Hunian Nyaman dengan Tren Gaya Hidup Minimalis

0
541

Beberapa tahun belakangan ini, gaya hidup minimalis tengah menjadi sebuah tren baru di kalangan masyarakat. Walaupun begitu, memulai gaya hidup seperti ini tidak mudah dilakukan karena membutuhkan komitmen yang kuat untuk menjalaninya.

Tidak sekedar konsep estetika penataan ruangan, tetapi prinsip ini juga perlu dilakukan dalam setiap aspek kehidupan sehari-hari. Secara sederhana, tren minimalis mengajak para pemilik hunian untuk mulai menerapkan prinsip “less is more“.

Ruparupa Banner

Dengan teknik simpel ini, kita hanya fokus membeli barang yang fungsional dan sesuai kebutuhan sehari-hari. Inilah yang akan membuat ruangan tampak lebih rapi.

Manfaat Tren Gaya Hidup Minimalis

Bagi beberapa orang, prinsip hidup minimalis dinilai mampu meningkatkan kepercayaan dirinya. Namun, seringkali kita salah dalam penerapannya. Untuk itu, simak terlebih dahulu manfaat gaya hidup minimalis di bawah ini.

1. Meringankan beban pikiran

Bukan hanya sekedar menyortir pakaian yang sudah tak terpakai, tetapi menjalani cara hidup minimalis bisa membuat Anda lebih memanfaatkan waktu sebaik-baiknya.

Anda pun akan lebih rutin membersihkan dan merapikan semua barang di rumah. Tujuannya adalah buat menciptakan hunian yang lebih nyaman dan memudahkan Anda dalam menemukan barang yang Anda cara.

Baca Juga:   10 Inspirasi Desain Pagar Minimalis untuk Percantik Rumah

Inilah yang akan membuat produktivitas di rumah berjalan dengan baik. Tidak hanya itu, pikiran Anda pun akan lebih rileks ketika semua barang tersimpan apik di tempatnya masing-masing.

2. Menghemat pengeluaran yang tidak penting

Cara hidup minimalis bisa membuat Anda jadi lebih hemat. Tidak sebatas membuang pakaian yang sudah tidak terpakai, tetapi juga Anda jadi lebih bijak dalam mengelola keuangan dan memenuhi keinginan Anda dalam membeli sesuatu.

Anda pun akan lebih mudah memilih produk yang fungsional dan lebih bermanfaat.  Jadinya, Anda akan lebih cermat saat mengeluarkan uang.

Terapkan gaya hidup minimalis dengan set meja multifungsi.
Meja kursi fungsional untuk menciptakan area hunian yang praktis.

Beli di sini

3. Meningkatkan fokus

Konsep gaya hidup ini bisa memberikan dampak baik pada kesehatan fisik dan psikologis manusia. Dengan menyingkirkan barang yang tidak diperlukan, Anda bisa mulai menciptakan rumah yang lebih rapi.

Secara tidak sadar, Anda pun bisa lebih lega dan bebas bergerak tanpa terhalang barang yang tidak berguna lagi. Hal ini tentu dapat memberikan ketenangan, pikiran yang jernih, dan Anda pun bisa lebih fokus saat bekerja.

Cara Melakukan Gaya Hidup Minimalis

Menjalani gaya hidup minimalis memang bukan hal yang mudah. Untuk menerapkan prinsip ini, ada beberap hal yang perlu Anda lakukan, seperti berikut.

1.  Fokus pada satu area ruangan

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah merapikan area aktivitas Anda sehari-hari. y Kemudian, segera pisahkan barang-barang tersebut menjadi tiga kategori, yakni barang yang harus disimpan, dibuang, dan disumbangkan ke orang lain.

Baca Juga:   Inspirasi Rumah Idaman yang Dijamin Tidak Membosankan

Anda bisa merapikannya menggunakan kotak penyimpanan, lalu simpan di dalam lemari. Setelah itu, Anda harus komitmen untuk lebih bijak saat membeli barang.

Dapatkan lemari pakaian minimalis dengan sekat pembatas serta cermin yang fungsional

Beli di sini

2. Menyortir ulang barang yang disimpan

Saat sedang memilah, Anda bisa menyimpan barang-barang yang penuh kenangan dan memang bermakna. Misalnya, foto keluarga dan pajangan yang Anda beli saat sedang ke tempat spesial.

Bila barang tersebut bisa Anda pajang, letakkan di sudut rumah agar ruangan Anda pun terasa lebih istimewa.

Gunakan kolase foto bersekat agar dapat meletakkan beberapa foto sekaligus.

Beli di sini

3. Membatasi diri

Hindari membeli terlalu banyak perlengkapan dekorasi karena akan membuat rumah terlihat berantakan. Anda hanya perlu memajang satu atau dua barang di rumah. Mulailah berhenti untuk membeli barang-barang lucu, yang sebenarnya tidak memiliki fungsi apa pun.

***

Itu dia beberapa manfaat dan cara menerapkan konsep gaya hidup minimalis. Ingat, bukan sekedar sedikitnya barang yang Anda miliki di rumah Anda, tetapi makna barang tersebut yang berdampak ke dalam hidup Anda.

Untuk memaksimalkan gaya hidup ini, Anda bisa memperoleh beragam dekorasi dan furnitur minimalis, mulai dari meja, sofa, tempat tidur, hingga cushion sofa, yang estetik hanya di situs belanja online Ruparupa. Segera dapatkan beragam promo penawaran menarik di sini dan selamat berbelanja!