BEBERAPA JENIS PERALATAN DAPUR DAN FUNGSINYA.

    Banyak orang yang berpendapat “tidak ada yang lebih nikmat daripada masakan ibu”. Di dalam sebuah masakan yang nikmat terdapat campur tangan seorang koki dalam membuatnya, dalam hal ini seorang yang dimaksud tersebut adalah ibu rumah tangga atau siapapun yang memasak di rumah. Sebelum bercerita lebih lanjut, ada baiknya kita mengerti lebih dalam makna dari tempat dimana proses memasak di rumah itu dilakukan yaitu di Dapur. Dapur adalah suatu ruangan atau tempat khusus dalam rumah yang memiliki perlengkapan dan peralatan untuk mengolah makanan hingga siap untuk disajikan. Secara harafiah, dapur bisa diartikan sebagai suatu tempat, biasanya di dalam rumah, di mana seseorang melakukan suatu aktivitas mengolah dan menyediakan bahan makanan atau pangan. Sehingga dapat dikatakan, dapur adalah salah satu ruangan dalam rumah yang paling penting dalam mendorong kehidupan manusia. Dalam proses pembuatan makanan di dapur, ibu rumah tangga memerlukan “senjata” nya yaitu peralatan dapur untuk mempermudah proses pembuatan makanan. Berikut adalah beberapa jenis peralatan dapur beserta dengan fungsi nya:

    Panci

    Panci adalah alat masak multi fungsi. Selain merebus makanan, panci bisa digunakan untuk membuat kaldu, memasak mie, hingga menanak nasi. Miliki 3 jenis panci untuk fungsi spesifiknya masing-masing. Seperti panci besar atau panci kaserol untuk membuat sup, panci sayur untuk merebus sayuran, dan panci dengan gagang untuk memasak mie instan, bubur, oat, atau puding. Pilih panci dengan material berkualitas dan tebal agar awet dan mampu menghantarkan panas dengan baik.

    Kereta Dapur

    Kereta dapur dapat digunakan untuk meletakkan berbagai bahan makanan mentah yang siap dimasak. Kemudian kereta dapur dapat digeser ke area kompor apabila siap untuk dimasak, sehingga mempermudah mobilitas makanan yang hendak dimasak. karena area sekitar kompor dipenuhi berbagai bahan makanan yang hendak dimasak. Setelah hidangan selesai, kereta dapur juga dapat membantu memindahkan hidangan dari dapur ke ruang makan dalam sekali jalan. Tanpa bolak-balik. Sebaliknya juga, saat hendak membawa piring kotor ke dapur, sebuah troli dapur yang tepat akan memudahkan pekerjaan.

    Spatula

    Spatula yang digunakan untuk memasak tidak hanya memiliki satu bentuk dan fungsi, namun ada beragam spatula dan fungsi yang berbeda-beda, seperti spatula karet (bertangkai panjang dan spatula yang fleksibel untuk mengaduk adonan dan membersihkan adonan yang masih menempel di dinding loyang), spatula frosting (terbuat dari logam dan tipis dengan gagang pegangan yang digunakan untuk icing dan frosting kue), spatula setengah (memiliki ujung setengah yang berfungsi untuk mengambil selai dari dalam toples kecil).

    Blender

    Blender adalah alat elektronik berupa sebuah wadah dilengkapi pisau berputar yang digunakan untuk mengaduk, mencampur, menggiling, atau melunakkan bahan makanan. Pisau berbentuk seperti sebuah baling-baling pendek yang dipasang pada bagian bawah wadah. Pisau ini diputar dengan cepat dengan tenaga dari sebuah motor sehingga alat ini dengan segera dapat mencampur, mencincang, dan melumatkan bahan-bahan yang dimasukkan ke dalamnya. Blender juga umumnya dilengkapi pengatur kecepatan berputarnya pisau di dalam wadah. Blender biasanya dipakai di dapur.

     

    Demikianlah beberapa jenis peralatan memasak di dapur serta fungsinya. Dengan alat-alat tersebut, sang Ibu mampu memasak makanan favorit keluarga tercinta. Semoga dengan informasi dari Ruparupa di atas bisa membantu para Ibu rumah tangga untuk memiliki peralatan-peralatan dapur, agar memasaknya bisa maksimal.