7 Tips Persiapan Menghadapi Arus Balik Mudik Lebaran

0
619
menghadapi arus balik mudik lebaran
Sumber: unsplash.com

Tidak hanya persiapan barang sebelum mudik yang perlu diperhatikan, tetapi arus baliknya juga, lho. Sama seperti keberangkatan, arus balik mudik juga bisa menyebabkan kemacetan yang panjang. 

Tentunya, kita harus mempersiapkan banyak hal agar perjalanan arus balik mudik dapat lancar, aman, dan nyaman. Hal ini juga bertujuan untuk meminimalisir kejadian berbahaya selama perjalanan.

Ruparupa Banner

Apa Saja Persiapan Arus Balik Mudik Lebaran?

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, seperti berikut ini. 

1. Pilih tanggal arus balik yang tepat

Sebagai persiapan pertama, pastikan kamu menentukan tanggal yang tepat untuk melakukan arus balik mudik. Sempatkan waktu untuk memantau berita terkait arus balik mudik dari berbagai media, seperti televisi, radio, atau media online. 

Dengan memilih tanggal yang tepat, kamu dapat meminimalisir kemungkinan akan terjebak macet. Soalnya, kamu bisa menghindari jalanan yang ramai dan padat.

arus balik mudik lebaran
Sumber: pexels.com

2. Siapkan fisik dan mental

Saat melakukan arus balik mudik, kamu akan menghadapi perjalanan jauh dan panjang. Untuk itu, kamu perlu menyiapkan kondisi fisik serta mental, khususnya bagi si pengemudi. 

Pastikan tubuh dalam kondisi yang sehat agar terhindar dari risiko berbagai penyakit, seperti masuk angin, maag, hingga sakit kepala. Selain itu, pastikan kondisi mental kita juga cukup baik agar kita bisa mengemudi dengan lebih santai.

Tipsnya adalah pastikan kamu istirahat cukup sebelum melakukan perjalanan panjang. Selain itu, kamu juga perlu mengonsumsi makanan yang cukup agar tidak kelaparan selama perjalanan.

Jika dalam satu kendaraan terdapat lebih dari dua orang yang bisa menyetir, pastikan kamu bergantian menyetir, terutama saat kelelahan.

Baca Juga:   Resep Sop Buah Segar dan Praktis

Kamu juga bisa menggunakan bantal leher dan kursi pijat untuk mobil agar tidak pegal selama perjalanan. Berikut rekomendasi produk yang dapat kamu beli.

Passport Bantal Leher Memory Foam - Hijauabu-abu
Passport Bantal Leher Memory Foam – Hijauabu-abu

Beli di sini

Lexata Bantalan Leher Dan Kursi Pijat Shiatsu
Lexata Bantalan Leher Dan Kursi Pijat Shiatsu

Beli di sini

3. Periksa kondisi kendaraan

Sebelum melakukan perjalanan jauh, kamu juga perlu memeriksa keseluruhan bagian mobil, mulai dari mesin, ban, rem, AC, hingga wiper. Pastikan seluruh bagian mobil layak untuk kamu bawa dalam perjalanan panjang. 

Agar kendaraan lebih terjamin keamanannya, kamu bisa membawanya ke tempat service terlebih dahulu untuk mengganti oli, filter AC, mengisi tekanan angin, serta kampas rem. 

Selain itu, pastikan juga kamu mempersiapkan beberapa produk keselamatan berikut ini di mobil.

Coido Set Peralatan Darurat Mobil
Coido Set Peralatan Darurat Mobil

Beli di sini

Alat Pemadam Api Portabel
Alat Pemadam Api Portabel

Beli di sini

4. Siapkan GPS atau maps

Menggunakan GPS saat perjalanan jauh tentunya akan membantu pengemudi menentukan jalan. Dalam kondisi jalanan yang macet, GPS akan mengarahkan kamu ke jalur alternatif agar dapat sampai ke tujuan dengan lebih cepat.

arus balik mudik lebaran melihat gps
Sumber: unsplash.com

Kamu dapat menggunakan fitur maps di smartphone, mobil, atau GPS eksternal. Nah, bila kamu memakai GPS melalui smartphone, kamu perlu menggunakan phone holder seperti yang berikut ini.

