12 Ide Lomba 17 Agustus Anak yang Seru dan Unik

0
6189
Bendera Indonesia
Sumber: Unsplash/Bisma Mahendra

Tangga 17 Agustus merupakan Hari Kemerdekaan Indonesia. Selain upacara bendera, ada beberapa acara lain yang sering digelar bertepatan dengan perayaan ini. Salah satunya adaalah lomba 17 Agustus buat anak.

Lalu, Apa Saja Ide Lomba 17 Agustus Buat Anak-Anak?

Melansir dari beberapa sumber, berikut ini beberapa lomba 17 Agustus anak yang sering digelar karena seru.

1. Lomba Makan Kerupuk

Siapa yang tak kenal dengan lomba yang satu ini? Lomba makan kerupuk sudah ada sejak era Presiden Soekarno di tahun 1950-an. Awalnya, kerupuk merupakan simbol kesengsaraan rakyat Indonesia pada zaman penjajahan. 

Seiring berkembanganya waktu,  akhirnya kerupuk dipilih sebagai makanan lomba 17 agustus untuk terus mengenang adanya kesengsaraan masyarakat di masa lampau.

Perlombaannya pun cukup mudah. Kita hanya perlu menghabiskan kerupuk yang digantung pada seuntai tali rafia tanpa menyentuhnya dengan tangan.

Lomba makan kerupuk
Sumber: Wikimedia Commons

2. Lomba Joget Balon

Lomba joget balon mengajarkan tentang kerjasama dalam satu tim. Cara bermainnya pun mudah, yaitu kedua anak yang mengikuti lomba berdiri berhadapan dengan jarak dekat.

Kemudian, letakkan balon di antara kedua perut peserta sehingga balon menjadi terhimpit. Setelah itu, kita akan memutar sebuah lagu anak dan para peserta harus berjoget dengan catatan balon tidak boleh jatuh.

Nah, berikut ini rekomendasi balon yang bisa kamu jadikan sebagai alat perlombaan.

Balon untuk lomba 17 Agustus anak-anak
Adalima Balon Motif Cow

Beli di sini

3. Lomba Memecahkan Balon Air

Lomba memecahkan balon air terbilang mudah dan sederhana. Hampir mirip dengan makan kerupuk, anak-anak yang mengikuti lomba perlu berdiri di bawah balon. Dengan mata tertutup kain, mereka harus memecahkan balon menggunakan kayu. 

Baca Juga:   Ide Dekorasi 17 Agustus Untuk Rumah yang Unik!

Peserta pertama yang berhasil memecahkan balon menggunakan kayu akan menjadi pemenangnya.

4. Lomba Balap Kelereng

Kelereng adalah bola kecil dari kaca. Nah, kamu bisa mengadakan lomba 17 Agustus menggunakan kelereng yang diletakkan di atas sendok.

Lalu, setiap anak harus meletakkan sendoknya di mulut dan berjalan dari garis start menuju finish tanpa terjatuh.

Berikut ini rekomendasi sendok yang bisa kamu gunakan untuk lomba balap kelereng.

Sendok makan untuk lomba kelereng anak-anak saat 17 Agustus
Krischef Set Sendok Makan 6 Pcs Et-1062

Beli di sini

5. Lomba Memasukkan Pensil ke Dalam Botol

Nah, lomba yang satu ini hanya perlu menyediakan pensil dan botol kosong. Para peserta harus berdiri di garis start dengan pensil yang sudah dikaitkan di pinggang menggunakan tali. 

Jika wasit sudah meniup peluit, peserta bisa berlari ke garis finish, lalu masukkan pensil yang menggantung tersebut ke botol kosong. Pemenangnya adalah peserta yang berhasil memasukkan pensil terlebih dahulu.

Pensil hexagonal untuk perlombaan 17 agustus untuk anak-anak
Odi Set 12 Pcs Pensil Hb Hexagonal

Beli di sini

Pensil untuk lomba memasukkan pensil ke dalam botol kosong
Odi Set 12 Pcs Pensil 2b Premium

Beli di sini

6. Lomba Tiup Balon

Kamu bisa menyelenggarakan lomba 17 Agustus untuk anak-anak secara meriah hanya menggunakan balon, lho.

