6 Cara Mencegah Kolesterol Naik Saat Lebaran

0
3239
kolesterol
Sumber: Pexels/ Marcus Aurelius

Lebaran selalu diisi dengan deretan makanan lezat, seperti rendang, opor ayam, dan gulai kambing. Memang, setelah menahan godaan selama sebulan penuh, wajar saja jika  ingin merayakannya dengan menyantap hidangan tersebut.

Sayangnya, menu makanan ini dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Padahal, ketika kadar kolesterol jahat dalam tubuh naik, bisa menyebabkan otot tegang, nyeri dada, hingga serangan jantung.

Ruparupa Banner

Lantas, Bagaimana Cara Mencegah Kolesterol Naik Saat Lebaran?

Tenang, berikut ini kami telah merangkum sejumlah cara mencegah kolesterol naik saat lebaran.

1. Atur asupan makanan

cara mencegah kolesterol saat lebaran
Sumber: Unsplash.com

Sebenarnya, tidak masalah jika kamu ingin menikmati makanan khas lebaran yang bersantan dan tinggi lemak. Namun, kamu perlu mengontrol jumlahnya agar tidak terlalu banyak.

Kamu harus mulai menerapkan pola gizi seimbang. Jadi, dalam piring kamu setidaknya terdapat karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin, dan mineral dengan jumlah yang pas sesuai kebutuhan asupan harian.

2. Konsumsi makanan yang dapat menurunkan kolesterol

cara menurunkan kolesterol
Sumber: Unsplash/ Gil Ndjouwou

Setelah mengonsumsi makanan tinggi garam dan minyak, kamu juga perlu untuk menyeimbangkannya dengan makanan yang mampu menurunkan kadar kolesterol, seperti berikut ini.

  • Alpukat

Mengonsumsi buah alpukat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Dengan begitu, kamu dapat terhindar dari risiko penyakit jantung.

  • Pisang

Selain alpukat, pisang juga menjadi salah satu buah yang mampu menurunkan kolesterol. Soalnya, zat inulin di dalam pisang dapat mengurangi kolesterol dari makanan yang kita konsumsi.

  • Kacang-kacangan
Baca Juga:   9 Rekomendasi Kursi Lipat Terbaik, Minimalis dan Nyaman Saat Digunakan

Kacang polong dan tanah memiliki kandungan fitosterol yang mampu menghambat penyerapan kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini bisa mencegah tumbuhnya plak aterosklerosis sebagai cikal bakal stroke dan serangan jantung.

  • Susu kedelai

Terakhir, ada pula susu kedelai yang dapat kamu konsumsi untuk mengatasi kadar kolesterol jahat. Soalnya, susu kedelai mengandung asam amino dan isoflavon yang berfungsi menurunkan kolesterol dalam darah.

3. Konsumsi makanan tinggi serat dan perbanyak minum air putih

air putih mencegah kolesterol naik
Sumber: Unsplash.com

Faktanya, serat larut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Jenis serat ini mampu mengikat lemak dan kolesterol agar tidak terserap ke dalam darah.

Oleh karena itu, kamu perlu mengonsumsi makanan tinggi serat dan menyeimbangkannya dengan banyak minum air putih.

Tidak hanya menurunkan kolesterol, kebiasaan ini juga akan membuat tubuh lebih sehat dan prima di masa mendatang.

4. Berhenti merokok dan rutin berolahraga

Berwyn Sepeda Statis Ns-654
Lakukan olahraga ringan secara rutin

Merokok juga dapat memicu kolesterol jahat naik di dalam tubuh, lho! Oleh karena itu, kamu bisa mulai berhenti merokok dan rutin berolahraga dari sekarang.

Selain meningkatkan kadar kolesterol baik, olahraga juga mampu mencegah kelebihan berat badan yang berisiko diabetes dan serangan jantung.

Nah, beberapa olahraga yang membantu untuk menurunkan kolesterol, antara lain jalan kaki, lari, berenang, bersepeda, dan yoga.

Baca Juga:   Belanja Lebih Hemat di Promo Ramadan ACE, Ada Potongan Harga Hingga 50%, Lho!

5. Kurangi garam

Mengonsumsi terlalu banyak camilan asin atau makanan tinggi garam bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat. Jadi, pastikan kamu mengurangi pemakaian garam selama masak hidangan untuk Lebaran.

6. Gunakan metode masak tanpa minyak

Menggoreng makanan dapat meningkatkan kandungan lemak trans dan kolesterol jahat dalam makanan. Apalagi, jika kamu menggorengnya dengan cara deep fry dalam waktu yang lama.

Untuk itu, kamu bisa mencoba metode memasak yang lebih bervariasi, seperti merebus, mengukus, dan memanggang. Jika suatu waktu kamu rindu akan masakan yang renyah, kamu bisa masak pakai air fryer alih-alih menggoreng dengan minyak.

Pilih air fryer sesuai kebutuhan dengan memperhatikan kapasitas dan daya listriknya, seperti rekomendasi berikut ini.

 

air fryer
Kels Belva Air Fryer 2.7 Ltr – Putih

Beli di sini

masak pakai air fryer
Philips 4.1 Ltr Air Fryer Hd9200/90 – Hitam

Beli di sini

Kels 4.3 Ltr Belva Air Fryer
Kels 4.3 Ltr Belva Air Fryer – Hitam

Beli di sini

air fryer kels
Kels Langston Air Fryer 1200 Watt – Putih

Beli di sini

Tidak hanya air fryer di atas, kamu juga bisa menemukan peralatan masak lainnya hanya di ruparupa.

beli peralatan dapur terbaik
hemat hingga 50% klik di sini

Situs belanja satu ini juga menawarkan berbagai perlengkapan kebersihan dan dekorasi dari merek unggulan milik Kawan Lama Group, yaitu INFORMA, ACE, SELMA, Krisbow, ATARU, Pendopo, dan masih banyak lagi.

Temukan juga berbagai artikel menarik lainnya dari ruparupa hanya di Google News atau klik di sini.