Holder Smartphone Dasboard - Hitam
Holder Smartphone Dasboard

Beli di sini

Carmate Holder Smartphone - Putih
Carmate Holder Smartphone

Beli di sini

5. Hindari membawa terlalu banyak barang

Kalau pulang ke kota setelah mudik, tidak lengkap rasanya kalau kembali tanpa membawa oleh-oleh. Inilah yang membuat kita jadi membawa barang terlalu banyak.  Namun, pastikan untuk menghindari hal ini agar mobil tidak terasa sesak. 

Selaini tu, bila kita membawa barang yangterlalu berat, justru bisa berdampak pada kinerja kendaraan, lho. Konsumsi bahan bakar pun akan semakin meningkat karena kendaraan membawa beban yang lebih berat dari biasanya. 

Nah, kamu perlu memilih mana barang penting yang perlu dibawa dan tidak. Lalu, simpan di dalam koper dan kotak penyimpanan agar lebih mudah menatanya di dalam mobil. Berikut rekomendasi koper yang bisa kamu gunakan.

6. Bawa makanan dan obat-obatan

Melakukan perjalanan panjang, bisa membuat kita mudah lapar dan bosan. Nah, untuk mengatasinya, kita bisa menyantap camilan yang nikmat. Namun, hindari membawa makanan yang berbau menyengat karena nanti bisa membuat kamu merasa pusing dan mual.

Tidak hanya makanan, kamu juga perlu menyiapkan stok obat-obatan, seperti obat masuk angin, sakit kepala, sakit perut, hingga untuk mabuk perjalanan. 

Jika memiliki penyakit khusus, kamu juga perlu membawa obat-obatan pribadi untuk berjaga-jaga, ya. Berikut ini rekomendasi tempat makanandan kotak obat-obatan yang bisa kamu beli. 

Appetite Set 3 Pcs Aria Wadah Makanan Rectangle
Appetite Set 3 Pcs Aria Wadah Makanan Rectangle

Beli di sini

Galena Kotak Obat 7 Hari
Galena Kotak Obat 7 Hari

Beli di sini

7. Pastikan smartphone selalu siap sedia

Hal yang juga penting untuk menghadapi arus balik mudik adalah memastikan smartphone selalu dalam keadaan nyala dan siap sedia.

Jadi, usahakan untuk selalu mengisi daya HP kamu hingga penuh. Cara lainnya adalah dengan membawa powerbank dengan kapasitas yang cukup tinggi sehingga bisa digunakan untuk beberapa kali mengisi daya.

Kamu juga perlu membawa kabel data atau adaptor charger agar bisa mengisi daya di mobil, seperti berikut ini. 

Ataru Omni Power Bank 10000 Mah - Hitam
Ataru Omni Power Bank 10000 Mah – Hitam

Beli di sini

Mcdodo Kabel Data Usb C 3in1 Data And Charge 1 M
Mcdodo Kabel Data Usb C 3in1 Data And Charge 1 M

Beli di sini

Itulah dia beberapa tips menghadapi arus balik mudik lebaran yang perlu kamu perhatikan sebelum berangkat. Yuk, persiapkan dengan baik agar perjalanan lebih lancar dan aman.

Jika ingin mencari perlengkapan perjalanan, kamu bisa menemukannya hanya di Ruparupa.com, lho. 

Melalui situs belanja online ini, kamu juga bisa menemukan perabot dan perlengkapan rumah tangga berkualitas dari merek ternama, seperti ACE, Informa, Krisbow, dan lain-lain.

Selamat melakukan perjalanan arus balik mudik. Semoga sampai tujuan dengan selamat.