8 Barang yang Wajib Dibawa Saat Mudik Dengan Mobil

0
1716
mudik dengan mobil bersama keluarg
Sumber: pexels.com

Mudik adalah salah satu kegiatan yang pulang kampung untuk melepaskan rindu sekaligus merayakan hari lebaran bersama keluarga. Banyak orang yang melakukan mudik dengan mobil atau transportasi umum, seperti pesawat, mobil, bus, hingga kapal laut.

Namun, persiapan wajib untuk mudik lebaran tidak hanya soal fisik dan koper, lho. Bila sebelumnya kita merinci barang apa saja yang perlu dibawa saat mudik dengan bus, kali ini, kita akan bahas satu per satu persiapan mudik dengan mobil.

Ruparupa Banner

Selain memastikan mobil sudah aman dari segi mesin, ban, serta fitur keamanannya berfungsi dengan baik, ada juga barang-barang yang perlu dibawa untuk mengantisipasi berbagai hal selama perjalanan mudik.

mudik dengan mobil
Sumber: unsplash.com

Apa Saja Perlengkapan Mudik Dengan Mobil?

Nah, menjawab pertanyaan ini, kali ini kami sudah membuat daftar barang bawaan yang perlu kamu siapkan bila ingin mudik dengan memakai mobil. Apa saja itu?

1. Pakaian Ganti

Jika perjalanan mudik memakan waktu cukup lama, pastikan kamu menyiapkan baju ganti yang mudah diambil sehingga tidak perlu membongkar koper. 

Kamu dapat menyiapkan tas travel berukuran kecil dan mudah dibawa ke mana saja. Jadi, saat berencana menginap di suatu wilayah sebelum tiba ke tujuan, kamu hanya perlu menurunkan tas travel kecil tersebut

Selain itu, jika merasa gerah selama perjalanan, kamu bisa mampir ke rest area untuk mandi dan mengganti pakaian. Kamu hanya perlu membawa tas travel kecil berisi pakaian ganti dan perlengkapan mandi lainnya.

2. Obat-obatan dan Kotak P3K

Pastikan juga untuk menyediakan obat-obatan, seperti obat sakit kepala, obat maag, obat mual, hingga obat masuk angin. Selain itu, kamu juga perlu membawa kotak P3K yang lengkap dengan perban, cairan disinfektan, hingga plester.

Apalagi, selama menempuh perjalanan jauh, kita tidak tahu apa yang akan terjadi. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga, bukan? 

Baca Juga:   3 Ide Sistem Pengamanan Rumah yang Cantik Namun Canggih
mudik dengan mobil istirahat
Sumber: unsplash.com

3. Minuman dan Makanan

Jika perjalanan kamu akan memakan waktu sampai buka puasa, pastikan kamu tetap menyiapkan minuman dan makanan di mobil, ya. 

Biasanya, saat mudik, kondisi jalanan bisa saja macet dan membuat kamu tidak dapat tiba sesuai dengan waktu yang diharapkan. Jadi,  kamu tetap bisa buka puasa bersama keluarga, walaupun dari mobil saja. 

Namun, pastikan untuk tidak menyiapkan makanan yang terlalu pedas dan berat karena bisa membuat kamu sakit perut dan sibuk mencari WC terdekat. 

Bila ingin membawa minuman dingin dan panas, kamu bisa menggunakan tempat makanan di mobil atau mobicool box berikut ini. 

Mobicool Box Pendingin Dan Penghangat Portabel 8 L
Mobicool Box Pendingin Dan Penghangat Portabel 8 L

Beli di sini

Mobicool Box Pendingin Dan Penghangat Portabel 7 Ltr
Mobicool Box Pendingin Dan Penghangat Portabel 7 Ltr

Beli di sini

4. Ban Mobil Cadangan dan Dongkrak

Selama melakukan perjalanan jauh untuk mudik, kita mungkin akan melewati jalanan yang asing sehingga sulit untuk mengetahui kondisinya. Bisa saja jalan yang kamu lewati itu berlubang, ada paku, atau terlalu licin.

Untuk mengantisipasinya, pertama-tama kamu perlu memastikan kondisi ban layak pakai sebelum berangkat. Kemudian, siapkan ban cadangan di mobil dan dongkrak. Hal ini bertujuan agar kamu dapat mengganti ban sendiri, kalau tiba-tiba terjadi sesuatu. 