Siapkan beberapa buah balon, lalu adakan lomba tiup balon untuk para anak. Peserta yang terlebih dahulu selesai meniup balon hingga berukuran besar bisa menjadi pemenangnya.

7. Lomba Menangkap Belut

Kamu juga bisa mengadakan lomba dengan mengajak hewan tertentu, seperti belut. Perlombaan 17 agustusan ini tidak hanya unik, tetapi juga seru karena anak-anak perlu menangkap belut di sebuah ember.

Tentu, lomba ini bisa melatih fokus anak. Ini dia pilihan ember yang bisa kamu gunakan untuk perlombaan.

Ember untuk mengikuti perlombaan 17 agustus untuk anak-anak
Red Gorilla 15 Ltr Ember Plastik – Kuning

Beli di sini

Ember untuk perlombaan tangkap belut
Ember Plastik 25 Ltr – Oranye

Beli di sini

8. Lomba Balap Karung

Nah, lomba balap karung bisa melatih ketangkasan dan kecepatan anak, lho. Soalnya, peserta perlu melewati garis start hingga finish dengan cara melompat dari dalam karung. 

9. Lomba Estafet Air

Lomba 17 Agustusan berikutnya yang seru adalah estafet air antara dua tim. Kedua tim tersebut harus berbaris secara vertikal dan setiap peserta perlu menempatkan mangkuk plastik di atas kepala.

Baca Juga:   10 Hadiah Lomba 17 Agustus di Bawah Rp100 Ribu

Lalu, anak yang berada di paling depan akan menuangkan air ke mangkuk belakang tanpa menoleh sampai air tersebut mencapai anak yang paling belakang.Tim yang menang adalah tim yang berhasil mengumpulkan banyak air di mangkuk bagian paling akhir.

Nah, kamu bisa mendapatkan mangkuk untuk kebutuhan lomba tersebut melalui pilihan yang ada di bawah ini.

Set mangkuk plastik untuk persiapan perlombaan saat hari kemerdekaan indonesia
Krischef Set Mangkuk Plastik 13.9 Cm 10 Pcs

Beli di sini

Mangkuk plastik sebagai perlengkapan untuk lomba estafet air anak-anak
Mepal Loomm Mangkuk Plastik Dengan Penutup – Merah

Beli di sini

 

10. Lomba Memindahkan Air Menggunakan Spons

Hampir mirip dengan lomba estafet air, memindahkan air menggunakan spons juga bertujuan untuk memindahkan volume air dari sebuah wadah ke wadah yang lainnya. Namun, lomba ini diperuntukkan untuk individu saja.

Pemenangnya adalah anak yang berhasil mengumpulkan air dengan volume terbanyak di wadah kedua. Ini dia rekomendasi wadah dan spons yang bisa kamu gunakan untuk lomba.

Spons untuk lomba estafet air
Scrub Daddy Set Spons 3 Warna

Beli di sini

11. Lomba Mengambil Koin di Tepung

Lomba 17 Agustus yang satu ini terkenal sangat unik karena pesertanya perlu mengumpulkan koin yang ditimbun dengan tepung di sebuah wadah.

Para peserta hanya boleh mengumpulkan koin menggunakan mulut. Tentu, pemenangnya adalah anak yang berhasil mengambil koin terbanyak dari timbunan tepung.

12. Lomba Menggambar Bendera Indonesia

Kamu bisa menyelenggarakan lomba 17 Agustus untuk anak dengan menggambar bendera Indonesia. Selain melatih sisi kreativitas, lomba yang satu ini bisa menanamkan rasa cinta kepada tanah air juga, lho.

Berikut rekomendasi alat menggambar yang bisa kamu temukan.

Krayon 8 warna untuk mengikuti perlombaan
Crayola Crayon Box 8 Warna

Beli di sini

Karyon untuk lomba mewarnai
Macs Gel Crayon 6 Color 80064

Beli di sini

Itu dia beberapa ide lomba 17 agustus buat anak-anak yang bisa kamu terapkan di hari kemerdekaan Indonesia nantinya. Nah, berbagai keperluan untuk lomba tersebut bisa kamu temukan di ruparupa.com.

Situs belanja online ini juga menyediakan berbagai perlengkapan rumah tangga dan alat-alat elektronik dari berbagai merek terkenal milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Krisbow, Informa, Selma, dan masih banyak lagi.