10 Ide Menu Takjil dan Buka Puasa Praktis yang Nikmat

0
3004
menu takjil dan buka puasa
Sumber: Unsplash.com

Memasuki bulan puasa, tentu tidak lengkap tanpa adanya hidangan takjil dan berbuka yang mampu membuat kita ngiler.

Banyaknya penjual makanan, mulai dari camilan hingga menu yang berat, mungkin bisa menjadi solusi sementara untuk kamu yang ingin menikmati sajian nikmat.

Ruparupa Banner

Namun, kamu pasti tidak bisa terus-menerus membelinya, bukan? Soalnya, banyak kebutuhan yang perlu kita beli di bulan puasa sehingga kamu juga harus berhemat, termasuk dalam hal makanan.

Nah, salah satu solusi agar kamu tetap dapat menikmati menu favorit adalah dengan memasaknya sendiri. Jadinya, kamu bisa mendapatkan menu makanan irit dan sesuai selera.

Daftar Rekomendasi Menu Takjil dan Buka Puasa 

Indonesia memang terkenal akan sajian kulinernya yang melimpah. Tentunya, kamu bisa membuat menu takjil dan buka puasa yang sangat beragam.

Kali ini, kami punya rekomendasi jenis menu makanan takjil dan buka puasa yang wajib kamu buat selama bulan puasa, lho. Tenang saja, hidangan satu ini cukup praktis dan mudah dibuat sendiri. Apa saja itu? Simak berikut ini.

1. Kolak Pisang

Siapa yang tidak pernah mencicipi kolak pisang saat bulan puasa? Menu takjil sejuta umat ini mempunyai rasa manis yang khas dari perpaduan pisang dan kuah santannya, lho. Tidak heran, kolak pisang selalu berhasil menggoyang lidah kita semua. 

Kamu juga bisa membuat kolak pisang yang tidak kalah dari restoran di rumah dengan mengikuti resep lengkapnya di sini.

Pastikan kamu memakai alat masak terbaik, seperti manguk saji, panci, dan spatula berikut ini.

panci
Selma 24 Cm Paris Panci Casserole – Abu-abu Tua
Permudah kegiatan masak kamu dengan panci ringan dan tahan lama berikut ini.

Beli di sini

spatula
Krischef Spatula Turner Nilon
Spatula yang terbuat dari bahan food grade dan tahan lama untuk melengkapi dapur.

Beli di sini

2. Es Buah

Setelah menahan haus dan lapar seharian, es buah menjadi pilihan takjil yang tepat untuk menyegarkan dahaga. Biasanya, es buah berisi semangka, melon, buah naga, serta sirup manis. Untuk hasil es buah yang lebih sedap, kamu bisa mengikuti resepnya di sini.

Baca Juga:   5 Persiapan Nonton Film di Rumah Agar Lebih Seru

Nah, agar lebih mudah dalam mengkreasikan es buah kamu, kamu dapat menggunakan alat makan, seperti gelas dan mangkuk berukuran besar berikut ini.

gelaas untuk menu takjil
Krischef 312 Ml Set 6 Pcs Tumbler Gelas
Minum es buah jauh lebih nikmat dengan gelas kaca berikut ini.

Beli di sini

mangkuk saji
Guzzini Aqua Mangkuk Saji 24 Cm
Mangkuk yang elegan dengan kapasitas 2,5 liter untuk menyajikan es buah favorit.

Beli di sini

3. Es Cincau Hijau

Kurangnya cairan saat puasa bisa menyebabkan terjadinya panas dalam, lho. Jika terus dibiarkan, hal ini tentunya akan mengganggu, bukan? Oleh karena itu, kamu bisa membuat es cincau hijau saat berbuka untuk meredakan panas dalam dan menyegarkan dahaga.

4. Es Kelapa Muda

Menu takjil praktis  berikutnya yang tidak kalah menyegarkan adalah es kelapa muda. Tidak hanya nikmat, es kelapa muda juga baik untuk tubuh, seperti menjaga kesehatan pencernaan, mengatur tekanan darah, dan menjaga kolesterol. 

Untuk membuat es kelapa muda juga cukup mudah dan cepat. Kamu hanya memerlukan buah kelapa sebagai bahan utama dan komponen tambahan lainnya, seperti es batu dan lemon. Siapkan juga gelas dan pitcher yang cantik, ya.

pitcher dan gelas untuk menu takjil
Appetite 1.35 Ltr Set 7 Pcs Teko Minum & Gelas
Set teko dan gelas dari bahan food grade dan aman untuk microwave atau dishwasher.

Beli di sini

5. Gorengan

Gorengan adalah menu buka puasa wajib di Indonesia. Rasa renyah dan gurih dari gorengan, ditemani teh manis, akan terasa semakin nikmat.  

