10 Ide Menu Takjil dan Buka Puasa Praktis yang Nikmat

0
21084
tips buka puasa
Konsumsi camilan atau makanan ringan dulu saat berbuka puasa

Memasuki bulan puasa, tentu tidak lengkap tanpa adanya hidangan takjil dan berbuka yang lezat. Apalagi, kamu bisa menemukan berbagai penjual makanan kaki lima di bulan puasa, mulai dari camilan hingga menu yang berat. 

Namun, kamu pasti tidak bisa terus-menerus membelinya, bukan? Soalnya, banyak kebutuhan yang perlu dibeli di bulan puasa, sehingga kamu juga harus berhemat, termasuk dalam hal makanan.

Ruparupa Banner

Nah, salah satu solusi agar kamu tetap dapat menikmati menu favorit adalah dengan memasaknya sendiri. Jadinya, kamu bisa mendapatkan menu makanan irit dan sesuai selera.

Rekomendasi Menu Takjil dan Buka Puasa 

Indonesia memang terkenal akan sajian kulinernya yang melimpah. Tentunya, kamu bisa membuat menu takjil dan buka puasa yang sangat beragam.

Nah, ini dia beberapa rekomendasi menu takjil dan buka puasa seminggu yang bisa kamu buat selama bulan puasa.

1. Kolak Pisang

kolak pisang
Sumber: Halojabar

Siapa yang tidak pernah mencicipi kolak pisang saat bulan puasa? Menu takjil sejuta umat ini mempunyai rasa manis yang khas dari perpaduan pisang dan kuah santannya, lho. Tidak heran, kolak pisang selalu berhasil menggoyang lidah. 

Tenang saja, resep kolak pisang tidak sulit buat kamu buat, kok. Pastikan kamu memakai alat masak terbaik, seperti panci dan spatula berikut ini.

panci
Selma 24 Cm Paris Panci Casserole – Abu-abu Tua

Beli di sini

spatula
Krischef Spatula Turner Nilon

Beli di sini

2. Es Buah

es buah
Sumber: Fimela

Setelah menahan haus dan lapar seharian, es buah menjadi pilihan takjil yang tepat untuk menyegarkan dahaga. Biasanya, es buah berisi semangka, melon, buah naga, serta sirup manis. 

Nah, agar lebih mudah dalam membuat es buah, kamu dapat menggunakan alat makan, seperti gelas dan mangkuk berukuran besar berikut ini.

gelaas untuk menu takjil
Krischef 312 Ml Set 6 Pcs Tumbler Gelas

Beli di sini

mangkuk saji
Guzzini Aqua Mangkuk Saji 24 Cm

Beli di sini

3. Es Cincau Hijau

menu takjil dan buka puasa
Sumber: PT Natural Indococonut Organik

Kurangnya cairan saat puasa bisa menyebabkan terjadinya panas dalam, lho. Jika terus dibiarkan, hal ini tentunya akan mengganggu, bukan? Oleh karena itu, kamu bisa membuat es cincau hijau saat berbuka untuk meredakan panas dalam dan menyegarkan dahaga.

Baca Juga:   9 Hal yang Membatalkan Puasa Ini Harus Kamu Hindari

4. Es Kelapa Muda

menu takjil dan buka puasa
Sumber: Halodoc

Menu takjil praktis yang tidak kalah menyegarkan adalah es kelapa muda. Selain nikmat, es kelapa muda juga baik untuk tubuh karena bisa menjaga kesehatan pencernaan, mengatur tekanan darah, dan menjaga kolesterol. 

Untuk membuat es kelapa muda, kamu hanya memerlukan buah kelapa sebagai bahan utama dan komponen tambahan lainnya, seperti es batu dan lemon. Siapkan juga gelas dan pitcher yang cantik, ya.

Appetite 1.35 Ltr Set 7 Pcs Amber Teko & Gelas
Appetite 1.35 Ltr Set 7 Pcs Amber Teko & Gelas

Beli di sini

5. Gorengan

menu takjil dan buka puasa
Sumber: Good News From Indonesia

Gorengan adalah menu buka puasa wajib di Indonesia. Rasa renyah dan gurih dari gorengan, ditemani teh manis, akan terasa semakin nikmat.  

