Jika Anda sedang menunggu kehadiran buah hati, Anda pasti sedang membuat daftar perlengkapan bayi, dan termasuk di antaranya perlengkapan untuk berkendara bersama si kecil. Tinggal di kota besar menuntut kita untuk lebih nyaman bepergian menggunakan mobil. Sebagai calon orang tua, prioritas utama kita adalah menyiapkan tempat bayi di mobil yang aman dan nyaman.

Ingatlah tiga prinsip dalam menjaga keamanan dan kenyamanan anak di dalam mobil, yaitu: Safe, Organized & Care.

1. Safe (Aman)jual car seat

Keamanan dalam berkendara merupakan prioritas utama, terlebih jika Anda berkendara bersama si kecil. Perlengkapan utama yang harus disiapkan adalah car seat. Untuk itu pastikan mobil Anda telah dipersiapkan dengan perlengkapan untuk menjaga keamanan anak di dalam mobil. Barang terpenting adalah car seat. Meski di Indonesia kegunaan car seat belum menjadi prioritas dan belum diatur oleh regulasi pemerintah, namun car seat sangatlah diperlukan demi keamanan dan keselamatan si kecil.

Pilihlah car seat sesuai kategori yang dibuat berdasarkan umur dan berat badan. Pastikan bahwa car seat memiliki bantalan yang tebal, penopang kepala, dan fitur “five-point harness” pada sabuk pengaman. Bagi bayi usia 0-9 bulan, dudukan harus menghadap belakang. Setelah sang buah hati cukup umur dan berat badannya, baru aman bagi mereka untuk menghadap depan dan menikmati pemandangan dari jendela.

Perlengkapan pengaman berikutnya adalah safety mirror dan sun shade. Safety mirror sangat berguna agar bisa melihat bayi yang masih duduk menghadap belakang. Sedangkan sun shade atau kerai berguna sebagai penghalang sinar matahari, agar anak Anda nyaman saat duduk atau tidur di dalam mobil dan terhindar dari panasnya sinar matahari.

2. Organized (Tertata Rapi)M026000046_2

Setiap orang tua tahu sulitnya menjaga kerapihan interior mobil saat harus berkendara dengan anak. Gunakan kantong jok yang dapat digunakan untuk menaruh dan menyusun barang, serta letakkan barang yang paling sering diperlukan di dalamnya, sehingga akan memudahkan Anda untuk mencarinya.
Untuk mainan dan berbagai perlengkapan bayi lucu, gunakan kompartmen untuk menyimpannya agar tidak berceceran di mobil. Jangan lupa untuk menjauhkan benda berbahaya dan tidak boleh dimainkan oleh anak seperti kotak P3K, pengharum mobil, tempat sampah, peralatan darurat mobil, dan lainnya.

3. Care (Cara Perawatan)vacuum cleaner mobil

Kadang malas rasanya untuk merawat dan membersihkan bagian dalam kendaraan. Tapi, ingatlah bahwa kendaraan adalah area yang Anda sering tempati selain rumah/kantor, jadi tentu harus sering dibersihkan dan dirawat.

Pertama, pastikan Anda menggunakan alas untuk melindungi jok Anda dari goresan yang dapat ditimbulkan oleh car seat. Kedua, sedot kotoran dan debu di dalam interior mobil sesering mungkin menggunakan vacuum. Usahakan dilakukan setiap hari atau sesering Anda bepergian, terlebih jika anak Anda sering makan di dalam mobil. Ketiga, sempatkan untuk mencuci jok mobil agar kebersihan interior mobil terjaga. Dan terakhir, jangan lupa untuk selalu gunakan pengharum mobil dan semprotkan pembersih udara.

Jadi, sudah menambah daftar perlengkapan bayi Anda dengan perlengkapan yang dapat membuatnya aman dan nyaman di mobil? Dapatkan juga beragam perlengkapan anak bayi yang lucu.

Selamat berkendara!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here