Untuk membuat gorengan, tidak melulu harus pakai minyak. Kamu juga bisa menggunakan air fryer berikut ini agar lebih hemat, sehat, dan bisa masak tanpa minyak, lho.

air fryer hitam
Kels 4.3 Ltr Belva Air Fryer – Hitam
Membuat gorengan lebih mudah dan sehat dengan air fryer berikut ini.

Beli di sini

air fryer untuk menu takjil
Kels Belva Air Fryer 2.7 Ltr – Putih
Air fryer ini buat masakan favorit lebih renyah dan kaya rasa.

Beli di sini

6. Roti Bakar

Tidak hanya untuk sahur dan menu sarapan, kamu juga dapat membuat roti bakar sebagai hidangan takjil di bulan puasa.

Gunakan alat pemanggang roti agar lebih mudah saat membuatnya. Atau, kamu juga bisa memakai frying pan untuk memanggang roti. Setelahnya, tambahkan topping, seperti coklat, keju, dan kacang supaya rasanya semakin nikmat.

Lengkapi juga dengan secangkir kopi agar terasa semakin lezat. Nah, kami juga memiliki sejumlah rekomendasi perlengkapan memanggang roti yang bisa kamu miliki, lho.

toaster menu takjil
Kris Toaster Sandwich 2 Slice – Putih
Buat roti bakar lebih praktis dengan toaster antilengket berikut ini.

Beli di sini

frying pan
Krischef 26 Cm Wajan Penggorengan Curling – Hitam
Wajan ini mudah dibersihkan dan antilengket cocok untuk digunakan saat puasa.

Beli di sini

7. Menu Olahan Ayam dan Daging

Berbuka puasa rasanya tidak lengkap tanpa menu olahan daging yang dapat memberikan asupan energi, seperti rendang, gulai, dan lainnya. 

Baca Juga:   Resep Rendang Daging Sapi Mudah dan Gurih

Tentu, mengolah daging tidak bisa sembarangan. Kamu perlu menggunakan peralatan masak berkualitas agar menghasilkan rasa makanan yang lezat. Berikut ini adalah rekomendasi set panci dan wajan, yang dapat membantu kamu membuat resep olahan daging favorit.

set panci dan wajan
Kris Set 2 Pcs Panci Saucepan & Wajan – Abu-abu
Lengkapi alat masak di bulan puasa dengan set panci dan wajan antilengket berikut ini.

Beli di sini

8. Sayur Sop

Kalau kamu suka menu berkuah yang dapat menghangatkan perut, kamu juga bisa membuat sayur sop sebagai menu buka puasa. Selain mudah dan praktis, menu satu ini juga sehat karena kandungan serat dan vitamin yang tinggi dari sayuran.

Sayur sop juga bisa menjadi meu buka puasa yang pas untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian kamu, setelah seharian menahan haus dan lapar.

9. Menu Pasta

Menu buka puasa praktis yang tidak kalah dari hidangan lainnya adalah pasta, terutama bila kamu tidak memiliki banyak waktu untuk masak.

Setelah pasta jadi, kamu dapat menambahkan berbagai topping yang kamu sukai di atasnya. Kemudian, gunaknlah panci berukuran besar agar pasta yang kamu buat tidak patah, ya.

panci besar
Selma 30 Cm Paris Panci Casserole – Warna Abu-abu Tua
Panci ini dilengkapi tutup transparan agar kamu dapat melihat hasil masakan.

Beli di sini

panci menu buka puasa
Selma Set 3 Pcs Emma Panci Casserole Dengan Tutup – Cokelat
Masak menu buka puasa lebih mudah dengan panci anitlengket dan tahan suhu tinggi berikut ini.

Beli di sini

10. Kue Kering

Terakhir, bisa menyediakan kue kering, seperti nastar, lidah kucing, dan cookies, sebagai camilan di saat buka puasa dan sahur. Apalagi, ketika kamu berencana buka puasa di rumah.  

Agar hasil kue kering lebih lezat, pilihlah bahan dan peralatan memanggang yang baik dan berkualitas. Setelah itu, masukkan kue ke dalam stoples yang cantik ya, Ruppers.

menu takjil kue kering
Krishome Set 3 Pcs Stoples Pearl
Sajikan kue kering favorit lebih canik dengan stoples kaca yang memiliki motif peral berikut ini.

Beli di sini

Itu dia beberapa rekomendasi menu takjil dan buka puasa yang wajib kamu buat di rumah. Agar kegiatan masak jadi lebih mudah, pastikan kamu menggunakan peralatan masak dari ruparupa.com, ya!

Situs belanja online ini juga menyediakan berbagai perlengkapan rumah tangga untuk mempercantik hunian di bulan puasa, yang tentunya berasal dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti Informa, ACE, Selma, dan masih banyak lagi.

Selamat menunaikan ibadah puasa, Ruppers!