5 Rekomendasi Menu Takjil yang Segar dan Nikmat

0
1045
Sumber: Wikimedia Commons

Pasti kamu sering mendengar slogan yang berbunyi “Berbuka dengan yang manis-manis”. Memang betul slogan tersebut. Untuk itulah, saat buka puasa, kita pun selalu mencari rekomendasi menu takjil yang lezat dan menyegarkan.

Biasanya, takjil dimakan sebagai pembuka sebelum menu buka puasa lainnya. Menu takjil adalah makanan yang enak disantap saat buka puasa, baik minuman manis maupun gorengan dan kue.

Ruparupa Banner

Dalam KBBI, takjil merupakan kata benda, yang berarti makanan untuk berbuka puasa. Sedangkan sebagai kata kerja, takjil adalah mempercepat (dalam buka puasa).

Apa Saja Rekomendasi Menu Takjil yang Segar?

Biasanya, menu makanan takjil yang selalu jadi pilihan utama adalah makanan manis. Apalagi, sehabis buka puasa, paling nikmat bila langsung menyatap sesuatu yang menyegarkan dahaga.

Untuk itulah, kami punya beberapa rekomendasi menu takjil yang bisa jadi pilihan, seperti berikut ini.

1. Kolak

Menu takjil pertama adalah kolak, yang merupakan makanan khas dari Minangkabau, Sumatera Barat. Biasanya, saat buka puasa, banyak orang yang pasti akan mencari menu takjil manis satu ini.

Kolak memiliki cita rasa yang manis dengan bahan dasar gula aren, pandan, dan santan. Selain pisang, kamu pun bisa menambahkan ubi jalar, nangka, pisang raja, singkong, serta mutiara tapioka. Variasi kolak ini bisa kamu pilih sesuai dengan selera.

Cara membuat kolak pun cukup mudah. Kamu bisa membaca resep kolak pisang di sini. 

Sumber: Wikimedia Commons

2. Sop Buah

Rekomendasi menu takjil berikutnya adalah sop buah. Eits, tapi jangan sampai salah membedakan antara sop buah dan es buah, ya.

Baca Juga:   Resep Nasi Ayam KFC Rice Cooker Hanya Dengan 2 Bahan

Perbedaan sop buah dan es buah terdapat pada kuah yang disajikan. Biasanya, kuah dari es buah lebih bening dan encer. Sedangkan kuah sop buah lebih kental.

Nah, kuah sop buah terbuat dari campuran antara sirup coco pandan dan  kental manis. Untuk isiannya, sop buah pun lebih banyak menggunakan campuran buah, mulai dari semangka, stoberi, melon, kelapa muda, nana, hingga buah naga.

Inilah yang membuat sop buah jadi menu takjil yang sehat. Soalnya, kandungan buah-buahan yang terdapat di dalam sop buah kaya akan vitamin dan mineral. Tentunya, kandungan ini bisa meningkatkan sistem kekebalan dan metabolisme tubuh.

Sumber: Wikimedia Commons

3. Es Cincau Hitam

Rekomendasi menu takjil yang segar berikutnya adalah es cincau. Ternyata, es cincau hitam termasuk minuman tradisional Indonesia, lho?

Cincau hitam sebenarnya berasal dari daun tanaman Janggelan (Mesona Palustris). Nah, agar terasa lebih segar, es cincau dibuat dengan campuran air, es,  santan kental, gula jawa, susu kental manis, dan daun pandan.

Kamu bisa menambahkan isian cincau, berupa nangka, pisang, ataupun jaggung. Bahkan, kamu bisa membuat kreasi cincau dengan kopi, milk tea, dan juga sirup manis.

Sumber: Wikimedia Commons

4. Es Shanghai

Membayangkannya saja mungkin sudah membuat ngiler. Seperti namanya, es shanghai berasal dari China. Es serut satu ini ternyata sudah dinikmati bangsawan Tang sejak ribuan tahun lalu dan turun temurun hingga dinasti Qing berakhir.

Es shanghai sendiri menggunakan campuran buah alpukat, cincau hitam, kolang-kaling, nangka, kacang merah, dan daging kelapa.

Rekomendasi menu takjil menyegarkan ini semakin nikmat ketika disajikan dengan es serut dan ditambah kental manis atau sirup pada bagian atasnya.

Baca Juga:   Kapan Libur Lebaran 2022? Cek Ini Beserta Syarat Mudik
Sumber: Wikimedia Commons

5. Bubur Sumsum

Menu takjil berikutnya adalah bubur sumsum, yang berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur.  Ternyata, bagi beberapa orang bubur sumsum tak hanya sekadar makanan, lho.

Buat masyarakat Jawa, bubur sumsum dipercaya dapat bisa memberikan berkah dan kesehatan, serta dapat mempererat hubungan keluarga. Tidak heran bila bubur sumsum sering disajikan dalam upacara adat dan pernikahan.

Banyak orang di Jawa yang kerap menyajikan bubur sumsum di upacara adat dan penikahan. Soalnya, makanan ini dipercaya dapat memberi berkah dan kesehatan, serta mempererat hubungan.

Menu takjil yang didominasi warna putih ini terbuat dari tepung beras dan santan yang disandingkan dengan gula merah cair di bagian atasnya. Bubur sumsum memliki tekstur yang lembut dan rasa manis gurih.

Selain itu, bubur sumsum juga dapat mencegah anemia, menambah energi, hingga meningkatkan sistem imun tubuh, lho. Menu takjil yang sempurna, bukan?

Sumber: Wikimedia Commons

Nah, itu dia 5 menu takjil manis yang bisa melengkapi buka puasa. Pastinya kamu akan lebih menikmati menu takjil tersebut jika disediakan dengan gelas atau mangkuk yang cantik.

Kami punyai beberapa rekomendasi gelas dan mangkuk yang cocok untuk menghidangkan menu takjil hanya dari di Ruparupa.com.

Situs belanja online satu ini juga menjual berbagai furnitur dan perabor rumah tangga dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Selma, Informa, dan masih banyak lagi.

Yuk, simak rekomendasi peralatan makan estetik dari kami berikut ini.

Gelas dengan kapasitas 650 ml ini pasti membuat menu takjil kamu terlihat lebih nikmat.

Beli di sini

Gelas bekapasitas 390ml ini bisa jadi pilihan yang tepat untuk menghidangkan es cincau.

Beli di sini

Mangkuk cantik ini adalah pilihan yang tepat untuk menyajikan es buah kamu.

Beli di sini

Set mangkuk ini cocok untuk menyajikan sop buah atau bubur sumsum.

Beli di sini