7 Rekomendasi Destinasi Liburan Bareng Keluarga

0
5183
Sumber: wikimedia.org

Menghabiskan waktu bersama keluarga di hari libur memang sangat menyenangkan. Nah, kali ini, kami punya rekomendasi destinasi liburan keluarga yang seru.

Apalagi, pada tanggal 29 Juni nanti, kita akan merayakan Hari Keluarga Nasional. Tentunya, hari spesial ini bisa menjadi ajang buat berkumpul dan menciptakan kenangan indah bersama keluarga.

Ruparupa Banner

Rekomendasi Tempat Liburan Keluarga

Nah, supaya kamu tidak bingung memilih tempat wisata bersama keluarga, simak berikut ini. 

1. Gunung Bromo

Salah satu destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi bersama keluarga adalah Gunung Bromo yang terletak di Kabupaten Probolinggo, Jawa Tengah.  

Gunung Bromo dianggap adalah bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Konon, gunung ini terbentuk dari letusan dasyat dari Gunung Tengger yang membentuk kaldera dengan diameter 8 kilometer lebih.

Bagi penduduk yang bermukim di lereng, gunung ini dianggap sebagai salah satu gunung yang suci. Gunuing Bromo juga diselimuti cerita legenda tentang Joko Seger dan Rara Anteng.

destinasi liburan keluarga
Instagram: infowisatagunungbromo

Dari atas Gunung Bomo, kamu bisa menikmati indahnya matahari terbit dan terbenam. Selain itu, hamparan rumput hijau juga memanjakan mata.

Namun, sebelum kamu pergi berwisata ke Gunung Bromo bersama keluarga, pastikan kamu mengetahui hal apa saja yang dilarang di Gunung Bormo, seperti di bawah ini.

  • Melangkahi Pawon.
  • Membawa pulang batu dari Gunung Bromo.
  • Buang air kecil sambil menghadap Gunung Bromo.
  • Bertindak dan berkata kasar saat masuk Pura.
  • Perempuan yang sedang datang bulan memasuki Pura.

Waktu Buka: 24 Jam
Harga Tiket: Rp32,5ribu

2. Candi Borobudur

Monumen wisata yang sudah ada sejak 1867 memang tidak pernah kehilangan daya tariknya. Candi Borobudur yang termasuk salah satu dari 7 keajaiban dunia terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Sebagai candi Buddha terbesar, Candi Borobudur kerap menjadi pusat ibadah dan menjalankan ritual keagamaan. 

destinasi liburan keluarga
Instagram: candiborobudur

Di hari keluarga nanti, kamu bisa menikmati pesona Candi Borobudur sambil mengagumi kompleks relif candi. Kalau kamu menginap di sekitar sana, kamu bisa menjelajahi Candi Borobudur lebih puas. 

Namun, sebelum berwisata ke Candi Borobudur, akan lebih baik kalau kamu mengetahui sedikit tentang seluk beluknya.

Candi Borobudur dibangun menyerupai mandala dan terdiri dari beberapa tingkatan, yaitu Kamadhatu, Rupadhatu, dan Arupadhatu. Masing-masing tingkatan memiliki keunikkan dan makna relifnya sendiri-sendiri.

Waktu Buka: 6.30AM–4.30PM
Harga Tiket: usia 10 tahun ke atas: Rp75 ribu, usia 10 tahun ke bawah: Rp35 ribu.

Baca Juga:   8 Tempat Glamping di Bandung yang Paling Estetik

3. Taman Safari

Sedang mencari waktu yang pas untuk mengunjungi Taman Safari? Hari keluarga nasional adalah jawabannya.

Taman Safari terletak di Kabupaten Bogor, kawasan puncak. Jadi, udara segar dan pemandangan yang indah siap menyambut kamu disepanjang perjalanan.

Selain bisa bersenang-senang di sana, kamu juga bisa menambah wawasan dengan mengenal lebih banyak binatang serta keunikan mereka.

destinasi liburan keluarga
Sumber: Wikimedia.org

Ada banyak kategori satwa yang bisa kamu temukan di Taman Safari, mulai dari baby zoo, penguin, reptil, komodo, dan masih banyak lagi. 

Bahkan, kamu bisa menemui sepasang panda menggemaskan di istana panda. Dekorasinya pun mirip dengan negara tirai bambu tersebut. Jad,i kamu akan merasa seperti sedang liburan ke China.

Waktu Buka: weekdays: 9AM–5PM, weekends: 9AM–5PM
Harga Tiket: Senin-Jumat (anak-anak): Rp170 ribu, Senin-Jumat (dewasa): Rp195 ribu, Jumat, Sabtu, Minggu, dan hari libur (anak-anak): Rp210 ribu, Jumat, Sabtu, Minggu, dan hari libur (dewasa): Rp230ribu

4. Kawah Putih

Destinasi liburan keluarga selanjutnya adalah Kawah Putih yang terletak di bagian Bandung Selatan. Kawah putih terbentuk dari letusan dasyat Gunung Patuha pada abad ke-10 dan 12. 

