7 Tips Staycation Tetap Nyaman dan Seru Beserta Manfaatnya

0
386
tips staycation seru
Sumber: unsplash.com

Tidak melulu liburan ke luar kota atau luar negeri, staycation juga bisa menjadi alternatif melepas penat dari aktivitas sehari-hari. Staycation adalah momen berlibur ke tempat yang relatif dekat dengan rumah kita selama beberapa hari. 

Saat melakukan staycation, kita tidak perlu memesan tiket pesawat, kereta, ataupun kapal laut. Cukup memesan kamar hotel yang nyaman dekat dengan rumah kita. Lalu, kita bisa menghabiskan waktu istirahat tersebut hanya di dalam kamar. 

Ruparupa Banner

Lantas, Apa Saja Manfaat Staycation?

Tidak hanya untuk beristirahat dari aktivitas sehari-hari, ternyata  staycation juga memiliki beberapa manfaat untuk kehidupan kita, seperti berikut.

  • Menenangkan tubuh dan pikiran dari rasa stres.
  • Lebih hemat daripada liburan ke luar kota atau negeri.
  • Bisa menikmati keindahan kota yang jarang kita perhatikan.
  • Belajar menghargai waktu dan memanfaatkannya dengan baik.

Bagaimana Tips Staycation yang Menyenangkan?

Wah, ternyata cukup banyak ya manfaat dari melakukan staycation. Apakah kamu tertarik untuk melakukannya? Jika ya, kami punya tips staycation yang bisa membuat waktu liburan kamu jadi lebih menyenangkan.  

1. Tetapkan Jadwal Staycation

Tips staycation pertama yang wajib kamu lakukan adalah menentukan jadwal terbaik. Kamu bisa melakukan staycation saat memiliki waktu senggang atau hari libur. Weekend atau akhir pekan sebenarnya adalah waktu yang tepat untuk melakukan staycation.

Namun, tidak ada salahnya jika kamu ingin mengambil cuti di hari kerja dan pergi staycation, lho. Dengan begitu, kamu dapat istirahat sejenak dari rutinitas sehari-hari.

Baca Juga:   Alarm Canggih: Sistem Pengamanan Saat Liburan

2. Pilih Tempat yang Nyaman dan Bersih

Saat melakukan staycation, kita membutuhkan tempat yang nyaman sehingga tubuh bisa beristirahat dengan baik. Untuk itu, pilih tempat penginapan yang bersih dan memiliki fasilitas lengkap, seperti kolam renang dan tempat olaharga. 

Kamu bisa melihat review atau ulasan dari pengunjung penginapan sebelumnya. Tidak perlu mencari penginapan mahal karena ada juga tempat penginapan yang terjangkau dengan fasilitas lengkap.  

3. Pastikan Tubuh dalam Kondisi Sehat adalah Tips Staycation Utama

Staycation memang merupakan pilihan liburan terbaik di tengah melonjaknya kasus positif COVID-19 belakangan ini. Namun, kamu tetap harus memastikan tubuh dalam kondisi prima.

Sebelum berangkat, pastikan kalau kamu tidak mengalami gejala suatu penyakit, khususnya COVID-19. Hal ini bertujuan untuk menghindari risiko kamu menularkan penyakit ke pengunjung atau staff di penginapan.

Selain itu, pastikan kamu juga tetap menerapkan protokol kesehatan selama berada di area umum. Misalnya, gunakan masker jika berada di lobby penginapan atau saat mengambil makanan buffet breakfast

Kamu bisa membeli masker dan hand sanitizer berikut ini untuk dibawa saat staycation, ya. 

tips staycation Krisbow Set 50 Pcs Masker Anti Polusi Dengan Pengait Telinga
Krisbow Set 50 Pcs Masker Anti Polusi Dengan Pengait

Beli di sini

Dr Soap 60 Ml Hand Sanitizer Urban Shee
Dr Soap 60 Ml Hand Sanitizer Urban Shee

Beli di sini

4. Bawa Barang Secukupnya untuk Staycation

Walaupun staycation termasuk berlibur, tapi kamu tidak perlu membawa terlalu banyak barang. Bawa pakaian yang cukup untuk selama waktu menginap, perlengkapan mandi, serta peralatan olahraga seperti baju renang bila dibutuhkan.

tips staycation Supercase 20 Inci Macaroon Koper - Peach

Kamu bisa membawanya menggunakan koper kecil berukuran di bawah 24 inci atau tas travel. Jika hanya menginap selama kurang dari 3 hari, kamu bisa menggunakan ransel.

Nah, berikut ini rekomendasi koper, tas travel, dan travel pouch yang bisa kamu beli dan gunakan selama staycation

5. Lupakan Pekerjaan Sejenak

Tujuan dari melakukan staycation adalah untuk beristirahat sambil menenangkan tubuh dan pikiran dari padatnya aktivitas sehari-hari. Untuk itu, pastikan kamu menjauhkan diri dari hal-hal yang menyangkut pekerjaan.

Bukan berarti kamu lari dari tanggung jawab, tetapi kamu juga berhak untuk menikmati waktu libur atau cuti sebaik mungkin. Jadi, selama melakukan staycation, pastikan kamu tidak membuka laptop untuk memeriksa pekerjaan di kantor. 

tips staycation santai
Sumber: unsplash.com

6. Manfaatkan Fasilitas Penginapan

Biasanya, penginapan memiliki banyak fasilitas yang ditawarkan untuk pengunjungnya, mulai dari kolam renang, tempat spa, ruang gym, bar, hingga karaoke. Bahkan, ada juga penginapan yang memiliki ruang bermain anak-anak di dalamnya. 

Tips staycation selanjutnya yang tidak boleh kamu lewatkan adalah harus memanfaatkan setiap fasilitas yang ada di penginapan sebaik mungkin. Dengan begitu, kamu juga jadi lebih bisa menikmati liburan selama staycation

tips staycation berenang
Sumber: unsplash.com

7. Siapkan Daftar Aktivitas sebagai Tips Staycation

Walaupun ingin sekadar bersantai di penginapan saat staycation, kamu juga bisa menyiapkan daftar aktivitas untuk dilakukan bersama orang terdekat.

Kamu bisa mengajak mereka untuk nonton film bersama dan  melakukan permainan quality time, seperti Monopoly dan UNO. Berikut ini beberapa rekomendasi mainan  yang bisa kamu beli.

Monopoly Classic Gssc1009
Monopoly Classic Gssc1009

Beli di sini

Uno Stacko 42468
Uno Stacko 42468

Beli di sini

Nah, itulah beberapa tips staycation yang bisa kamu ikuti untuk mendapatkan momen liburan singkat yang menyenangkan. Yuk, mulai rencanakan untuk staycation bersama orang terdekat kamu!

Kamu bisa menemukan perlengkapan liburan dan mainan seru hanya melalui ruparupa.com.

Di situs belanja online ini, kamu juga bisa membeli perabot dan perlengkapan rumah tangga berkualitas dari merek ternama, seperti ACE, Informa, Krisbow, Pendopo, dan Ataru. 

Yuk,  kunjungi ruparupa.com sekarang juga dan dapatkan berbagai promo menariknya!