5 Cara Mencegah Kolesterol Naik Saat Lebaran

0
948
cara mencegah kolesterol
Sumber: Unsplash.com

Hari raya lebaran selalu identik dengan makanan-makanan lezat, seperti rendang, opor ayam, dan gulai kambing. Memang, setelah menahan godaan selama sebulan penuh, wajar saja kita ingin merayakannya dengan menyantap hidangan tersebut.

Sayangnya, kita seringkali mengabaikan fakta bahwa menu makanan ini dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Padahal, ketika kadar kolesterol jahat dalam tubuh naik, bisa menyebabkan otot tegang, nyeri dada, hingga serangan jantung.

Ruparupa Banner

Lantas, bagaimana cara mencegah kolesterol naik saat lebaran? Tenang, berikut ini kami telah merangkum sejumlah tips yang bisa kamu terapkan.

Apa yang Bisa Kita Lakukan Untuk Mencegah Kolesterol Saat Lebaran?

Untuk menjawab pertanyaan ini, ada beberapa hal yang perlu kita lakukan. Simak berikut ini.

1. Atur asupan makanan

Sebenarnya, tidak masalah jika kamu ingin menikmati makanan khas lebaran yang bersantan dan tinggi lemak. Namun, kamu perlu mengontrol jumlahnya agar tidak terlalu berlebihan.

Kamu harus mulai menerapkan pola gizi seimbang. Jadi, dalam piring kamu setidaknya terdapat karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin, dan mineral dengan jumlah yang pas sesuai kebutuhan asupan harian.

cara mencegah kolesterol saat lebaran
Sumber: Unsplash.com

2. Konsumsi makanan yang dapat menurunkan kolesterol

Setelah mengonsumsi makanan tinggi garam dan minyak, kamu juga perlu untuk menyeimbangkannya dengan makanan yang mampu menurunkan kadar kolesterol, sperti berikut ini.

  • Alpukat
Baca Juga:   7 Daftar Makanan Penurun Kolesterol Tinggi yang Ampuh

Mengonsumsi buah alpukat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Dengan begitu, kamu dapat terhindar dari risiko penyakit jantung.

  • Pisang

Selain alpukat, pisang juga menjadi salah satu buah yang mampu menurunkan kolesterol. Soalnya, zat inulin yang dikandung oleh pisang dapat mengurangi kolesterol dari makanan yang kita konsumsi.

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, seperti kacang polong dan kacang tanah, memiliki kandungan fitosterol yang mampu menghambat penyerapan kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini bisa mencegah tumbuhnya plak aterosklerosis sebagai cikal bakal stroke dan serangan jantung.

  • Susu kedelai

Terakhir, ada pula susu kedelai yang dapat kamu konsumsi untuk mengatasi kadar kolesterol jahat. Sebab, susu kedelai mengandung asam amino dan isoflavon, yang berfungsi menurunkan kolesterol dalam darah.

3. Konsumsi makanan tinggi serat dan perbanyak minum air putih

Faktanya, serat larut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Jenis serat ini mampu mengikat lemak dan kolesterol agar tidak terserap ke dalam darah.

Oleh karena itu, kamu perlu mengonsumsi makanan tinggi serat dan menyeimbangkannya dengan banyak minum air putih.

Tidak hanya menurunkan kolesterol, kebiasaan ini juga akan membuat tubuh lebih sehat dan prima di masa mendatang.

air putih mencegah kolesterol naik
Sumber: Unsplash.com

4. Berhenti Merokok dan rutin berolahraga

Merokok juga dapat memicu kolesterol jahat naik di dalam tubuh, lho!. Oleh karena itu, kamu bisa mulai berhenti merokok dan rutin berolahraga dari sekarang.

Baca Juga:   Aneka Parcel Lebaran - Bed & Bath

Selain meningkatkan kadar kolesterol baik, olahraga juga mampu mencegah kelebihan berat badan yang berisiko diabetes dan serangan jantung.

Nah, beberapa olahraga yang membantu untuk menurunkan kolesterol, antara lain jalan kaki, lari, berenang, bersepeda, dan yoga.

5. Gunakan metode masak tanpa minyak

Menggoreng makanan dapat meningkatkan kandungan lemak trans dan kolesterol jahat dalam makanan. Apalagi, jika kamu menggorengnya dengan cara deep fry dalam waktu yang lama.

Untuk itu, kamu bisa mencoba metode memasak yang lebih bervariasi, seperti merebus, mengukus, dan memanggang. Jika suatu waktu kamu rindu akan masakan yang renyah, kamu bisa mencoba masak pakai air fryer alih-alih menggoreng dengan minyak.

Pilihlah air fryer sesuai kebutuhan dengan memperhatikan kapasitas dan daya listriknya, seperti rekomendasi air fryer terbaik berikut ini.

air fryer
Kels Belva Air Fryer 2.7 Ltr – Putih
Air fryer modern berdaya 1400 watt dengan sentuhan LED untuk masakan lebih sehat.

Beli di sini

masak pakai air fryer
Philips 4.1 Ltr Air Fryer Hd9200/90 – Hitam
Air fryer berdaya 1400 watt dilengkapi fitur automatic shutdown dan aman untuk mesin pencuci piring.

Beli di sini

Kels 4.3 Ltr Belva Air Fryer
Kels 4.3 Ltr Belva Air Fryer – Hitam
Air fryer berdaya 1500 watt dilengkapi pengatur suhu hingga 200 derajat dan timer hingga 60 menit.

Beli di sini

air fryer kels
Kels Langston Air Fryer 1200 Watt – Putih
Air fryer berdaya 1200 watt dengan wadah masak anti lengket.

Beli di sini

Tidak hanya air fryer di atas, kamu juga bisa menemukan banyak air fryer terbaik lainnya melalui ruparupa.com.

Situs belanja satu ini menawarkan berbagai peralatan rumah tangga untuk menunjang kehidupan jadi lebih berkualitas. Tentunya, semua perabot ini berasal dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti Informa, ACE, Selma, dan masih banyak lagi.

Yuk, kita mulai gaya hidup sehat!