Untuk membuat gorengan, tidak melulu harus pakai minyak, kok. Kamu juga bisa menggunakan air fryer berikut ini agar lebih hemat, sehat, dan bisa masak tanpa minyak, lho.

air fryer hitam
Kels 4.3 Ltr Belva Air Fryer – Hitam

Beli di sini

air fryer untuk menu takjil
Kels Belva Air Fryer 2.7 Ltr – Putih

Beli di sini

 

6. Roti Bakar

menu takjil dan buka puasa
Sumber: Fimela

Tidak hanya untuk sahur dan menu sarapan, kamu juga dapat membuat roti bakar sebagai hidangan takjil di bulan puasa.

Gunakan alat pemanggang roti agar lebih mudah saat membuatnya. Atau, kamu juga bisa memakai frying pan untuk memanggang roti. Setelahnya, tambahkan topping, seperti coklat, keju, dan kacang supaya rasanya semakin nikmat.

Lengkapi juga dengan secangkir kopi agar terasa semakin lezat, ya. Nah, kami punya rekomendasi perlengkapan memanggang roti yang bisa kamu miliki di bawah ini.

toaster menu takjil
Kris Toaster Sandwich 2 Slice – Putih

Beli di sini

frying pan
Krischef 26 Cm Wajan Penggorengan Curling

Beli di sini

7. Menu Olahan Ayam dan Daging

menu takjil dan buka puasa rendang
Sumber: Fimela

Berbuka puasa rasanya tidak lengkap tanpa menu olahan daging yang dapat memberikan asupan energi, seperti rendang, gulai, dan lainnya. 

Tentu, mengolah daging tidak bisa sembarangan. Kamu perlu menggunakan peralatan masak berkualitas agar menghasilkan rasa makanan yang lezat.

Baca Juga:   4 Resep Roti Panggang yang Sehat dan Lezat

Berikut ini rekomendasi wajan untuk membuat resep olahan daging favorit.

Sitram 22 Cm Wajan Penggorengan - Hitam
Sitram 22 Cm Wajan Penggorengan – Hitam

Beli di sini

8. Sayur Sop

menu takjil dan buka puasa sup ayam
Sumber: masakapahariini.com

Kalau kamu suka menu berkuah yang dapat menghangatkan perut, maka bisa membuat sayur sop sebagai menu buka puasa. Selain mudah dan praktis, menu satu ini juga sehat karena kandungan serat dan vitamin yang tinggi dari sayuran.

Sayur sop juga bisa menjadi menu buka puasa yang pas untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian kamu, setelah seharian menahan haus dan lapar.

9. Menu Pasta

pasta
Sumber: Pexels/Engin Akyurt

Menu buka puasa praktis yang tidak kalah dari hidangan lainnya adalah pasta, terutama bila kamu tidak memiliki banyak waktu untuk masak.

Setelah pasta jadi, kamu dapat menambahkan berbagai topping di atasnya. Kemudian, gunakanlah panci berukuran besar agar pasta yang kamu buat tidak patah, ya.

panci besar
Selma 30 Cm Paris Panci Casserole – Abu-abu Tua

Beli di sini

panci menu buka puasa
Selma Set 3 Pcs Emma Panci Dengan Tutup – Cokelat

Beli di sini

10. Kue Kering

Terakhir, kamu bisa menyediakan kue kering, seperti nastar dan lidah kucing sebagai camilan di saat buka puasa dan sahur. Apalagi, ketika kamu berencana buka puasa di rumah.  

Agar hasil kue kering lebih lezat, pilihlah bahan dan peralatan memanggang yang baik dan berkualitas. Setelah itu, masukkan kue di dalam stoples yang cantik, ya.

Krishome Set 3 Pcs Stoples Pearl
Krishome Set 3 Pcs Stoples Pearl

Beli di sini

Itu dia beberapa rekomendasi menu takjil dan buka puasa yang bisa kamu buat di rumah. Agar kegiatan masak jadi lebih mudah, kamu bisa menggunakan peralatan masak dari ruparupa, ya!

Situs belanja online ini juga menyediakan berbagai perlengkapan rumah tangga yang berasal dari merek-merek ternama milik Kawan Lama Group, yaitu INFORMA, ACE, SELMA, Toys Kingdom, Pendopo, dan masih banyak lagi.

Temukan juga berbagai artikel menarik lainnya dari ruparupa hanya di Google News atau klik di sini.