8 Tempat Wisata di Jakarta yang Bisa Dikunjungi Selama Musim Hujan

0
2114
tempat wisata musim hujan
Sumber: Unsplash/Dannie Jing

Curah hujan tinggi sering kali kita anggap sebagai musim yang tidak menyenangkan buat melakukan beragam kegiatan. Tenang saja, ada  banyak tempat wisata di Jakarta yang masih bisa kita kunjungi selama musim hujan.

Mungkin, kita tidak dapat mengunjungi tempat wisata terbuka atau outdoor, tetapi kota Jakarta menawarkan beragam wisata indoor yang seru. Jadi, walaupun cuaca tidak seindah musim kemarau, kita tetap bisa jalan-jalan.

Ruparupa Banner

Tempat Wisata Musim Hujan di Jakarta

Meskipun lagi musim hujan, kamu tetap dapat berlibur di area Jakarta dengan mengunjungi beberapa tempat wisata di bawah ini.

1. Museum MACAN

tempat wisata musim hujan
Sumber: museummacan.org

Tempat wisata pertama yang dapat kamu kunjungi selama musim hujan adalah Museum MACAN atau Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara. Di sini, kamu dapat menyaksikan koleksi seni modern dan kontemporer dari Asia, Eropa, dan Amerika.

Beberapa pelukis terkenal yang karyanya dapat kamu temukan adalah Francis Bacon dan Raden Saleh. Selain lukisan, museum ini juga menawarkan ruang seni khusus anak, restoran, dan toko suvenir.

Lokasi: AKR Tower Level M, Jl. Panjang No.5, Kb. Jeruk, Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11530

Jam buka: Selasa-Jumat pukul 10.00-18.00 WIB, Sabtu pukul 10.00-16.00 WIB, dan Minggu pukul 12.00-18.00 WIB

2. Bounce Street Asia – Trampoline Park

tempat wisata musim hujan
Sumber: Tiket.com

Ingin liburan yang menyenangkan sekaligus menyehatkan? Maka, kamu wajib mengunjungi Bounce Street Asia yang berupa area trampolin. Ada berbagai zona permainan yang dapat kamu temukan, seperti trampolin besar dan parkour atau zona rintangan.

Selain bermain loncat-loncatan, kamu bisa sembari olahraga kardio. Tenang saja, tempat wisata ini juga menawarkan berbagai macam mesin permainan yang seru.

Lokasi: Jl. Artha Gading Sel. No.Kav 8, RT.18/RW.8, Klp. Gading Bar, Kec. Klp. Gading, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

Jam buka: Senin- Kamis pukul 10.00-19.00 WIB, Jumat pukul 10.00-14.00 WIB dan 17.00-19.00 WIB, serta Sabtu dan Minggu pukul 10.00-20.00 WIB

Baca Juga:   9 Jenis Kegiatan untuk Liburan Anak yang Berkualitas

3. MoJa Museum

tempat wisata musim hujan
Sumber: nativeindonesia.com

Meskipun bernama museum, nyatanya tempat wisata ini tidak berisi lukisan, lho. Singkatnya, tempat ini merupakan area bermain sepatu roda. Kamu pun bisa sembari mengabadikan momen seru karena ada banyak spot foto aesthetic.

Walaupun tidak bisa bermain sepatu roda, kamu bisa ditemani oleh ahlinya di sana.

Lokasi: Komplek Gelora Bung Karno Main Stadium, Jl. Gerbang Pemuda No.1, RT.1/RW.3, Gelora, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270

Jam buka: Setiap hari pukul 11.00-19.30 WIB

4. Jakarta Aquarium & Safari

tempat wisata musim hujan
Sumber: Tiket.com

Berlokasi di Jakarta Barat, Jakarta Aquarium menjadi tempat wisata di musim hujan yang harus kamu kunjungi. Di sini, kamu akan menyaksikan berbagai jenis ikan dan hewan laut lainnya, mulai dari ikan hias sampai predator di akuarium yang besar.

Kamu juga dapat menyelam bersama hiu, menyentuh bintang laut di kolam sentuh, serta menyaksikan teater 5D buat merasakan sensasi menyelam di bawah laut.

