8 Negara yang Sudah Bisa Dikunjungi Turis, Ini Syaratnya

0
1964
Negara yang sudah bisa dikunjungi
Sumber: unsplash.com

Kamu sudah tidak sabar ingin mengunjungi negara lain untuk berlibur, sekolah, atau pemeriksaan kesehatan? Tenang saja, Ruppers. Saat ini, ada beberapa negara yang sudah bisa dikunjungi oleh turis atau wisatawan luar, lho.

Biasanya, sebelum pandemi COVID-19 melanda, kita bebas bepergian ke luar negeri, baik hanya untuk berwisata, melanjutkan studi, hingga melakukan pemeriksaan kesehatan.

Ruparupa Banner

Namun, sejak pandemi COVID-19 yang berlangsung mulai dari tahun 2020 lalu, telah membuat berbagai negara di dunia membatasi pintu masuknya untuk meminimalisir penyebaran virus yang ada. 

Daftar Negara yang Sudah Buka Kunjungan Turis

Apakah kamu salah satunya yang terpaksa tidak bisa bepergian ke luar negeri karena COVID-19 ini? Jika ya, sekarang kamu bisa sedikit lebih berbahagia karena beberapa negara berikut ini sudah membuka batasannya dan dapat dikunjungi.

1. Thailand

Siapa yang sudah kangen dengan masakan tom yam dan mango sticky rice lezat asal Thailand? Sebagai salah satu negara yang banyak dikunjungi wisatawan, Thailand sudah mulai membuka border mereka per 1 Februari 2022 kemarin, lho. 

negara yang sudah bisa dikunjungi thailand
Sumber: unsplash.com

Namun, sebelum memasuki thailand, tentunya ada beberapa syarat yang perlu kamu ketahui. Pertama, pastikan paspor kamu masih memiliki masa berlaku lebih dari 45 hari ya, Ruppers. 

Nah, sebelum pergi, kamu juga harus memiliki Thailand Pass dan proses pembuatannya akan memakan waktu hingga 60 hari. Jadi, ada baiknya kamu rencanakan dengan matang dulu sebelum pergi.

Selanjutnya, pastikan kamu juga sudah mendapatkan vaksinasi COVID-19 dosis lengkap minimal 14 hari sebelum keberangkatan.

Kamu juga perlu memiliki hasil tes RT-PCR COVID-19 negatif 3 x 24 jam sebelum berangkat. Perlu diperhatikan kalau hasil tes yang kamu bawa harus dalam bahasa Inggris, ya. 

Pastikan juga kamu telah download aplikasi ThailandPlus untuk mengakses QR code Thailand Pass. 

2. Singapura

Banyak orang yang sering mengunjungi Singapura untuk berlibur, berobat, hingga sekolah. Namun, pandemi COVID-19 membuat semua kegiatan tersebut tidak dapat dilakukan. 

negara yang sudah bisa dikunjungi singapura
Sumber: unsplash.com

Namun jangan khawatir lagi, Ruppers! Sekarang, negara dengan patung Merlion yang iconic ini juga sudah membuka bordernya bagi para wisatawan.

Mulai tanggal 1 Februari lalu, wisatawan yang sudah menerima vaksinasi COVID-19 dosis lengkap sudah bisa memasuki Singapura. 

Beberapa syaratnya adalah calon wisatawan harus melakukan tes PCR paling lambat 2 x 24 jam sebelum keberangkatan. Selain itu, wisatawan juga harus melengkapi data Singapore Arrival Card, paling lambat 3 hari sebelum tiba di Singapura. 

Baca Juga:   5 Langkah Hidup Sehat, Agar Tubuh Makin Kuat Lawan COVID-19

3. Malaysia

Ingin melihat menara kembar di Kuala Lumpur atau mengunjungi Legoland Malaysia, tapi belum sempat karena terhalang pandemi COVID-19? Nah, sekarang negara Malaysia sudah bisa dikunjungi oleh para wisatawan, lho. 

negara yang bisa dikunjungi malaysia
Sumber: unsplash.com

Kalau ingin ke Malaysia untuk berlibur, melanjutkan studi, atau pemeriksaan kesehatan, kamu dapat melakukannya mulai tanggal 1 April 2022. Tentunya, kamu tetap harus memenuhi syarat yang ditetapkan negara tersebut ya, Ruppers.

Pertama, kamu harus sudah mendapatkan vaksinasi COVID-19 dosis lengkap sehingga tidak perlu lagi menjalankan karantina.

Kemudian, dua hari sebelum keberangkatan kamu harus menjalankan tes PCR. Saat tiba di Malaysia, setelah 1 x 24 jam kamu juga perlu melakukan tes Antigen.

4. Vietnam

Pasti kamu pernah melihat foto atau video jembatan emas yang ditopang oleh tangan raksasa, ‘kan? Ternyata tempat wisata tersebut berasal dari negara Vietnam, lho. 

negara yang sudah bisa dikunjungi vietnam
Sumber: unsplash.com

Sekarang kamu sudah bisa pergi berlibur ke Vietnam karena negara tersebut juga sudah membuka bordernya. Nah, untuk memasuki negara ini, kamu harus memenuhi beberapa syarat ya, Ruppers.

