Melindungi Peralatan Memasak di Dapur Agar Tak Cepat Berkarat

    Menjaga dapur agar selalu terlihat rapi sejalan juga dengan merawat peralatannya. Semua orang tentu mengidam-idamkan dapur yang bersih dan peralatannya juga yang akan selalu terlihat seperti baru, meski memang sering digunakan. Namun, cara perawatan wajan dan kuali sering kali tidak tepat sehingga menimbulkan kerak ataupun karat yang menempel pada peralatan dapur. Proses memasak dengan berbagai macam jenis bahan makanan tak ayal meninggalkan noda-noda yang sulit dibersihkan.

    Karenanya, Anda butuh beberapa cara penyimpanan peralatan dapur agar lebih awet dan tidak berkarat. Bukan hanya karena terlihat kotor, perlengkapan dapur yang berkarat juga dapat membahayakan kesehatan. Pasalnya, ketika digunakan untuk memasak bisa membuat makanan mengandung racun. Tak baik juga rasanya untuk tabungan bulanan, kalau harus selalu membeli peralatan baru setiap kali akan memasak. Lagi pula itu juga akan memberatkan Anda, bukan? Simak tips berikut untuk menyimpan peralatan dapur menjadi lebih awet.

    Selalu Bersihkan

    Kotoran yang menempel di wajan dan kuali biasanya disebabkan karena peralatan yang telah digunakan tidak langsung dicuci. Rasa lelah setelah selesai memasak biasanya akan menghinggap sehingga membuat orang membiarkan peralatan yang kotor begitu saja tergeletak di bak cucian piring. Inilah salah satu penyebab yang dapat membuat peralatan dapur menjadi berkerak dan cepat berkarat.

    Siram Dengan Air

    Wajan dan kuali yang lengket dan berkerak bekas memasak makanan yang kental atau berkecap juga sering kali membuat sulit untuk dibersihkan. Agar mudah pada saat dicuci, tuangkan air ke dalam wajan dan kuali yang kotor setelah selesai memasak. Nyalahkan kompor sambil gosok permukaan wajan yang berkerak dengan spatula. Air hangat dapat mengangkat sisa-sisa makanan di wajan sehingga pada saat mencucinya akan lebih mudah.

    Simpan Setelah Kering

    Setelah peralatan masak dicuci bersih, lap peralatan tersebut atau tiriskan sampai benar-benar kering. Menyimpan peralatan yang masih basah ke dalam rak akan membuat barang-barang tersebut lembab dan itu bisa menimbulkan karat. Selain itu, menyimpan peralatan masak yang masih basak di dalam rak juga akan membuat rak menjadi cepat rusak karena tetesan air.

    Lakukan dengan Cara Tepat Jika Sudah Terlanjur Berkarat

    Jika peralatan dapurmu sudah terlanjur berkarat, maka kamu masih bisa kok untuk membersihkannya tentu dengan cara yang tepat. Menggunakan beberapa bahan ini dapat menghilangkan karat yang terlanjur menempel di peralatan dapur.

    Lemon. Seperti kamu tahu bahwa lemon menjadi bahan campuran pada sabun cuci piring untuk mengangkat lemak membandel, begitu juga lemon juga dapat menghilangkan karat yang menempel di alat masak. Cukup belah lemon dan gosok-gosokan di bagian yang terkena kerat dan diamkan. Setelah itu barulah cuci dengan sabun sampai bersih dan karat pun hilang.

    Minyak Tanah. Ternyata minyak tanah juga dapat membasmi karat yang ada di alat dapur loh. Cukup oleskan minyak tanah pada bagian yang berkarat, diamkan sebentar kemudian gosok dengan pasir sampai karatnya hilang. Mudah bukan?

    Cuka. Selain sebagai salah satu campuran untuk makanan, cuka juga dipercaya mampu menghilangkan noda baik di baju maupun di peralatan dapur. Caranya rendam alat masak yang berkarat dengan air yang diberi cukup. Diamkan semalaman dan baru gosok alat masak yang berkarat keesokan harinya.

