Meski Mirip, Ini Bedanya Kari dan Gulai

0
3932
Sumber: Unsplash.com

Kamu pecinta kari dan gulai? Bila ya, tahukah kamu kalau sebenarnya kari dan gulai merupakan dua menu makanan yang berbeda, lho.

Memang, kalau diperhatikan baik-baik, kedua makanan ini punya bentuk yang mirip dan cita rasa gurih yang hampir serupa. Namun, kalau melihat dari sejarahnya, kedua makanan ini ternyata tidak sama.

Ruparupa Banner

Kari adalah jenis makanan hidangan berkuah dengan ciri khas rasa rempah-rempah gurih yang berasal dari Asia Selatan, tepatnya dari India. Sedangkan gulai adalah makanan khas Indonesia dengan rasah gurih dan berwarna kuning karena terbuat dari kunyit.

Biasanya, gulai bisa dibuat dari berbagai bahan makanan, baik daging olahan, seperti kambing dan sapi, serta sayuran, seperti nangka dan daun singkong.

Rasa gulai pun lebih terasa gurih karena santannya ketimbang rasa kari, yang kebanyakan menggunakan ayam dalam penyajiannya.

Apa Beda Kari dan Gulai?

Selain berbeda asalnya, ternyata ada beberapa hal lain yang membuat makanan kari dan gulai tidak sama. Penasaran apa saja itu? Simak perbedaan kari dan gulai berikut ini.

Kari

Sejarah kari sendiri diperkirakan muncul di wilayah Pakistan dan semakin berkembang melalui berbagai cara, salah satunya dengan perdagangan.

Asal usul kata kari sendiri berasal dari bahasa Dravida, yang berarti sayuran dalam saus. Sementara itu, dalam bahasa Kannada, kari memiliki arti hidangan gorengan.

Sedangkan sebagian besar bahasa di India Selatan menerjemahkan kari sebagai masakan yang terdiri dari berbagai sayuran dan daging.

Baca Juga:   15 Ide Parcel Lebaran Sederhana dan Terjangkau

Di negara Barat sendiri, curry akhirnya diakuisisi menjadi kari dalam bahasa Indonesia, yang berarti segala jenis masakan yang dimasak dengan rempah-rempah.

Lalu, apakah itu menu makanan kari? Secara singkat, kari adalah aneka rempah-rempah yang dimasak bersamaan dan menciptakan rasa yang khas dan tajam.

Menu kari termasuk makanan yang sudah mendunia. Tidak hanya berasa dari India, ternyata jenis kari cukup beraneka ragam, mulai dari kari Jepang, kari India, kari Pakistan, hingga kari Thailand.

Tentunya, setiap negara memiliki ciri khas rasa karinya sendiri-sendiri, yang telah diadopsi sesuai dengan lidah masyarakat setempat.

Umumnya, kari India terkenal dengan bahan rempahnya yang lebih wangi dan punya aroma tajam. Berbeda dengan India, makanan kari Jepang justru identik dengan kari yang manis dan agak kental.

Sumber: Unsplash.com

Nah, di Indonesia sendiri, bahan utama pembuatan kari biasanya dari daging ayam dan kambing.

Bumbu yang palingsering digunakan untuk memasak kari di Indonesia adalah kapulaga, cengkeh, ketumbar, kunyit, kemiri, jahe, santan, dan masih banyak lagi. Inilah yang membuat warna kari Indonesia identik dengan warna kuning dan oranye.

Menu makanan kari di Indonesia biasanya dihidangkan sebagai pendamping nasi putih. Rasanya pun lebih gurih dan sedikit pedas, terutama bila ditambahkan dengan potongan cabe merah yang menggiurkan.

Gulai

Gulai adalah salah satu makanan khas Indonesia,tepatnya dari Minangkabau, Sumatera.. Namun, tahukah kamu, ternyata gulai Indonesia juga mendapat pengaruh dari negara India Selatan, loh.

Nah, salah satu ciri khas dari gulai adalah cita rasa yang tajam, gurih, dan lebih pedas. Biasanya, gulai dominan dengan warna kuah yang agak merah, orange dan kuning.

Baca Juga:   Ini Jadwal Puasa 2022 dan Hal yang Harus Dipersiapkan

Soalnya, gulai menggunakan bumbu-bumbu, seperti kemiri, kunyit, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, ketumbar, dan masih banyak lagi.

Sumber: Pixabay.com

Makanan khas Sumatera ini juga memiliki beberapa kreasi yang cukup populer di Indonesia. Mulai dari gulai ayam, gulai kepala ikan, gulai sapi, gulai kambing gulai hati, gulai babat, dan masih banyak lagi.

Namun, yang paling sering dihidangkan di Indonesia adalah gulai sapi, gulai kambing, dan gulai ayam.

Menu makanan ini sering dimasak saat Idul Fitri dan Idul Adha. Selain pakai nasi hangat, kamu bisa menikmatinya dengan ketupat, lho.

Itu dia perbedaan gulai dan kari, yang memang sudah seperti anak kembar identik. Jadi, kamu sendiri paling suka yang mana nih?

Peralatan Masak Buat Bikin Kari Dan Gulai

Meski punya rasa yang berbeda, tetapi kedua menu makanan ini bisa kamu masak sendiri di rumah, lho. Selain perlu membaca resep kari dan resep gulai, siapkan juga beberapa peralatan masak agar rasa yang dihasilkan semakin nikmat.

Nah, kamu bisa mendapatkan beragam jenis alat masak di Ruparupa.com, mulai dari panci, penggorengan, spatula, dan lain-lainya.

Tenang saja, kami juga sudah memiliki beberapa rekomendasi alat masak yang bisa kamu gunakan untuk membuat kedua masakan ini di rumah.

Panci dengan tutup kaca yan aman ini siap menemani kami memasak hidangan lezat.

Beli di sini

Panci aluminium dengan tutup kaca ini bisa jadi pilihan yang tepat untuk memasak.

Beli di sini

 

Spatula berbahan dasar kayu yang sudah dihaluskan ini bisa membantu kamu mengoreng atau mengaduk tanpa membuat panci lecet.

Beli di sini

Spatula dengan bahan aluminum berkualitas ini sudah dilengkapi gangang yang nayaman.

Beli di sini

 

Saringan dapur berbahan nylon ini akan membuat memasak menjadi lebih mudah.

Beli di sini

Sendok penyaringan stainless steel ini akan memudahkan kamu dalam memasak.

Beli di sini