7 Tata Letak Foto di Dinding Ruang Tamu

0
421
Sumber: unsplash.com/@spacejoy

Kehadiran bingkai foto bukan menjadi benda asing lagi bagi setiap rumah. Selain memberikan ingatan atas momen-momen tertentu, rupanya bingkai foto juga memiliki nilai  seni pada tampilan interior rumah. Maka dari itu, pengaturan dan tata letak saat pemasangan bingkai foto di dinding rumah perlu dilakukan secara hati-hati. Memerlukan banyak pertimbangan untuk menata komposisinya agar sejajar. Dimulai dari ukuran bingkai foto hingga perpaduan dekorasi warna yang perlu menyesuaikan gaya interior suatu ruangan.

7 Tata Letak Foto di Dinding Ruang Tamu

Keberadaan foto bersama orang kesayangan akan membuat tampilan dinding rumah menjadi lebih berwarna. Namun sebelum kamu memasang susunan foto di dinding rumahmu. Pertama-tama, kamu perlu memahami jenis dinding rumahmu baik dari segi warna, tekstur, dan motif yang digunakan. Dengan ini, kamu dapat mempertimbangkan inspirasi tata letak yang dapat memikat pandangan. Kalau kamu masih bingung, simak terus artikel di bawah ini. Artikel kali ini akan mengupas tuntas informasi terkait pemasangan tata letak foto di dinding ruang tamu yang bisa kamu contek. Check it out!

Menggunakan pigura yang cantik

Tata letak foto pigura estetik
Sumber: pinterest.com/@nordicwallart.com

Sebelum memutuskan untuk memajang koleksi foto dan lukisanmu, pastikan kamu memilik bingkai atau pigura yang cantik dan sesuai dengan tema rumahmu. Penambahan bingkai foto tidak hanya berguna berguna untuk menambah nilai estetika, melainkan juga dapat menjaga kualitas foto atau gambar yang kita miliki.

Mencari titik vokal ruangan

Sumber: unsplash.com/@neonbrand

Untuk memajang foto-foto penuh nostalgia ataupun gambar bercorak, kamu dapat meletakkannya pada bagian tengah atau utama ruangan. Konon, lokasi tersebut dinilai paling ideal untuk meletakkan bingkai foto. Dengan penggunaan ukuran bingkai sedang ke besar, area tersebut akan mampu menarik perhatian seseorang yang baru menanjakkan kaki di rumahmu. Pada momen inilah, foto atau lukisan sering menjadi titik perhatian dan akan memeroleh pujian dari tamu kamu.

Baca Juga:   16 Cara Merawat Anak Kucing Tanpa Induk

Jarak dan ketinggian yang pas

tata cara letak foto dengan sejajar
Sumber: unsplash.com/@minhphamdesign

Pastikan kamu menggantung bingkai foto secara sejajar sesuai dengan ukuran jarang pandang individual. Posisi ketinggian rata-rata dalam menggantung bingkai foto adalah pada kisaran 1.5 meter dari lantai ke tengah foto. Jika jaraknya tidak sesuai, hasil akhir yang semestinya cantik justru akan berubah menjadi gambar sekedar asal tempel dan gantung.

Cara tepat menggantung bingkai foto

Terdapat banyak cara untuk menggantung bingkai foto di dinding rumah. Salah satu cara yang paling umum dilakukan adalah dengan menggunakan paku dan martil. Tetapi jika kamu tidak ingin merusak tampilan dinding kamu, maka kamu dapat menggunakan tempelan perekat khusus dengan daya rekat yang kuat untuk menahan beban pigura nantinya.

Rangkai menjadi satu kesatuan

tata letak foto rustic
Sumber: unsplash.com/@spacejoy

Jika kamu ingin mengoleksi lebih dari 1 buah foto secara bersamaan. Maka kamu dapat mencoba menyusun beberapa bingkai foto kecil, kemudian membentuknya menjadi bentuk yang dinamis pada sisi tengah ruangan. Selain itu, kamu juga bisa mencoba menata rangkaian foto berdasarkan urutan waktu. Nilai-nilai historis tersebut akan membuat kamu selalu mengingat momen indah saat menyentuhkan kaki di rumah.

Dapatkan bingkai foto kualitas terbaik hanya di Ruparupa.com

Ukuran bingkai yang proporsional

tata cara letak foto secara proporsional
Sumber: mockupworld.co

Jika frame foto yang kamu miliki terlalu besar dan berat, maka tidak ada salahnya kamu meminta bantuan jasa dari kerabatmu untuk membantu menahan beban pigura yang akan kamu gantung. Karena dikhawatirkan hasil gantungan pada pigura akan tidak proporsional dan miring. Selain itu, kamu dapat mencoba menggambarkan sketsa kasar pada kertas, ataupun mencoba mengukur langsung dan memberi tanda titik pada poin-poin tertentu, untuk melakukan perbandingan area antara bingkai foto dengan area dinding yang tersedia.

Baca Juga:   8 Fakta Unik Anjing Chihuahua Ini Harus Anda Ketahui

Jika kamu memiliki area yang terbatas, maka usahakan untuk tidak menggunakan bingkai foto yang terlalu besar. Sebaliknya, jika kamu memiliki area yang cukup luas untuk menggantung pigura raksasa, maka pastikan jarak antar bingkai foto terlihat proporsional agar terlihat lebih leluasa.

Penggunaan warna yang abstrak

tata letak foto abstrak
Sumber: unsplash.com/@spacejoy

Komponen komposisi warna, motif, hingga tekstur memiliki daya tarik yang memikat setiap pandangan. Terutama jika kamu mampu membuat susunan yang pas untuk menghasilkan  tempat tinggal yang lebih hidup dan tidak monoton. Salah satunya adalah pengaplikasian warna pada ruang tamu yang merupakan wilayah pusat perhatian setiap orang yang berkunjung. Maka dari itu, sebaiknya kamu memilik bingkai foto yang identik agar tampilannya tampak lebih indah.

Itu dia macam-macam tata letak foto di ruang tamu untuk mempermudah kamu membuat tampilan dinding menjadi semakin menawan. Peletakkannya yang beragam merupakan tantangan tersendiri bagi pemilik rumah untuk dapat mendekorasikan tampilan interiornya.

Untuk memeroleh pigura bingkai dengan kualitas terbaik, percayakan saja pada Ruparupa.com. Kamu juga dapat memeroleh produk lainnya seperti peralatan memasak, furniture, hingga perabotan rumah tangga lainnya.