Menciptakan Ruang Kerja di Rumah

0
233
Ruang Kerja Di Rumah

Bekerja dan memiliki ruang kerja di rumah mungkin menjadi suatu hal yang didambakan oleh setiap karyawan yang bekerja di kantor. Fleksibilitas yang tinggi membuat bekerja di rumah adalah pilihan yang menarik bagi sebagian orang. Anda bisa bekerja sesuka Anda tanpa ada paksaan dan juga kapanpun ketika Anda merasa ingin bekerja. Untuk yang sudah berkeluarga dan memiliki anak, pilihan untuk bekerja di rumah tentunya akan sangat menyenangkan karena Anda akan memiliki waktu yang cukup banyak bersama keluarga dan bisa memperhatikan langsung perkembangan anak.

Di luar sisi fleksibilitas yang tinggi, bekerja di rumah juga memiliki banyak sekali tantangan apalagi jika Anda tidak tahu cara mengatur waktu dengan baik, belum lagi gangguan dari anak yang membuat Anda sulit berkonsentrasi dan juga rasa malas yang harus Anda lawan sendiri. Bagaimana caranya supaya Anda bisa bekerja dengan maksimal di rumah? Yang pasti Anda harus menciptakan ruang kerja yang nyaman dan bisa membuat Anda fokus bekerja. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat desain ruang kerja di rumah.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membuat desain ruang kerja di rumah di antaranya adalah:

1. Lokasi ruang kerja di rumah

Ada beberapa alternatif ruang kerja yang bisa Anda pilih di rumah seperti kamar tidur yang tidak terpakai, ruang kosong atau sudut rumah. Usahakan ruangan tersebut terpisah dari ruangan yang biasa dipakai oleh anak untuk bermain ataupun yang biasa dipakai bersantai oleh anggota keluarga lain supaya Anda tidak terganggu saat bekerja. Lebih baik lagi jika ruang kerja Anda berdekatan dengan jendela, selain mendapatkan sinar matahari Anda juga bisa sedikit rileks dengan melihat pemandangan di luar.

2. Sirkulasi

Ruangan kerja harus memiliki sirkulasi udara yang baik. Tambahkan ventilasi dan pendingin ruangan supaya suasana kerja lebih nyaman. Lebih baik jika terdapat jendela di ruang kerja Anda agar udara segar masuk dan bertukar dengan udara kotor di ruangan.

3. Peralatan kerja

Sudah pasti peralatan kerja yang wajib ada adalah meja dan kursi. Pemilihan meja dan kursi merupakan hal yang paling penting karena setiap saat Anda akan menggunakan alat tersebut saat bekerja. Pilihlah meja yang memiliki banyak laci sehingga memudahkan Anda untuk menyimpan dokumen dan peralatan lainnya. Untuk kursi kerja lebih baik yang memiliki senderan tangan dan bahan yang nyaman karena Anda akan berlama-lama duduk di kursi tersebut untuk menghindari otot lengan dan leher supaya tidak cepat tegang. Idealnya dalam membuat desain ruang kerja di rumah, layout meja kerja berbentuk L untuk mempermudah Anda mengambil perlengkapan lain seperti alat tulis atau dokumen. Peralatan kerja lain yang dibutuhkan adalah komputer atau laptop dan printer kecil untuk melengkapi ruang kerja Anda.

4. Dekorasi dan aksesoris

Suasana yang nyaman bisa tercipta dari dekorasi dan aksesoris yang Anda gunakan saat membuat desain ruang kerja di rumah. Pilihlah warna cat tembok dengan warna terang untuk menambah semangat dan menunjang kreativitas Anda. Hiaslah ruang kerja Anda dengan tanaman hidup karena warna hijau pada daun dan warna-warni pada bunga dipercaya bisa menambah kreativitas dan menciptakan ruangan menjadi lebih rileks dan sejuk. Beberapa foto keluarga dan juga gambar yang berisi tulisan yang inspirasi juga boleh dipasang untuk menambah semangat dan motivasi kerja.

Dengan desain ruang kerja di rumah yang tepat, bekerja di rumah akan menjadi lebih menyenangkan dan nyaman serta membuat Anda lebih produktif. Kini Anda bisa menciptakan sendiri ruangan kerja yang nyaman di rumah tanpa harus mendapatkan gangguan. Kami menyediakan ragam pilihan furniture dan peralatan kerja yang bisa membantu Anda menciptakan ruang kerja di rumah yang ideal. Silakan pilih peralatan kerja yang Anda butuhkan dan ciptakan ruang kerja yang ideal.