Pahami Perbedaan Masker KN95, KF94, dan N95

0
4658

Di tengah melonjaknya virus Covid-19 varian Omicron, masyarakat pun dihimbau untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, termasuk memakai masker. Saat ini, masker KN95, KF94, dan N95, paling sering digunakan. Lalu, apa perbedaan ketiganya?

Perbedaan Masker KN95, KF94, N95

Pakar kesehatan kerap menyerukan penganjuran pemakaian masker double (medis dan kain) ataupun masker berkualitas, yang bisa memberikan proteksi ganda. Apalagi, virus korona bisa menyebar melalui udara.

Ruparupa Banner

Ada beberapa masker yang disarankan untuk digunakan ketika sedang berada di tengah kerumunan, yaitu masker KN95, KF94, dan N95.

Bukan hanya berbeda bentuk, tetapi setiap masker memiliki perbedaan tingkat filtrasi dan efektivitas perlindungannya masing-masing.

Masker KN95

Tipe masker KN95 telah diklaim mampu memberikan perlindungan yang hampir setara dengan masker N95.

Namun, berbeda dengan masker N95 yang telah terstandarisasi National Institute for Occupational Safety and Health (NIOSH) dari Amerika Serikat, sayangnya masker KN95 belum mendapatkan standadarisasi tersebut.

Namun, masker non-medis ini memiliki tingkat efisiensi filtrasi hingga 95% dan masih lebih melindungi dibandingkan masker kain tiga lapis atau masker bedah biasa.

Sumber: unsplash.com/@naipo.de

Jenis masker ini memiliki segel permukaan yang rapat, sehingga mampu meminimalisir celah udara yang masuk.

Baca Juga:   Waktu Berjemur yang Baik Bukan Pagi Hari, Lalu Kapan?

Bahkan, di awal pandemi, ketika fasilitas kesehatan kekurangan stok masker N95, FDA memberikan otoritas untuk menggunakan masker KN95 sebagai penggunaan darurat.

Berikut ini rekomendasi masker KN95 yang bisa kamu gunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Masker KN95 dengan 5 lapisan dan bahan yang tetap nyaman digunakan di kulit maupun bernafas

Beli di sini

Masker KF94

Istilah nama “KF” merupakan singkatan dari “Korean Filter” atau filter Korea. Kemudian, angka 94 merujuk pada standarisasi di Korea selatan, yang menawarkan efektivitas filtrasi sebesar 94 persen.

Meskipun, masker ini belum masuk aturan standarisasi National Institute for Occupational Safety and Health (NIOSH), Amerika Serikat, tetapi alat pelindung ini bisa membantu meminimalisir resiko penularan rendah sampai sedang.

Masker dengan bentuk melebar seperti perahu ini, mampu menjangkau area wajah lebih luas. Selain itu, masker KF94 jgua memiliki fitur pelengkap, seperti pengait telinga, kawat atas tulang hidung, dan sisi masker yang rapat.

Berikut ini rekomendasi masker KF94 dengan kualitas terbaik, yang bisa jadi pilihan untuk kamu gunakan sehari-hari.

Masker KF94 depan pelindung 4 lapisan dan tali yang bisa disesuaikan ukuran wajahmu.

Beli di sini

Masker N95

Sesuai dengan namanya, masker tipe N95 dikenal sebagai masker medis dengan tingkat efisiensi menyaring partikel aerosol hingga mencapai 95 persen.

Baca Juga:   5 Langkah Hidup Sehat, Agar Tubuh Makin Kuat Lawan COVID-19

Masker yang menyerupai bentuk setengah cangkir atau paruh bebek ini, masih memegang gold standard perangkat pelindung pernapasan, menurut Food and Drug Administration (FDA), Amerika Serikat.

Namun, masker N95 lebih diprioritaskan untuk tenaga kesehatan atau tim garda depan, yang membantu menanggulangi wabah virus COVID-19.

Meskipun memiliki perlindungan ekstra, pastikan kamu memakai masker yang sesuai ukuran di wajah agar mampu bekerja maksimal.

Berikut ini rekomendasi masker N95 yang bisa jadi pilihan.

 

Masker N95 dengan material high quality yang dapat melindungi dari virus, kuman, bakteri, dan alergen lainnya.

Beli di sini

Itu dia perbedaan masker N95, KN95, dan KF94 yang perlu kamu ketahui. Dikutip dari verywellhealth.com, meskipun masker KN95 dan N95 memiliki perbedaan 1% filtrasi daripada KF94, tetapi ketiga masker tersebut tetap efektif mencegah penularan virus COVID-19.

Kamu bisa mendapatkan berbagai model masker dan produk peralatan kesehatan berkualitas di Ruparupa.com.

Situs belanja online ini juga menawarkan perabot dan perlengkapan rumah tangga dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi. Selain itu, dapatkan juga penawaran harga dan kualitas terbaik.

Yuk, pastikan kamu selalu memakai masker dan tetap jaga kesehatan.