Cek Ukuran Kursi dan Meja Sesuai Tinggi Badan Anda Di sini!

0
21651

Kemajuan teknologi komunikasi dan informasi telah menciptakan gaya kerja baru yang lebih fleksibel. Terlebih, saat pandemi seperti ini mengharuskan kita untuk bekerja dari rumah. Inilah alasannya mengapa kita juga membutuhkan ruang kerja, yang dilengkapi dengan ukuran kursi dan meja sesuai.

Nah, untuk menciptakan ruang kerja yang nyaman, pemilihan meja dan kursi kantor sangat penting. Apalagi, kita akan menghabiskan waktu seharian dengan duduk di depan meja.

Ruparupa Banner

Bila ukuran meja dan kursi yang tidak tepat, bisa-bisa akan membahayakan kesehatan tubuh kita, seperti memengaruhi postur tubuh dan berisiko terkena penyakit lainnya.

Lalu, bagaimana cara membuat ruang kantor yang nyaman? Yuk, simak berikut ini!

office desk and chair
sumber: pixnio.com

 

Meja Kantor

office desk
sumber: pxhere.com

 

Ketinggian meja yang dapat memengaruhi produktivitas, tingkat energi, dan kualitas pekerjaan Anda sehari-hari. Untuk itu, pastikan Anda memilih ukuran tinggi meja dan kursi yang tepat.

Cara ini bisa membantu mengurangi risiko cedera dan sakit punggung, serta postur tubuh yang buruk di masa depan.  

Umumnya, tinggi meja standar adalah 72 cm hingga 76 cm. Sedangkan untuk dimensi lebar meja cukup beragam, mulai dari lebar 122 cm, 152 cm, hingga 183 cm dengan kedalaman, mulai dari 61 cm, 76 cm, hingga 91 cm. 

Agar lebih rileks saat bekerja, lebih baik pilih meja kantor sesuai dengan tinggi badan Anda.

Idealnya, Anda bisa memilih meja mulai dari tinggi 56 cm hingga 84 cm. Ketinggian meja bisa Anda sesuaikan dengan kenyamanan saat duduk.  

Cara paling mudah untuk menemukan ukuran meja yang tepat adalah memastikan antara permukaan meja dan keyboard yang Anda gunakan sejajar dengan siku ketika sedang duduk.

Jadinya, Anda bisa bekerja dengan lebih rileks karena lengan ditekuk pada sudut yang tepat. 

Tips Memilih Meja Kerja yang Tepat

office desk setup
hippopx.com

Ketika sedang mencari meja kerja yang tepat untuk ruang kantor di rumah, Anda bisa menyimak beberapa tips berikut ini:

  • Saat menyiapkan meja kerja, pastikan ada ruang kosong di bawah meja Anda. Jadinya, Anda bisa lebih bebas menggerakkan kaki tanpa harus takut terbentur sesuatu.
  • Pertimbangkan membeli meja dengan lapisan matte untuk meminimalkan cahaya lampu yang memantul ketika bekerja.
  • Pilih desain meja dengan tepi membulat pada permukaan dan kaki meja. Tepi meja yang tajam dapat menyebabkan luka, benturan, dan memar saat sedang bekerja.
  • Gunakan keyboard tray di meja kerja Anda agar Anda bisa menyesuaikan posisi kerja dengan lebih rileks. 
  • Gunakan dudukan monitor agar posisinya berada pada ketinggian sekitar 10-11 cm di bawah garis mata Anda. Cara ini dapat membantu untuk menghindari sakit leher dan ketegangan mata.
  • Pilih ukuran meja ergonomis yang dapat disesuaikan dengan tinggi tubuh Anda. Jadinya, Anda bisa lebih fokus ketika sedang bekerja. 
Baca Juga:   Nama Kucing Jantan yang Lucu, Keren dan Unik

Kursi Kerja

Untuk menghindari risiko sakit punggung, maka Anda perlu memilih kursi kerja yang ergonomis.

