7 Tips Jitu Liburan ke Bali Buat Pemula

0
8326
tips liburan ke bali

Bali merupakan salah satu provinsi Indonesia yang terkenal akan keindahan alamnya. Meski terlihat modern dan eksotis, kamu masih bisa menemukan kentalnya kebudayaan, seperti rumah adat, tradisi, dan upacara yang dilakukan oleh para penduduknya.

Tidak heran bila Pulau Dewata satu ini selalu masuk daftar destinasi wisata impian, baik bagi turis lokal maupun mancanegara. Apakah kamu salah satunya yang baru pertama kali mau liburan ke Bali?

Ruparupa Banner

Daftar Persiapan Liburan ke Bali Buat Pemula

Nah, supaya liburan kamu di Bali lebih menyenangka, simak beberapa tips yang telah kami rangkum dari berbagai sumber berikut ini.

1. Siapkan Rencana Perjalanan

Sebelum ke Bali, buatlah daftar perencanaan, mulai dari berangkat naik apa, berapa lama waktu liburan, tempat wisata yang ingin dikunjungi, hingga akomodasi untuk menginap di Bali.

Sebagai permulaan, kamu bisa mengumpulkan informasi dari laman Dinas Pariwisata Provinsi Bali. Dengan begitu, kamu bisa mendapakan referensi seputar destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi.

destinasi wisata di bali
Sumber: unsplash.com

2. Kemas Pakaian dan Barang yang Paling Dibutuhkan

Bila sudah membuat perencanaan liburan, berikutnya adalah mempersiapkan barang bawaan selama berada di Bali.

Melansir dari The Trusted Traveller, ada baiknya kamu membawa pakaian dengan bahan serat alami untuk membuat kamu tetap sejuk. Apalagi, Bali terkenal dengan wisata pantai yang eksotis. Jika berencana mendaki gunung, siapkan juga jaket dan sepatu yang baik.

Baca Juga:   8 Rekomendasi Bantal Leher Terbaik dan Tips Memilihnya

Kemudian, bawa selalu masker dan hand sanitizer. Selain untuk mencegah penularan Covid-19, alat kesehatan ini diperlukan untuk menjaga kebersihan.

Nah, supaya isi koper kamu muat banyak, kamu bisa menggunakan kantong vakum, seperti rekomendasi berikut ini.

kantong vakuum mini
Dr. Save Set 4 Pcs Kantung Vakum Mini Travel
Mampu menghemat penyimpanan hingga 50% dan dapat kamu pakai secara berulang.

Beli di sini

vacuum bag koper
Easi Set 3 Pcs Kantung Vakum 3d Kemasan Kombo
Mampu menghemat penyimpanan hingga 70% tanpa merusak pakaian.

Beli di sini

3. Pilih Hari Berlibur yang Tepat

Memilih hari dan waktu liburan ke Bali memang harus tepat. Waktu terbaik mengunjungi Bali adalah bulan Mei hingga Oktober. Sebab, hujan jarang turun dan cahaya matahari tidak terlalu panas. Jadi, kamu bisa menikmati keindahan pantai Bali, deh!

4. Pesan Tiket dan Hotel dari Jauh Hari

Menjelang liburan, harga tiket pesawat bisa saja melonjak tinggi. Untuk menghindari hal tersebut, pesan tiket dan booking hotel dari jauh-jauh hari melalui online. Jika kamu cukup beruntung, kamu bisa mendapatkan promo untuk pemesanan tiket pesawat dan hotel, lho!

5. Sewa Kendaraan 

Jika kamu tidak membawa kendaraan pribadi, kamu bisa mencoba untuk menyewa kendaraan. Dikutip dari The Trusted Traveller, ada banyak jasa rental kendaraan di Bali yang menawarkan harga murah.

Cukup pastikan bahwa kendaraan tersebut memiliki asuransi dan punya kondisi yang baik. Agar lebih aman dan nyaman, kamu juga bisa menyewa jasa supir lokal untuk mengantar kamu keliling Bali.

Namun, jika hanya melakukan perjalanan singkat, taksi atau transportasi online bisa menjadi pilihan yang baik.

Baca Juga:   7 Daftar Perlengkapan ke Pantai yang Wajib Kamu bawa
sewa kendaraan di bali
Sumber: unsplash.com

6. Nikmati Hidangan Khas Bali

Selain punya banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, makanan khas Bali juga tidak boleh terlewatkan. Tentu, liburan ke Bali tidak akan lengkap bila belum mencicipi sate lilit, ayam taliwang, nasi jinggo, hingga bebek betutu.

7. Ikuti Adat Istiadat Setempat

Pernah mendengar peribahasa “di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung“? Nah, kamu bisa menerapkan prinsip ini saat berlibur ke Bali. Di samping keindahan dan pesona alamnya, Bali terkenal sebagai tempat dengan spiritualitas yang tinggi.

Saat mengunjungi pura suci, gunakanlah pakaian yang sopan dan tertutup. Kemudian, tetaplah bersikap santun dan hargai budaya setempat.

Nah, itu dia tips jitu berlibur ke Bali untuk para pemula. Sebelum berangkat, siapkan perlengkapan liburan, seperti rekomendasi kami  berikut ini.

koper hitam 28 inci
Luggo 28 Inci Colt Koper 4 Roda – Hitam
Koper 28 inci 4 roda dengan kapasitas besar untuk menampung banyak pakaian.

Beli di sini

ransel travel liburan ke bali
Supercase Tas Ransel Macaroon – Biru
Ransel mempunyai kapasistas luas untuk memudahkan menyimpan barang.

Beli di sini

bantal leher
Passport Bantal Leher Memory Foam – Hijau/abu-abu
Bantal ini menyesuaikan kontur leher dan bahu sehingga nyaman saat kamu pakai.

Beli di sini

pouch untul liburan ke bali
Passport Pouch Travel Set 6 Pcs – Biru
Pouch travel dengan berbagai ukuran berbeda untuk menyesuaikan kebutuhan.

Beli di sini

Semua perlengkapan liburan di atas bisa kamu dapatkan dengan mudah hanya melalui ruparupa.com.

Dapatkan berbagai perlengkapan traveling hemat hingga 70% di sini

Situs belanja online satu ini juga menyediakan berbagai peralatan dan perlengkapan home living berkualitas dari merek-merek terkenal milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi.

Selamat liburan ke Bali dan tetap jaga protokol kesehatan yang berlaku, ya.