Resep Nasi Daun Jeruk dengan Telur Kecap Mudah

0
527
resep nasi daun jeruk
Sumber: garnishandglaze.com

Akhir-akhir ini, nasi daun jeruk menjadi salah satu hidangan viral yang digemari oleh banyak orang dari berbagai kalangan. Teksturnya yang creamy dan gurih, ditambah dengan aroma khas daun jeruk pasti akan membuat kamu ngiler, lho.

Hidangan ini biasa disantap bersamaan dengan lauk lain, seperti telur kecap, kulit ayam, hingga ayam goreng serundeng. Kamu juga bisa menyantapnya bersamaan dengan menu favorit lainnya. 

Ruparupa Banner

Siapa sangka, ternyata menu olahan nasi ini mudah dibuat di rumah sebagai makanan sehari-hari, lho. Bahan-bahannya juga dapat kamu temukan di stok bumbu dapur rumah.

Penasaran ‘kan bagaimana cara membuat resep nasi daun jeruk ini? Langsung saja simak berikut ini.

Bahan Nasi Daun Jeruk

  • 3 siung bawang putih
  • 8 helai daun jeruk
  • 1 ½ sdm mentega
  • 1 piring nasi matang
nasi daun jeruk
Sumber: garnishandglaze.com

Cara Membuat Nasi Daun Jeruk

1. Pertama-tama, kupas semua kulit bawang putih, lalu cincang hingga halus. Sisihkan ke dalam wadah.

2. Siapkan daun jeruk yang sudah dicuci bersih. Buang bagian batang daun, lalu iris tipis-tipis. Semakin tipis irisannya, nasi daun jeruk akan lebih harum. 

3. Panaskan mentega dalam wajan dan tumis bawang putih hingga harum dan berwarna kecoklatan. Kemudian, masukkan irisan daun jeruk dan tumis kembali sekitar kurang lebih 2 menit.

Baca Juga:   5 Kue Kering Khas Lebaran Favorit dan Wajib Ada!

4. Setelah matang, masukkan tumisan tersebut keatas nasi hangat. Aduk hingga merata dan nasi daun jeruk siap disantap.

Mudah sekali ‘kan membuat resep masakan satu ini? Akan terasa semakin nikmat jika kamu menyantapnya dengan telur kecap yang lezat. 

Jika ingin mencobanya, kamu dapat mengikuti resep telur kecap satu ini ya, Ruppers

Bahan Telur Kecap

  • 2 butir telur!
  • 1 helai daun bawang
  • 5 sdm minyak goreng
  • 1 sdm kecap manis
  • ½ sdm kecap asin
  • 1 sdm Bawang putih
  • 1 sdt merica
  • ¼ cup air

Cara Membuat Telur Kecap

1. Cuci bersih daun bawang, lalu iris tipis sesuai selera kamu, ya. Sisihkan ke dalam wadah. 

2. Selanjutnya, cincang halus bawang putih dan masukkan ke dalam wadah. Tambahkan kecap manis, kecap asin, merica, serta air, lalu aduk hingga tercampur rata. Campuran ini nantinya akan menjadi saus.

3. Panaskan minyak dalam wajan dan masukkan daun bawang. Tumis hingga berwarna kecoklatan, lalu masukkan telur. Diamkan selama kurang lebih 1-2 menit dengan keadaan wajan tertutup.

4. Tuangkan campuran saus yang sudah kamu buat sebelumnya ke atas telur setengah matang tersebut. Lalu, diamkan kembali selama 1-2 menit. Jangan lupa tutup wajan agar lebih meresap ya, Ruppers.

Baca Juga:   Resep Ayam Rica-rica Pedas Gurih dan Lezat

5. Setelah jadi, letakkan telur kecap diatas nasi daun jeruk yang telah kamu buat. 

Menu ini pasti akan menjadi makanan favorit kamu, lho. Selain itu, kamu juga bisa menjadikan makanan lezat ini sebagai menu buka puasa dan sahur, bahkan ide bekal yang lezat. 

Tentunya, untuk memasak nasi daun jeruk yang lezat, kamu memerlukan peralatan masak berkualitas, seperti rice cooker dan penghancur bawang putih berikut ini.

 

Kris Rice Cooker Deluxe 1 Ltr
Kris Rice Cooker Deluxe 1 Ltr

Beli di sini

Krischef Penghancur Bawang
Krischef Penghancur Bawang

Beli di sini

Agar memasak lebih mudah, kamu juga perlu memakai wajan anti lengket, yang memiliki tutup. Berikut rekomendasi produk yang dapat kamu beli.

Cooking Color 30 Cm Hoshiko Wajan Wok
Cooking Color 30 Cm Hoshiko Wajan Wok

Beli di sini

Flonal 24 Cm Iridium Ecolux Wajan Penggorengan Deep Dengan Tutup
Flonal 24 Cm Iridium Ecolux Wajan

Beli di sini

Nah, kalau ingin mencari rekomendasi produk masak lainnya, kamu dapat menemukannya hanya di Ruparupa.com. Situs belanja online ini menjual berbagai peralatan masak dan perlengkapan dapur berkualitas dari merek ternama, seperti ACE dan Informa.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menemukan perabot dan perlengkapan rumah tangga yang bagus untuk mempercantik hunian, lho. Yuk, lengkapi alat masak di rumah agar pengalaman memasak jadi lebih seru!