Lokasi: Jl. Letjen S. Parman No.106, RW.5, Tj. Duren Sel., Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11470

Jam buka: Setiap hari pukul 10.00-20.00 WIB

5. Kidzania

tempat wisata musim hujan
Sumber: Traveloka

Ingin liburan bersama anak? Meskipun lagi musim hujan, kamu tetap bisa mengajak anak mengunjungi berbagai tempat wisata, salah satunya Kidzania.

Tempat hiburan ini memiliki konsep berupa “kota” mini yang menyerupai kota sungguhan. Jadi, setiap anak dapat mencoba berbagai macam profesi, seperti polisi hingga dokter, dan melakukan kegiatan sehari-hari  layaknya orang dewasa.

Lokasi: Pacific Place, Jl. Jenderal Sudirman No.Kav. 52-53, RT.5/RW.3, Senayan, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12190

Jam buka: Senin-Jumat pukul 10.00-16.00 WIB dan Sabtu-Minggu pukul 10.00-17.00 WIB

6. Museum Wayang

tempat wisata musim hujan
Sumber: Flickr

Museum Wayang jadi pilihan yang tepat bila kamu ingin berwisata sembari belajar. Soalnya, kamu bisa menemukan berbagai koleksi wayang, yaitu wayang golek, wayang kulit, dan masih banyak lagi.

Baca Juga:   8 Barang Yang Wajib Dibawa saat Traveling

Kamu juga bisa menyaksikan pertunjukkan wayang yang menampilkan tokoh-tokoh dari cerita rakyat atau mitos populer di Indonesia.

Lokasi: Jalan Pintu Besar Utara No.27 Pinangsia, RT.3/RW.6, Kota Tua, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110

Jam buka: Selasa-Minggu pukul 09.00-15.00 WIB

7. Skyrink

tempat wisata musim hujan
Sumber: Instagram/@skyrink_jakarta

Skyrink merupakan tempat wisata ice skating yang cocok untuk liburan keluarga. Meskipun kamu tidak pernah bermain ice skating, kamu tetap bisa belajar dengan ahlinya di sini. Uniknya, kamu dapat merasakan sensasi gliding di atas es yang sejuk dan nyaman.

Lokasi: Mall Taman Anggrek, Lantai 3, RT.12/RW.1, Tj. Duren Sel, Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11470

Jam buka: Setiap hari pukul 11.30-21.00 WIB

8. Trans Studio Cibubur

tempat wisata musim hujan
Sumber: Tiket.com

Untuk mengisi waktu liburan di musim hujan, Trans Studio Cibubur jadi tempat wisata yang tepat. Soalnya, tempat ini menyediakan berbagai macam wahana permainan yang cocok untuk semua umur.

Selain permainan, kamu juga dapat menyaksikan berbagai macam atraksi menyenangkan, antara lain pertunjukan teater, pertunjukan musik, dan lain-lain.

Lokasi: Jl. Alternatif Cibubur No.230 A, Harjamukti, Kec. Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat 16454

Jam buka: Setiap hari pukul 10.00-22.00 WIB

Rekomendasi Perlengkapan Liburan Selama Musim Hujan

Jadi, tempat wisata mana yang mau kamu kunjungi selama musim hujan ini? Selama berlibur, pastikan kamu tetap membawa perlengkapan musim hujan agar tidak kehujanan.

Ini dia beberapa rekomendasi perlengkapan musim hujan yang bisa kamu beli di ruparupa.

rekomendasi jas hujan
Ataru Jas Hujan Panjang – Hitam

Cek harga

Selma Vienna Payung 8k Straight - Hitam
Selma Vienna Payung 8k Straight – Hitam

Cek harga

 

Ataru Ukuran Xl Jaket Foldable Lightweight - Hijau
Ataru Ukuran Xl Jaket Foldable Lightweight – Hijau

Cek harga

Glint Set 50 Pcs Tisu Disinfektan
Glint Set 50 Pcs Tisu Disinfektan

Cek harga

miliki perlengkapan liburan hemat HIngga 50%  klik di sini

Kamu juga dapat menemukan berbagai perlengkapan rumah tangga dan perabot dari merek-merek terkenal milik Kawan Lama Group, yaitu ACE, Informa, Selma, Krisbow, dan masih banyak lagi.