kekurangan nutrisi jaringan otot akan sulit terbentuk. Sehingga untuk menjawab permasalahan ini kamu membutuhkan protein yang merupakan nutrisi makro, dan berfungsi sebagai glikogen yang mana membuat tubuh tetap berenergi saat berpuasa. Kamu bisa memilih telur ayam, ikan sebagai menu sahur dan berbuka.

# Konsumsi Serat Dengan Porsi Lebih Banyak

cara menurunkan berat badan saat puasa dengan emngonsumsi serat
Source: pixabay

Dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama dan mencukupi nutrisi harian saat berpuasa. Selain itu serat juga akan membantu mengubah karbohidrat menjadi gula. Beberapa makanan yang memiliki serat bukan saja sayur atau buah buahan, tapi juga beras merah, hitam atau cokelat.

# Menghindari Gorengan Saat Sahur dan Berbuka

Source: Pixabay

Gorengan menjadi salah satu menu favorit orang Indonesia yang hampir tidak terlewatkan dalam menu sehari-hari, termasuk saat berbuka. Banyak orang yang menyukainya karena teksturnya yang garing dan rasa yang lezat.

Namun tahukah kamu kalau dalam sepotong gorengan mengandung 190 kalori, dan lemak tak jenuh yang bisa meningkatkan kadar kolesterol. Terbayang berapa kenaikan bobot tubuh yang terjadi ika setiap hari Ruppers menyantap gorengan. Sebagai gantinya konsumsi makanan seperti alpukat, ikan yang mengandung lemak baik.

# Membatasi Makanan Pedas

Cabai
Source: Pixabay

Mengonsumsi makanan dengan kadar pedas yang berlebihan bukan saja meningkatkan nafsu makan, tapi juga berpotensi menyebabkan sakit perut hingga diare. Kalau sudah begini tentunya tidak baik untuk kesehatan dan mengganggu puasa. Jika ingin tetap mengonsumsi hidangan dengan cabai, batasi dan pilihlah menu yang seimbang.

# Mengatur Jam Makan

Mengatur jam.makan membuat bobot tubuh cepat turun
Source: Pixabay

Untuk menurunkan berat badan kamu perlu mengatur jam makan dengan bijak, dan memilih apa saja yang akan dikonsumsi. Sebagai contoh kamu dapat minum air putih terlebih dahulu 10-20 menit sebelum makan, setelah itu santap buah-buahan dan kemudian baru karbohidrat lengkap dengan sayur mayur. Hindari makan saat mendekati jam tidur, karena tubuh memerlukan waktu satu jam untuk memproses makanan.

# Batasi Cemilan Harian

cemilan menghambat penurunan berat badan
Source: Pixabay

Cara menurunkan berat badan saat puasa dengan membatasi cemilan. Namun untuk orang yang lebih suka makanan ringan, tidak cukup rasanya jika hari itu hanya mengonsumsi coklat, biskuit dalam porsi yang kecil.

Namun ketimbang memakan sesuatu yang tidak mengenyangkan tapi memiliki kalori yang tinggi, ada baiknya untuk memilih cemilan sehat seperti buah-buahan. Cara ini bagus untuk membuat kamu kenyang lebih lama dan mengontrol nafsu makan.

# Tidur Cukup

cara menurunkan berat badan saat puasa dengan tidur cukup
Source: Pixabay

Salah satu penyebab mengapa saat bulan puasa kamu mengalami berat badan yang meningkat adalah kurang tidur. Pasalnya jam istirahat yang tidak sesuai akan membuat metabolisme menjadi kacau dan tubuh tidak bisa membakar cadangan lemak secara optimal.

Selain itu kamu juga akan merasa lapar terus menerus karena terjadi peningkatan hormon ghrelin, yang mana akan menyebabkan kamu makan banyak bahkan sulit terkontrol.

# Membatasi porsi makan

Source: Pixabay

Meskipun tidak akan minum atau makan seharian, bukan berarti kamu bebas makan apa saja saat sahur. Mengonsumsi hidangan secara berlebihan dapat membuat gula darah meningkat secara mendadak.

Pastikan untuk menjaga porsi makan dengan makro nutrisi yang lengkap untuk menghindari peningkatan gula, yang dapat membuat kamu lapar lebih cepat. Untuk mengatasinya gunakan piring lebih kecil waktu berbuka puasa atau sahur.

# Tidak Melewatkan Sahur

Croisant
Source: Pixabay

Sahur hukumnya sunnah dan berfungsi sebagai sumber energi sepanjang hari Sehingga sangat penting untuk tidak melewatinya.  

Dengan tidak sahur maka kamu cenderung akan makan berlebihan saat saat buka puasa. Hal inilah yang akhirnya membuat diet gagal, dan membuat kamu sulit untuk turunkan berat badan di bulan Ramadhan ini.

# Makan Secara Perlahan

Makan
Source: Pixabay

Meskipun sederhana salah satu hal yang membuat kamu dapat menjaga berat tubuh ideal di bulan Ramadan adalah dengan makan perlahan. Alasannya sendiri karena dengan mengunyah lebih banyak akan membuat makanan bukan saja hancur sempurna, tapi juga otak akan mengirimkan sinyal bahwa kamu sudah kenyang.

Sementara itu makan dengan cepat juga hanya akan membuat pencernaan semakin kaget setelah seharian tidak terisi makanan.

# Hindari Bekerja Terlalu Lelah

Bekerja
Source: Pixabay

Saat berpuasa tentunya tubuh akan sedikit lemas karena kurangnya asupan yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga ada baiknya untuk tidak memaksakan melakukan pekerjaan yang terlalu berat.

Cobalah untuk menenangkan pikiran, agar kamu dapat mengatur pola makan lebih baik. Hindari stress yang berlebihan karena ini akan mempersulit berat badan berkurang.

# Kuatkan Tekad & Niat

Source: Pixabay

Setelah tips-tips di atas kunci lainnya yang membuat kamu memiliki bobot badan yang ideal adalah dengan berusaha dan memiliki niat yang kuat untuk menjalaninya.

Pasalnya bagi sebagian orang sangat mudah untuk melakukannya pada tahap awal, namun tidak untuk waktu yang lama. Sehingga pastikan untuk memiliki komitmen yang kuat dan tidak mudah tergoda. Memang tidak mudah tapi bukan berarti tidak mungkin.

# Berolahraga Secara Teratur

Cara menurunkan berat badan saat puasa dengan berolahraga
Source: Pixabay

Siapa bilang kamu tidak boleh berolahraga saat sedang menjalankan puasa? dengan melakukan aktivitas gerak ini kamu bisa mendapatkan banyak manfaat dari yang berlimpah seperti

+ Menjaga kebugaran tubuh

+ Mempertahankan massa otot

+ Membakar kalori tubuh

+ Memicu hormon bahagia atau endorfin

+ Menjaga berat badan ideal

Dari alasan yang sudah disebutkan, terlihat bukan alasan mengapa kamu harus berolahraga selama bulan suci ini. Pilihlah olahraga yang ringan namun baik untuk kesehatan seperti yoga, bersepeda, jalan cepat hingga berenang.

Ya itulah 15 cara menurunkan berat badan saat puasa yang dapat kami bagikan. Untuk menyempurnakan goal kamu agar puasa tetap lancar dan mendapatkan bentuk tubuh yang ideal pastikan mendukung niat kamu ini dengan alat Kesehatan & Olahraga dari Ruparupa.

Temukan juga berbagai keperluan Dapur Minimalis, dan Rumah Tangga yang berkualitas pada satu platform yang sama.

1 KOMENTAR