Tips Investasi Ruko agar Bisa Meraup Cuan Maksimal

0
6209

Ruko atau rumah toko merupakan bangunan yang berfungsi sebagai tempat berniaga sekaligus tinggal. Itulah mengapa investasi ruko menjadi pilihan yang populer, baik untuk diri sendiri atau disewakan kepada orang lain. 

Umumnya, ruko terdiri dari dua lantai atau lebih. Mayoritas pemilik atau penyewanya menggunakan lantai pertama sebagai tempat usaha dan lantai kedua difungsikan sebagai tempat tinggal, gudang, atau ruang usaha tambahan.

Ruparupa Banner

Tips Investasi Ruko

Buat kamu yang tengah berpikir untuk membeli atau menyewa ruko, yuk simak tips investasi ruko berikut ini agar bisa mendapat cuan banyak!

1. Pilih Ruko dengan Lokasi yang Strategis

Lokasi adalah faktor terpenting dalam investasi properti, termasuk ruko. Ruko yang terletak di lokasi strategis akan lebih mudah disewakan atau dijual kembali dengan harga yang tinggi. 

Umumnya, banyak orang yang lebih memilih ruko di dekat kawasan perumahan karena pangsa pasarnya lebih potensial. Memilih ruko yang berada di pinggir jalan raya pun kerap dilakukan sebab traffic orang lalu-lalang sangat besar.

2. Perhatikan Faktor Lain Selain Lokasi

Beberapa faktor lain yang perlu diperhatikan dalam memilih lokasi ruko adalah aksesibilitas, keamanan, fasiltas, dan lingkungan.

Sama halnya seperti membeli rumah, pasti kamu pun ingin mendapatkan kenyamanan ketika berniaga dan tinggal di ruko bukan? Ini pun penting dipikirkan untuk kebutuhan calon customer di masa depan. 

Baca Juga:   Tips dan Cara Jual Rumah Online agar Dapat Menarik Pembeli

Beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain:

  • Apakah jalan menuju ruko rusak dan seberapa lebar ukurannya.
  • Apakah terdapat area parkir baik untuk mobil maupun motor
  • Apakah ada penjaga area ruko seperti satpam atau CCTV yang disediakan oleh pengembang ruko
  • Apakah lingkungan di sekitarnya aman, bersih, dan nyaman

3. Pastikan Bisnis yang Dimiliki Cocok dengan Demografi Lingkungan Ruko

Sumber: shutterstock

Lingkungan demografi masyarakat di sekitar lokasi bisnis punya pengaruh kepada kesuksesan bisnis yang kamu jalani, loh. Memilih lokasi dengan target market yang tepat, bisnis pun akan semakin ramai pelanggan bukan? 

Sebagai contoh, bisnis yang kamu jalankan ialah sewa atau rental konsol game. Ekspektasi dari bisnsi tersebut pastilah banyak orang yang menyewa dan bermain di tempat setiap harinya bukan? 

Target market yang tepat untuk bisnis ialah anak-anak usia sekolah atau mahasiswa. Maka itu, pilihlah ruko dengan area yang dekat dengan tempat tinggal, dilalui anak-anak ketika pulang sekolah, ataupun dekat dengan kampus-kampus. 

4. Pastikan Harga Jual atau Sewa yang Ditawarkan Wajar

Sebelum mencari ruko dijual atau ruko disewakan, pastikan harga yang ditawarkan wajar dan sesuai dengan harga pasaran. Kamu bisa membandingkan harga ruko yang sejenis di lokasi yang sama di situs-situs properti seperti www.99.co/id. Setelah membandingkan dan menemukan yang pas, kamu juga bisa langsung mengontak pengiklan untuk menanyakan listing ruko lebih lanjut. 

Baca Juga:   Tips dan Cara Agar Kost Cepat Laku Terisi. Biar Makin Cuan!

5. Pelajari Hukum Sewa-menyewa

Khusus untuk kamu yang memutuskan untuk menyewa atau menyewakan ruko, pastikan untuk memahami hukum sewa-menyewa yang berlaku, ya. Hal ini harus kamu lakukan untuk menghindari terjadinya perselisihan di kemudian hari. Salah satu yang harus kamu siapkan ialah surat perjanjian sewa ruko

Surat perjanjian ini umumnya berisikan informasi penyewa dan pemilik, rentang waktu sewa, hingga hak serta kewajiban kedua belah pihak. Jika diperlukan, pemilik dan penyewa pun dapat mendatangani surat ini di hadapan notaris untuk memperkuat aturannya.

6. Perhatikan Hak Kepemilikan

sumber: shutterstock

Umumnya, ruko-ruko di Indonesia hanya mengantongi Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB) karena digunakan untuk berniaga. Namun pada awal tahun 2023, pemerintah telah menetapkan bahwa ruko ataupun rukan sudah dapat mengantongi SHM. Dengan demikian, untuk kamu yang ingin membeli ruko, pastikan untuk mengubah hak tersebut jika belum SHM. 

Semoga ulasan dari berita.99.co di atas mengani tips investasi ruko bisa menjadi khazanah yang bermanfaat untukmu! Nah, kalau kamu mau cari hunian idaman ataupun menjual properti, andalkan saja 99.co karena kami #segampangitu untuk digunakan, loh!