8 Cara Menata Dapur Sempit Tanpa Kitchen Set

0
891
Sumber: unsplash.com/@beazy

Kehadiran kitchen set kerap menjadi salah satu solusi alternatif penyimpanan perlengkapan di dapur. Selain memiliki desain yang cantik, proses penataan dapur menjadi mudah dan terorganisir. Namun, lantaran tempat dan biaya yang terbatas, terkadang membuat seseorang seringkali mengurungkan niatnya untuk menciptakan dapur kitchen set impiannya. Padahal, kamu tetap dapat membuat ruangan masak yang rapi dan unik meskipun tanpa bantuan kitchen set, loh! Nah, mari simak 8 tips membangun dapur unik tanpa kitchen set.

8 Cara Menata Dapur Sempit Tanpa Kitchen Set

Memiliki banyak peralatan masak yang tidak terorganisir akan membuat dapur terkesan berantakan dan kotor. Namun, dengan pemilihan dan penataan yang tepat, Anda dapat memiliki dapur tanpa kitchen set yang rapi dan nyaman. Psstt, selain tampilan yang lebih unik, kamu juga bisa menghemat banyak pengeluaran juga, loh. Yuk simak beberapa inspirasi berikut ini.

Manfaatkan dinding kosong

Sumber: unsplash.com

Anda dapat memanfaatkan area dinding yang kosong dengan pemasangan rak dinding vertikal. Konsep minimalis ini juga cukup mudah untuk dipraktekkan. Anda hanya membutuhkan rak kayu sederhana dan paku yang kokoh. Selain bentuknya yang unik, harganya juga terhitung relatif murah. Setelah itu, voila! Anda dapat mengorganisir bahan-bahan masak, piring, dan gelas dengan rapi.

Sumber: unsplash.com/@beazy

Sebagai tambahan, Anda juga dapat menggunakan rak gantung untuk menaruh peralatan  masak seperti gunting, pisau, dan sebagainya. Kunci dari konsep ini adalah penyusunan yang serapi mungkin agar tidak terlihat berantakan dan mudah dijangkau.

Dapatkan Masterspace Rak 2 Tingkat hanya di Ruparupa.com

Hemat ruang dengan konsep L

Sumber: unsplash.com

Membangun lokasi di sudut ruangan merupakan salah satu trik yang dapat digunakan untuk memaksimalkan ruangan yang terbatas. Anda dapat membentuk komposisi meja panjang yang menyiku (L) dengan memanfaatkan rak di bawah meja sebagai tempat menyimpan peralatan masak. Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan ilusi warna yang kayu yang senada agar terlihat elegan. Dengan teknik ini, ruangan Anda menjadi terlihat bersih dan rapi.

Manfaatkan space serbaguna

Sumber: unsplash.com/@evy prentice

Area sempit bukan menjadi halangan untuk mewujudkan dapur yang cantik. Anda bisa memanfaatkan space kosong untuk menyatukan kompor, oven, bahkan hingga mesin pencuci baju. Karena ruangan yang terbatas, Anda dapat menggunakan konsep rak dinding dan laci serbaguna untuk menyimpan peralatan makan dan memasak. Meskipun ruangan yang kecil, namun Anda tetap dapat memiliki dapur yang estetik dan rapi. Bagaimana? Tertarik untuk mengaplikasikannya di dapur rumah Anda?

Baca juga 5 Ide Dapur Minimalis Bikin Betah Masak!

Desain gradasi warna metal dan kayu

Sumber: www.mokkotsu.com

Jika anda menyukai desain simpel yang modern, maka Anda dapat menggunakan konsep yang satu ini. Cukup dengan memadukan perkakas berwarna metal dengan rak kayu alami,  dapur Anda menjadi terlihat unik. Untuk memaksimalkan area dapur, Anda dapat menggunakan rel dinding untuk menggantung semua peralatan memasak. Selain itu, Anda dapat menggunakan kabinet rak terbuka di langit dinding atas maupun di bawah meja sebagai tempat penyimpanan piring dan perkakas lainnya.

Manfaatkan sisi pintu

Sumber: unsplash.com

Meski tidak memiliki kitchen set, siapa sangka Anda juga bisa memanfaatkan sisi belakang pintu sebagai rak bumbu yang serbaguna. Dengan cara ini, Anda dapat memaksimalkan meja dapur Anda untuk keperluan memasak saja.

Tata dengan laci serbaguna

Sumber: unsplash.com

Dapur berukuran kecil ini tetap fungsional dengan laci penyimpanan serbaguna di bawah meja. Variasi ukuran dari laci yang beragam, memudahkan Anda untuk menyimpan seluruh peralatan dapur Anda. Tidak hanya itu, Anda juga dapat memaksimalkan ruang dengan menggunakan rak penyekat pada setiap laci agar terlihat lebih rapi.

Demikian sejumlah informasi cara menata dapur tanpa kitchen set. Untuk mempercantik dapur idaman Anda, berikut merupakan sejumlah rekomendasi produk yang bisa Anda beli di Ruparupa.com:

Amy Rak Dinding – Hitam
Kirana Furniture Kitchen Set Indiana Lemari Dapur Kabinet Rak Dapur Atas – 3 Pintu Putih
Welford Rak Gantung Dapur – Abu-abu

Pastikan belanja peralatan rumah tangga terlengkap hanya di Ruparupa.com