dapur tanpa kitchen set

8 Cara Menata Dapur Sempit Tanpa Kitchen Set

Kehadiran kitchen set kerap menjadi salah satu solusi alternatif penyimpanan perlengkapan di dapur. Selain memiliki desain yang cantik, proses penataan dapur menjadi lebih mudah dan terorganisir.

Namun, lantaran tempat dan biaya yang terbatas, terkadang membuat seseorang seringkali mengurungkan niatnya untuk menciptakan dapur kitchen set impiannya. Apalagi, memiliki banyak peralatan masak yang tidak terorganisir akan membuat dapur terkesan berantakan dan kotor. 


Tenang, kamu tetap dapat membuat dapur yang rapi dan unik, meskipun tanpa adanya kitchen set, loh!

Lantas, bagaimana cara menata dapur sempit tanpa kitchen set? Simak berikut ini.

1. Manfaatkan dinding kosong


Kamu dapat memanfaatkan area dinding yang kosong dengan pemasangan rak dinding vertikal di dapur. Gunakan rak kayu sederhana atau tempat penyimpanan agar kamu dapat mengorganisir bahan-bahan masak, piring, dan gelas dengan rapi.


rak gantung dapur

Sebagai tambahan, kamu juga dapat menggunakan rak gantung untuk menaruh peralatan masak, seperti talenan, sarung tangan, dan sebagainya. Berikut rekomendasi rak gantung yang bisa kamu gunakan di rumah.

2. Hemat ruang dengan konsep L


Memanfaatkan sudut ruangan untuk memaksimalkan ruangan yang terbatas. Caranya dengan membentuk komposisi meja panjang yang menyiku (L) memanfaat rak bagian bawah. Nah, kamu bisa memakainya sebagai tempat penyimpanan peralatan masak.


Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan ilusi warna yang kayu yang senada agar terlihat elegan. Jadinya, area dapur pun terlihat bersih dan rapi.

3. Gunakan ruang serbaguna


Kamu bisa memanfaatkan ruang kosong pada kabinet untuk menyatukan kompor, oven dengan mesin cuci. Karena ruangan yang terbatas, gunakan juga rak dinding dan laci serbaguna untuk menyimpan peralatan makan dan memasak.


banner

4. Pilih troli dapur


Tips berikutnya adalah menggunakan troli dapur untuk menyimpan peralatan makan dan alat masak. Troli dapur biasanya dilengkapi dengan roda yang akan memudahkan kamu untuk memindahkannya ke mana saja. Tenang saja, meskipun ada roda di bagian bawah, troli ini memiliki fitur pengunci roda sehingga tidak mudah bergerak jika sedang digunakan.


troli dapur

Kami juga punya beberapa rekomendasi model troli dapur yang bisa jadi pilihan.

5. Desain gradasi warna metal dan kayu


Jika kamu menyukai desain simpel yang modern, maka kamu dapat menggunakan konsep yang satu ini. Cukup dengan memadukan perkakas berwarna metal dengan rak kayu alami, maka dapur di rumah akan terlihat unik.


kabinet dapur metal dan kayu

Untuk memaksimalkan area dapur, gunakan rel dinding untuk menggantung semua peralatan memasak. Selain itu, kamu bisa memanfaatkan kabinet rak terbuka di langit dinding atas dan di bawah meja sebagai tempat penyimpanan piring dan peralatan lainnya.

6. Manfaatkan sisi pintu kabinet


Meski tidak memiliki kitchen set, kamu juga bisa memanfaatkan sisi belakang pintu kabinet sebagai rak bumbu yang serbaguna. Dengan cara ini, kamu tidak hanya dapat menghemat ruang di dalam lemari, tetapi memaksimalkan meja dapur untuk keperluan memasak saja.


7. Maksimalkan pencahayaan


Untuk menciptakan ruangan yang tampak lebih luas, kamu bisa memasang lampu gantung di atas meja makan. Selain itu, gunakan juga lampu sorot di dekat kabinet dapur agar area masak terasa lebih terang. Namun, cukup gunakan lampu sorot sesuai kebutuhan dapur untuk memastikan pencahayaan yang optimal. Berikut beberapa rekomendasi lampu sorot yang bisa kamu gunakan.

8. Pilih kabinet laci serbaguna


Dapur berukuran kecil ini tetap fungsional dengan laci penyimpanan serbaguna di bawah meja. Variasi ukuran dari laci yang beragam bisa memudahkan kamu saat menyimpan seluruh peralatan dapur, mulai dari panci hingga alat makan. Jadi kamu bisa memaksimalkan fungsi ruang penyimpanan di dapur.


kabinet dapur dengan laci

Berikut rekomendasi kabinet dengan laci dan ruang penyimpanan yang bisa jadi pilihan.

Itu dia beberapa cara menata dapur tanpa kitchen set di rumah. Jadinya, area ruang makan dan dapur pun bisa terasa lebih luas.