Selain itu, pastikan kamu sudah mempelajari cara mengganti ban dengan benar ya, Ruppers!

5. Toolkit Mobil

Tidak hanya ban cadangan dan dongkrak, tetapi kamu juga memerlukan toolkit saat mudik. Toolkit adalah alat reparasi mobil standar dari pabrik yang terdiri dari kunci pas, kunci roda, tang, obeng, dongkrak, pompa ban, dan lain-lain.

Namun, alat-alat tersebut hanya boleh kamu gunakan untuk perbaikan ringan ya, Ruppers. Jika masalah pada mobil kamu cukup sulit, lebih baik hubungi mekanik pada posko mudik terdekat. 

Ini dia salah satu rekomendasi toolkit mobil yang dapat kamu beli.

Krisbow Set 28 Pcs Perkakas Mekanik Dengan Kotak mudik dengan mobil
Krisbow Set 28 Pcs Perkakas Mekanik Dengan Kotak

Beli di sini

6. Kartu Tol

Saat mudik antar kota, kamu pasti akan melewati jalan tol agar perjalanan lebih cepat. Namun, tahukah kamu salah satu penyebab kemacetan saat mudik adalah pengemudi yang lupa membawa kartu tol atau tidak memiliki saldo?

Baca Juga:   5 Cara Belanja Kebutuhan Lebaran Pakai Uang THR

Oleh karena itu, pastikan kamu membawa kartu tol yang memiliki saldo cukup, ya. Dengan begitu, perjalanan juga akan jadi lebih lancar.

macet mudik dengan mobil
Sumber: unsplash.com

7. Bantal Leher

Sering merasa pegal pada leher saat perjalanan jauh? Apalagi, kalau kamu harus menyetir selama berjam-jam. Pasti leher akan terasa seperti mau patah, bukan?

Nah, untuk mengatasinya, kamu bisa membawa bantal leher dan menggunakannya selama perjalanan sehingga bisa lebih rileks. Penumpang di mobil yang ingin tidur juga dapat menggunakan bantal leher agar lebih nyaman. 

Tidak hanya bantal leher, kamu juga bisa membawa alat pijat leher portable yang dapat digunakan kapan dan di mana saja. Berikut rekomendasi bantal leher dan alat pijat yang dapat kamu beli.

Transtek Bantal Leher - Abu-abu mudik dengan mobil
Transtek Bantal Leher – Abu-abu

Beli di sini

Alat Pijat Leher Portable - Putih
Alat Pijat Leher Portable – Putih

Beli di sini

8. Kantong Plastik

Bagi orang yang tidak terbiasa melakukan perjalanan jauh, pasti bisa saja merasa pusing, mual, dan ingin muntah selama perjalanan. Oleh karena itu, kamu perlu menyediakan kantong plastik sehingga jika mereka muntah tidak akan mengotori mobil.

Jika mudik membawa bayi, kamu akan sangat memerlukan kantong plastik untuk membuang sisa popoknya atau camilan yang ia makan.

Namun, pastikan untuk menggunakan plastik dengan sistem penguncian yang baik agar bau tidak terlalu menyengat ya, Ruppers. 

Nah, itu dia 8 barang yang perlu kamu bawa saat mudik dengan mobil pribadi. Pastikan untuk menyiapkan semuanya agar kamu dan keluarga bisa sampai ke tujuan dengan selamat ya, Ruppers!

Selain rekomendasi perlengkapan mudik di atas, kamu juga bisa menemukan berbagai peralatan otomotif dan travelling hanya di Ruparupa.com, seperti berikut ini.

Reisenthel Koper Special Edition Stamps
Reisenthel Koper Special Edition Stamps

Beli di sini

Astonish Pembersih Kaca Mobil 750 Ml
Astonish Pembersih Kaca Mobil 750 Ml

Beli di sini

Kalau baru dapat THR, ada penawaran terbaik nih untuk kamu sehingga belanja kebutuhan lebaran jadi lebih hemat dengan klik di sini

Yuk, pastikan perjalanan mudik kamu siap dan aman sampai tujuan.