    Resep Membuat Pasta Makaroni Keju Lezat

    Ketika melihat lini masa Instagram yang berisi tema kuliner ala western tentu semakin membuat perut berdendang. Bagaimana tidak, unggahan dengan hastag “foodpor” tersebut kerap kali menjadi tren dunia. Apalagi makanan yang disajikan merupakan menu-menu dari negara Eropa, seperti spaghetti, hamburger, hingga pasta makaroni.

    Tak heran banyak remaja masa kini berhasrat ingin mencicipi makanan-makanan Eropa tersebut, tetapi harganya yang selangit ketika berkunjung ke kedai dan restoran-restoranmembuat mereka mengurungkan niat untuk membelinya.

    Untungnya, ada cara lebih irit agar Anda dapat menikmati menu ala Eropa, salah satunya adalah pasta makaroni. Bukan cuma koki kelas dunia, Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Belilah terlebih dahulu bahan-bahan dasarnya di toko swalayan terdekat, lalu mulailah membuatnya sesuai dengan selera Anda. Lalu, bagaimana cara membuat pasta makaroni keju yang dapat Anda nikmati dengan orang-orang terkasih?

    Tentu pertama, yang harus kalian lakukan adalah mengumpulkan seluruh bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut beberapa bahan yang dibutuhkan:

    1. 25 gram pasta jenis elbow makaroni (Rp. 7,000)
    2. 2 sendok makan mentega (2 sachet = Rp. 1,500)
    3. 100 ml + 200 ml susu putih cair (2 x 200ml= Rp.7,000)
    4. 1 box keju cheddar 180 gram (Rp.20,000)
    5. 3 sendok makan tepung teriga (1 kg= Rp. 9,500)
    6. Garam dan merica secukupnya (1 sachet= Rp. 500)

    Setelah semua bahan sudah siap. Anda bisa langsung untuk membuatnya dengan mengikuti cara di bawah ini agar makaroni keju yang Anda buat tidak kalah enak dengan yang ada di restoran atau kedai-kedai ternama.

    Pertama, masukkan pasta ke dalam air mendidih selama 9 menit. Jangan lupa tambahkan 1 sendok minyak ke dalam rebusan pasta tersebut.

    Tiriskan pasta jika sudah masak dengan baik.

    Lalu tuangkan tepung terigu dan 100 ml susu putih cair ke dalam mangkuk. Aduk hingga rata sampai tidak ada lagi adanya gumpalan.

    Panaskan wajan anti lengket di atas api sedang. Tuangkan 200 ml susu putih cair ke dalam wajan tersebut. Tunggu hingga memanas, bukan mendidih.

    Lalu kecilkan api pada wajan tersebut. Kemudian masukkan gumpalan susu dan tepung terigu ke dalam susu cair yang sudah dipanaskan dalam wajan. Aduk hingga mengental.

    Tambahkan keju cheddar secukupnya ke dalam wajan yang sudah berisi campuran tepung terigu dan susu cair. Aduk hingga rata dan bertekstur creamy.

    Masukkan pasta yang sudah matang ke dalam saus keju yang terdapat pada wajan dan kuali. Aduk hingga seluruh permukaan pasta tersiram saus keju.

    Anda tidak perlu lagi membeli makaroni di luar rumah karena harganya yang tidak terjangkau dan juga, belum tentu menggunakan wajan dan kuali yang steril. Anda hanya butuh uang yang lebih sedikit dan waktu sekitar 20 menit untuk memasak pasta makaroni keju. Apalagi, Anda bisa membuat pasta makaroni untuk disajikan saat ada acara keluarga dan acara penting lainnya. Sangat cocok untuk dinikmati bersama keluarga, kerabat terdekat.


    Ruparupa.com menjual berbagai macam wajan dan kuali dengan pilihan terlengkap.