8 Cara Menata Dapur Sempit Tanpa Kitchen Set

0
7195
Sumber: unsplash.com/@beazy

Kehadiran kitchen set kerap menjadi salah satu solusi alternatif penyimpanan perlengkapan di dapur. Selain memiliki desain yang cantik, proses penataan dapur menjadi mudah dan terorganisir.

Namun, lantaran tempat dan biaya yang terbatas, terkadang membuat seseorang seringkali mengurungkan niatnya untuk menciptakan dapur kitchen set impiannya.

Ruparupa Banner

Padahal, kamu tetap dapat membuat dapur yang rapi dan unik, meskipun tanpa bantuan kitchen set, loh!

Bagaimana Cara Menata Dapur Sempit Tanpa Kitchen Set?

Memiliki banyak peralatan masak yang tidak terorganisir akan membuat dapur terkesan berantakan dan kotor. Nah, menjawab kebingungan kamu tersebut, kali ini kami punya tips untuk menata dapur sempit tanpa kitchen set yang bisa kamu lakukan.

1. Manfaatkan dinding kosong

Kamu dapat memanfaatkan area dinding yang kosong dengan pemasangan rak dinding vertikal. Gunakan rak kayu sederhana agar kamu dapat mengorganisir bahan-bahan masak, piring, dan gelas dengan rapi.

Sumber: unsplash.com

 

Sebagai tambahan, kamu juga dapat menggunakan rak gantung untuk menaruh peralatan masak, seperti gunting, pisau, dan sebagainya. Berikut rekomendasi rak gantuk yang bisa kamu gunakan di rumah.

Baca Juga:   Cara mudah membuat bingkai foto dari kayu
rak gantung dapur
Waylin Rak Dapur Gantung 2 Tingkat – Hitam
Rak dapur desain minimalis dilengkapi dengan 5 gantungan.

Beli di sini

2. Hemat ruang dengan konsep L

Manfaatkan  di sudut ruangan untuk memaksimalkan ruangan yang terbatas. Caranya dengan membentuk komposisi meja panjang yang menyiku (L) memanfaatkan rak di bawah meja sebagai tempat menyimpan peralatan masak.

Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan ilusi warna yang kayu yang senada agar terlihat elegan. Jadinya, area dapur pun  terlihat bersih dan rapi.

Sumber: unsplash.com

 

3. Gunakan ruang serbaguna

Kamu bisa memanfaatkan ruan kosong untuk menyatukan kompor, oven dengan mesin pencuci baju. Karena ruangan yang terbatas, gunakan rak dinding dan laci serbaguna untuk menyimpan peralatan makan dan memasak.

Sumber: unsplash.com/@evy prentice

4. Pilih troli dapur

Tips berikutnya adalah menggunakan troli dapur untuk menyimpan peralatan makan dan alat masak. Troli dapur biasanya dilengkapi dengan roda yang akan memudahkan kamu untuk memindahkannya ke mana saja.

5. Desain gradasi warna metal dan kayu

Jika kamu menyukai desain simpel yang modern, maka kamu dapat menggunakan konsep yang satu ini. Cukup dengan memadukan perkakas berwarna metal dengan rak kayu alami, maka dapur di rumah akan  terlihat unik.

Untuk memaksimalkan area dapur, gunakan rel dinding untuk menggantung semua peralatan memasak. Selain itu, kamu bisa memanfaatkan kabinet rak terbuka di langit dinding atas dan di bawah meja sebagai tempat penyimpanan piring dan perkakas lainnya.

Baca Juga:   8 Rekomendasi Food Storage Kulkas Terbaik
Sumber: www.mokkotsu.com

6. Manfaatkan sisi pintu kabinet

Meski tidak memiliki kitchen set, kamu juga bisa memanfaatkan sisi belakang pintu kabinet sebagai rak bumbu yang serbaguna. Dengan cara ini, kamu dapat memaksimalkan meja dapur untuk keperluan memasak saja.

Sumber: unsplash.com

7. Manfaatkan pencahayaan

Untuk menciptakan ruangan yang tampak lebih luas, kamu bisa memasang lampu gantung di atas meja makan. Selain itu, gunakan juga lampu sorot di dekat kabinet dapur agar area masak terasa lebih terang.

8. Pilih kabinet laci serbaguna

Dapur berukuran kecil ini tetap fungsional dengan laci penyimpanan serbaguna di bawah meja. Variasi ukuran dari laci yang beragam bisa memudahkan kamu saat menyimpan seluruh peralatan dapur.

Sumber: unsplash.com

Itu dia beberapa cara menata dapur tanpa kitchen set  di rumah. Jadinya, area ruang makan dan dapur pun bisa terasa lebih luas.

Temukan berbagai perabot dapur terlengkap dengan klik di sini

Untuk mempercantik dapur idaman, berikut merupakan sejumlah rekomendasi produk yang bisa kamu beli di ruparupa.com.

rak gantung minimalis
Krischef Rak Piring Gantung 60 Cm – Hitam
Desain rak minimalis dengan tempat khusus gelas dan alat makan.

Beli di sini

kabinet dapur minimalis
Selma Pablo Kabinet Dapur
Untuk menyimpan peralatan masak dan bumbu dapur serta menambah area masak.

Beli di sini

rak dapur sempit
Romy Rak Dapur Gantung 2 Tingkat
Rak dinding dapur bisa untuk meletakkan bumbu dan alat masak.

Beli di sini

kabinet dinding dapur sempit
Darren Kabinet Dinding Dapur – Putih
Kaninet dinding dengan desain minimalis dan 2 tingkat rak.

Beli di sini