Kursi seperti ini dapat menopang bagain punggung bawah dan meningkatkan postur tubuh jadi lebih baik.

office chairs
sumber: libreshot.com

Ciri-Ciri Kursi Kerja Ergonomis yang Baik

  1. Ketinggian kursi kantor harus mudah disesuaikan. Pastikan Anda duduk dengan jarak antara tempat duduk dan lantai berkisar 41-54 cm. Ukuran kursi ini dapat membantu Anda meletakan kaki di lantai. Selain itu, posisi paha dan lengan bisa sejajar dengan ketinggian meja. 
  2. Lebar dan kedalaman kursi dapat menopang tubuh  dengan nyaman. Umumnya, kursi kerja memiliki lebar 43-51 cm. Nah, hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah kedalaman kursi, dari depan hingga belakang kursi. Jadinya, Anda bisa menyesuaikannya dengan mudah sehingga lebih nyaman saat bersandar. 
  3. Pastikan kursi memiliki penopang untuk tulang belakang. Sandaran kursi kerja sangatlah penting. Pada kursi ergonomis, biasanya telah memiliki setelan sandaran kursi yang bisa disesuaikan dengan bentuk tubuh Anda. Apalagi, tulang belakang memiliki kurva ke dalam sehingga bila kita tidak duduk dengan tepat, maka kurva ini akan membuat Anda jadi bungkuk. Jadi, pastikan Anda menyetel sandaran kursi menyesuaikan tulang belakang agar Anda bisa lebih rileks dan fokus saat bekerja.
  4. Bahan pada dudukan dan sandaran kursi punya bantalan yang empuk. Dengan begitu, Anda bisa duduk dengan nyaman ketika bekerja dalam waktu lama. Idealnya, bahan kursi terbuat dari kain yang bisa menyerap keringat dan memiliki permukaan bantal yang lembut. 
  5. Sandaran tangan kursi kantor harus bisa disesuaikan. Tujuannya adalah agar Anda punya tempat untuk lengan beristirahat sehingga bahu Anda jadi lebih rileks. Namun, ketika sedang mengetik, hindari posisi lengan dan siku berada di sandaran karena justru bisa membahyakan kesehatan tangan Anda. 
  6. Kursi ergonomis bisa diputar dengan mudah. Kursi seperti ini dapat membatnu Anda untuk bergerak di sekitar meja kerja. Jadinya, lebih praktis dan tidak membuang waktu ketika harus melakukan hal lain. 
Baca Juga:   6 Karakteristik Anjing Golden Retriever

Tips Untuk Posisi Duduk yang Benar Saat di Kantor

  • Pastikan Anda selalu duduk dengan posisi tubuh tegak. 
  • Pastikan ada ruang untuk meletakkan kaki di bawah meja.
  • Atur tinggi kursi dengan benar. Pastikan bagian lengan saat ditekuk berada pada posisi 90 derajat. Sedangkan tinggi meja harus disetel setinggi lengan bawah.
  • Lakukan stretching setelah duduk di depan layar selama 20 menit. 
  • Pastikan Anda duduk dengan jarak antara 50 hingga 100 cm dari pandangan mata ke permukaan depan layar komputer. Semakin lebar layarnya, maka posisi Anda harus semakin jauh agar tidak merusak kesehatan mata.
  • Miringkan monitor ke atas sekitar 10-20 derajat sehingga dapat mengurangi kelelahan pada leher.

Rekomendasi Ukuran Meja dan Kursi Sesuai Tinggi

correct sitting posture
sumber: omnicalculator.com

Setiap orang memiliki tinggi yang berbeda-beda sehingga tinggi kursi dan meja harus menyesuaikannya. Nah, berikut tabel rekomendasi tinggi meja, kursi, dan monitor sesuai tinggi badan.

Tinggi BadanTinggi KursiTinggi MejaTinggi Monitor
150-160 cm35 – 43 cm54 – 64.5 cm104 – 115 cm
161-170 cm38.5 – 45.5 cm59.5 – 70 cm111.5 – 122.5 cm
171-180 cm41.5 – 44.5 cm64 – 68.5 cm119 – 125.5 cm
181-190 cm45 – 51 cm69 – 81 cm126 – 137 cm
sumber: omnicalculator.com

Itu dia beberapa tips memilih ukuran meja dan kursi kantor agar tubuh tetap sehat saat bekerja.

Anda bisa memilih beragam model meja dan kursi untuk ruang kantor Anda di rumah sesuai keinginan hanya di Ruparupa.

Jadi, pastikan Anda punya meja dan kursi kerja yang tepat buat work from home, ya!

sumber gambar : https://www.arteil[.]com[.]au/