Konon, Kawah Putih adalah tempat yang sakral dan angker. Masyarakat setempat percaya bahwa di puncah Gunung Patuha terdapat makan para leluhur yang masing-masing mendapat julukan “Eyang”.

destinasi liburan keluarga
Instagram: kawahputih_official

Air danau kawah putih mengandung asam yang sangat tinggi hingga membuat danau seakan berwarna putih kehijauan. Warna air juga bisa kebiruan atau kecoklatan, tergantung kandungan sulfur di dalamnya.

Karena kandungan sulfur yang tinggi di sana, maka mungkin kamu akan mencium bau belereng selama di kawasan Kawah Putih.

Menikmati indahnya matahari terbit atau tenggalam di Kawah Putih bersama orang kesayangan pasti menjadi momen yang tak terlupakan.

Waktu Buka: 7AM – 5PM

Harga Tiket: Rp 45ribu

5. Keraton Jogja

Ingin mengenal betapa kaya budaya Indonesia? Kamu bisa berkunjung ke Keraton Jogja. Keraton Jogja terletak di sebelah selatan Alun-alun Lor Yogyakarta, yang membuatnya mudah dijangkau oleh para wisatawan.

Keindahan arsitektur tempat tinggal Kerajaan Yogyakarta ini  patut mendapat soorotan. Secara umum, arsitekturnya bercorak Jawa tradisional, tetapi di beberapa tempat, kamu juga akan menemukan sentuhan artitektur Portugis dan China. 

destinasi liburan keluarga
Sumber: wikimedia.org

Selain itu, kamu bisa menemukan berbagai benda bersejarah, seperti pustaka, kereta kencana, dan masih banyak lagi. Selain itu, kamu dapat menonton pentas wayang, gamelan, sampai seni tari. 

Baca Juga:   6 Ide Permainan Keluarga untuk Quality Time

Berwisata ke Keraton Jogja bersama keluarga akan memberikan kamu pengalaman yang tiada duanya. Kamu akan merasakan kentalnya budaya Jawa jaman dulu saat memasuki Keraton.

Waktu Buka: 8AM – 2PM, Jumat: 8AM – 12PM

Harga Tiket:  Rp 7ribu

6. Stone Garden

Kami jiga memiliki rekomendasi tempat wisata alam anti mainstream yang terletak di Bandung Barat.

Stone Garden tepatnya terletak di Padalarang. Hamparan bebatuan indah yang ada di sana konon terbentuk secara alami pada jaman Miosen, sekitar 20-30 juta tahun lalu.

destinasi liburan keluarga
Sumber: wikimedia.org

Stone Garden juga dikenal dengan Taman Baru Purba atau Kars Citatah. Untuk mencapai tempat tersebut, kamu harus mendaki sejauh 1,5 kilometer. Memang butuh usaha lebih, tapi dijamin  semua kelelahan yang kamu rasakan langsung hilang ketika sampai tujuan.

Kalau kamu datang saat petang hari, kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan.

Waktu Buka: 08AM -5PM

Harga Tiket: Rp 10 ribu, belum termasuk parkir

7. Pulau Panjang

Destinasi wisata yang tak kalah menarik lainnya adalah Pulau Panjang yang terletak di Jepara, Jawa Tengah.

Pulau Panjang menawarkan pantai dengan air jernih yang siap memanjakan mata kamu dengan keindahan bawah laut. Untuk sampai ke Pulau Panjang, kamu perlu menyebrang naik perahu dengan harga sebesar Rp20 ribu.

Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di Pulau Panjang, mulai dari berkemah di pulau pribadi, menikmati alam yang masih asri, snorkeling, hingaa berkunjung ke monumen  R.A Kartini.

Waktu Buka: 24 jam
Harga Tiket: Rp3ribu, perahu untuk menyeberang: Rp13ribu-Rp20 ribu

destinasi liburan keluarga
Instagram: pulaupanjang_jepara

Itu dia 7 destinasi liburan bareng keluarga asyik yang bisa kamu nikmati. Dijamin, akan membuat hari keluarga nasional kamu terasa spesial.

Nah, kalau berwisata atau menginap di luar kota, kamu pasti butuh membawa banyak pakaian dan perlengkapan sehari-hari, bukan?

Temukan berbagai rekomendasi perlengkapan liburan di sini

Kami juga memiliki rekomendasi koper dari ruparupa.com yang berkualitas tinggi, seperti berikut.

Situs belanja online yang menyediakan berbagai perlengkapan dan perabot rumah rumah tangga dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Selma, Informa, dan masih banyak lagi.

Reisenthel Koper Special Edition Stamps Ld7037

Beli di sini

Legend Walker 28 Inci Koper Aluminium – Merah

Beli di sini

Supercase 24 Inci Koper Cotton Candy – Abu-abu

Beli di sini

Supercase Tas Ransel Macaroon – Abu-abu

Beli di sini

Ataru Tas Ransel Lipat Tyvek – Cokelat

Beli di sini