Pertama-tama, kamu perlu mengisi formulir pernyataan kesehatan sebelum kedatangan di Vietnam. Kamu juga harus sudah mendapatkan vaksinasi COVID-19 dosis lengkap setidaknya 14 hari sebelum berangkat. 

Selain itu, sebelum berangkat kamu juga harus melakukan tes RT-PCR minimal 3 x 24 jam dan hasilnya harus negatif ya. Untuk sertifikat vaksin serta hasil tes, siapkan dalam bahasa Inggris ya, Ruppers.

5. Australia

Sudah tidak sabar mengunjungi Australia dan berjumpa dengan kangguru yang lucu? Atau ingin berfoto di depan Harbour Bridge atau Opera House Sydney? 

negara yang sudah bisa dikunjungi australia
Sumber: unsplash.com

Sekarang kamu sudah bisa mengunjungi negara kanguru ini. Australia sudah membuka bordernya bagi para wisatawan sejak tanggal 21 Februari 2022.

Syaratnya, kamu harus sudah divaksin dosis lengkap dan memiliki sertifikat berbahasa Inggris. Selain itu, kamu juga perlu menunjukkan hasil tes PCR negatif minimal 3 x 24 jam sebelum keberangkatan.

Pastikan juga kamu telah melengkapi data deklarasi perjalanan Australia setidaknya 3 x 24 jam sebelum berangkat, ya. 

6. Inggris

Beralih ke benua Eropa, Inggris juga sudah membuka kembali negaranya untuk para wisatawan dan pelajar. Sama seperti negara lainnya, Inggris juga menetapkan beberapa syarat sebelum memasuki negaranya.

Baca Juga:   7 Perlengkapan Wajib Saat Jalan-jalan Selama Pandemi
london inggris
Sumber: unsplash.com

Salah satunya adalah sudah mendapatkan vaksinasi COVID-19 dosis lengkap serta sertifikat berbahasa Inggris. Kalau vaksinasi sudah lengkap, kamu tidak perlu lagi melakukan tes COVID-19.

Selanjutnya, kamu perlu mengisi Passenger Locator Form minimal 3 hari sebelum kedatangan ke Inggris. Sudah siap untuk berangkat ke Inggris?

7. Amerika Serikat

Kamu ingin melanjutkan studi ke Amerika Serikat atau sekedar untuk jalan-jalan? Sekarang, negara ini juga sudah membuka border bagi para turis, lho. 

negara yang sudah bisa dikunjungi USA
Sumber: unsplash.com

Persyaratannya juga tidak jauh berbeda dengan negara lainnya, yaitu jika kamu ingin masuk atau transit di Amerika Serikat, wajib membawa hasil tes PCR negatif minimal 1 x 24 jam.

Kemudian, kamu juga sudah harus mendapatkan vaksinasi COVID-19 dosis lengkap minimal 15 hari sebelum keberangkatan ya, Ruppers. Pastikan sebelum keberangkatan kamu sudah mengisi formulir Passenger Disclosure & Attestation.

Selain itu, ketika sudah berada di Amerika Serikat, kamu juga perlu melakukan tes COVID-19 pada hari ketiga dan kelima.

8. Turki

Apakah kamu tahu tentang Cappadocia yang sempat viral karena film “Layangan Putus”? Ternyata, Cappadocia berasal dari negara Turki, lho.

Beruntungnya, kamu sudah bisa melihat naik balon udara cantik di Turki, lho. Negara Turki juga sudah membuka bordernya.

negara turki
Sumber: unsplash.com

Kamu bisa pergi menggunakan visa bisnis ataupun turis dengan syarat harus mendapatkan vaksinasi COVID-19 dosis lengkap apa pun jenisnya. Selain itu, saat tiba di Turki, kamu harus mendapatkan kode Hayat Eve Sigar (HES) melalui aplikasi online.

Tidak jauh berbeda dengan negara lainnya, kamu juga perlu menunjukkan hasil tes PCR negatif maksimal 3x 24 jam sebelum keberangkatan. 

Itulah dia beberapa negara yang sudah bisa dikunjungi saat ini. Sudah tidak sabar untuk berlibur? Pastikan kamu tetap mengikuti protokol kesehatan, ya.

Selain itu, untuk persiapan liburan ke luar negeri, kamu juga perlu membawa koper berkualitas, serta pelindungnya, seperti yang berikut ini.

Luggo 28 Inci Shield Koper 4 Roda
Luggo 28 Inci Shield Koper 4 Roda

Beli di sini

Passport 28-32 Inci Honyecomb Sarung Koper
Passport 28-32 Inci Honyecomb Sarung Koper

Beli di sini

Selain itu, pastikan juga selalu membawa new normal kit yang berisi hand sanitizer, masker, hingga face shield, seperti berikut ini.

Dr Soap 60 Ml Hand Sanitizer Urban Shee
Dr Soap 60 Ml Hand Sanitizer Urban Shee

Beli di sini

Krisbow Set 5 Pcs Masker Pelindung Kn95
Krisbow Set 5 Pcs Masker Pelindung Kn95

Beli di sini

Temukan semua kebutuhan travelling kamu hanya di Ruparupa.com. Situs ini juga menjual perabot dan perlengkapan rumah tangga berkualitas dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Krisbow, dan lain-lain, lho. 

Yuk, belanja sekarang dan bersiaplah untuk jalan-jalan.