8 Jenis Karpet Bulu Terbaik Untuk Hunian Nyaman

0
2376
cara membersihkan karpet
Setelah dijemur hingga kering, karpet bisa digunakan kembali

Karpet adalah komponen pelengkap lantai yang sering digunakan di dalam rumah. Umumnya, orang-orang melapisi karpet dari bahan bulu halus agar permukaan lantai menjadi halus, empuk, dan nyaman dipijak. Tidak hanya itu, karpet juga mampu melindungi permukaan lantai agar tidak lecet ataupun licin saat dipijak.

Model dan bahan karpet yang sering digunakan memang beraneka ragam. Tentu, perawatannya pun akan berbeda-beda. Agar tidak salah pilih, kenali beberapa jenis dan cara menemukan karpet bulu yang tepat untuk hunian Anda.

Ruparupa Banner

Jenis-Jenis Karpet Bulu Terbaik

Elemen pelengkap lantai ini juga bisa menambah estetika dari ruangan, loh. Apalagi bila Anda menggunakan lantai berwarna polos tanpa motif. Yuk, dekorasi lantai rumah Anda dengan beberapa pilihan tipe karpet berikut ini.

1. Karpet Wol

Tipe karpet bulu merupakan salah satu jenis karpet yang cukup sering digunakan. Ukurannya yang tebal serta tekstur yang nyaman membuat karpet ini sangat cocok Anda gunakan pada ruangan dengan suhu pendingin. Jadinya, Anda bisa lebih nyaman mondar-mandir di rumah dengan kaki telanjang.

Jangan khawatir, Anda tidak perlu membersihkannya setiap hari. Anda cukup menggunakan vacuum cleaner setiap minggu. Selain itu, Anda juga bisa merawatnya dengan membersihkan menggunakan jasa dry cleaning setiap 6-12 bulan sekali.

jenis karpet bulu
Karpet 160×230 Cm Motif Abstrak

Beli di sini

2. Karpet Bulu Rasfur

Jenis karpet bulu rasfur juga paling sering digunakan. Umumnya, bahan rasfur digunakan untuk pembuatan boneka, cushion, ataupun dompet. Hal ini dikarenakan tekstur bulunya yang lembut, halus, dan memiliki serat bulu yang nyaman saat bersentuhan dengan kulit.

Biasanya, karpet rasfur ditempatkan pada area ruang keluarga karena bahannya yang cenderung tebal, hangat, dan bisa meredam suara di sekitarnya. Namun, Anda juga bisa meletakannya di kamar tidur untuk menambah kenyamanan kamar.

3. Karpet Nilon

Karpet nilon termasuk ke dalam bahan sintesis yang memiliki daya tahan yang sangat kuat. Teksturnya yang nyaman untuk dipijak dan harganya yang cukup terjangkau, membuat karpet ini lebih sering digunakan di dalam gedung perkantoran dan perumahan.

Bahan karpet ini memiliki serat yang tidak mudah lepas. Selain itu, warna karpet ini pun tidak mudah luntur meski Anda bersihkan terus menerus. Untuk perawatan karpet nilon pun tidak sulit. Anda bisa membersihkannya dengan air dan sabun secara rutin.

jenis karpet bulu
Karpet 140×200 Cm Neema

Beli di sini

4. Karpet Viscose

Karpet bulu tipe viscose menggunakan bahan sintetis, yang menyerupai tekstur karpet sutra. Pilihan warna dan coraknya juga sangat beragam dan dapat Anda sesuaikan dengan gaya interior di hunian Anda.

Harganya yang lebih murah dibandingkan dengan karpet sutra asli, membuat karpet ini juga jadi favorit banyak orang.

4. Karpet Bulu Sutra

Jika Anda memiliki budget lebih dan ingin menambah estetika di dalam ruangan, maka Anda bisa memilih karpet sutra.

Proses pembuatan karpet ini yang lama dan sulit, membuat harganya cenderung lebih mahal dibandingkan jenis karpet lainnya. Namun, hasil dari karpet bulu sutra ini bisa membuat hunian Anda terlihat lebih indah dan mewah.

Sayangnya, perawatan karpet bulu sutra tidaklah mudah. Untuk menjaga kualitas dan daya tahannya, karpet ini membutuhkan perawatan khusus dan tidak boleh dicuci sembarangan.

6. Karpet Polypropylene

Untuk Anda kaum anti ribet, Anda bisa memilih karpet bulu polypropylene. Material ini lebih mudah Anda bersihkan dan cepat kering jika terkena air. Selain itu, harganya juga lebih terjangkau dan memiliki banyak pilihan desain yang unik untuk mempercantik rumah Anda.

Sayangnya, warna karpet ini lebih mudah luntur dan benang jahitan yang mudah terlepas. Seiring berjalannya waktu, tampilan karpet ini tentunya akan kurang indah dipandang. Apalagi, karpet polypropylene juga memiliki bahan yang tipis sehingga cenderung lebih cepat rusak.

Baca Juga:   8 Rekomendasi Drama Korea Terbaru 2022, Wajib Nonton!
jenis karpet bulu
Karpet 90×130 Cm Braid Rug – Hijau

Beli di sini

7. Karpet Loop Pile

Jenis karpet bulu yang satu ini terbuat dari kombinasi material wol, polypropylene, dan nilon, yang menjadikan bahan ini terasa nyaman dan lebih awet.

Biasanya, karpet loop pile sangat cocok Anda gunakan pada area ruangan yang sering dilalui banyak orang, seperti ruang keluarga dan ruang tamu. Karena tipe bulu ini bisa menyamarkan bekas pijakan telapak kaki.

Dibalik kelebihannya, tentu saja tipe karpet ini juga memiliki kekurangan. Pasalnya, karpet ini kurang cocok untuk Anda yang memiliki hewan peliharaan di rumah. Kuku hewan peliharaan Anda bisa saja terangkut dan merusak estetika bulu-bulu karpet.

8. Karpet Saxony

Tipe karpet saxony terbuat dari benang rajutan berpilin yang berukuran panjang. Karpet saxony memiliki tekstur yang paling lembut dibandingkan karpet bulu lainnya.

Bulu-bulunya yang halus tersebut mudah diratakan kembali dan dapat menyamarkan bekas pijakan kaki. Tidak heran bila tipe karpet ini cocok diletakkan pada area ruang keluarga, kamar bermain anak, dan kamar tidur.

Itu dia delapan jenis karpet bulu yang bisa Anda sesuaikan dengan gaya interior hunian Anda. Pilihlah jenis karpet yang bisa membuat hunian terasa lebih nyaman dan hangat saat Anda mondar-mandir di atasnya.

Agar tidak bingung, berikut rekomendasi produk karpet dari Ruparupa.com yang dapat Anda pilih.

jenis karpet bulu
Karpet 120×170 Cm Embossed Faux Fur – Abu-abu

Beli di sini

karpet jenis bulu
Karpet 70×150 Cm Frosty Faux Fur – Abu-abu

Beli di sini

jenis karpet bulu
Karpet 130×180 Cm Chenille Abstract – Hitam

Beli di sini

jenis karpet bulu
Karpet 160×220 Cm Twist 801 – Abu-abu

Beli di sini

Yuk, ciptakan hunian yang menawan dengan karpet berkualitas baik dari Ruparupa.com.

Tak hanya itu, Anda juga bisa menemukan beragam kebutuhan rumah tangga kekinian serta berbagai kebutuhan taman, bangunan, hingga mainan anak dari merek ternama dan kualitas terbaik.  Jadi, tunggu apalagi? Segera kunjungi Ruparupa. Selamat berbelanja!