4 Manfaat Menerapkan Gaya Hidup Eco-Friendly

0
932
Sumber: unsplash.com/@bernardhermant

Ruppers, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah populer eco friendly. Apalagi, istilah ini  semakin sering kita dengar sejak isu lingkungan yang berdampak pada global warming (pemanasan global).

Promo Furnifest

Untuk meminimalisir dampak tersebut, tidak heran bila gaya hidup eco friendly mulai jadi tren.

Gaya hidup ini sebagai salah satu bentuk tanggung jawab untuk mencintai dan melestarikan bumi agar tetap dalam kondisi yang baik-baik saja.

Manfaat Menerapkan Gaya Hidup Eco Friendly

Konsep gaya hidup ramah lingkungan pun mulai diterapkan di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Nah, kamu juga bisa mulai menjalankan gaya hidup eco friendly, loh. Selain bisa menjaga lingkungan hidup, gaya hidup ini juga bisa memberikan banyak manfaat untuk kehidupan kita sehari-hari.

Lantas, apa saja manfaat tersebut? Mari simak informasi lengkapnya di bawah ini.

1. Polusi semakin menurun

Gaya hidup eco friendly dapat membantu mengurangi sampah dan polusi udara di sekitar kamu, lho.

Misalnya, dengan mulai mencoba menggunakan transportasi umum dan sepeda saat berpergian. Langkah kecil ini akan membantu meminimalisir menipisnya lapisan ozon di bumi dan meningkatkan kualitas udara yang lebih bersih dan sehat.

Baca Juga:   10 Ide Kostum Halloween Anak yang Lucu
hidup eco friendly dengan bersepeda
Sumber: unsplash.com/@momhasapples

Kemudian, bila kamu mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, seperti sendok, piring, atau gelas, maka kamu juga sudah menyelamatkan bumi.

Soalnya,  penggunaan barang tersebut akan membuat timbunan sampah plastik dan berujung akan sulit terurai. Alhasil, lingkungan juga akan tercemari dan tidak nyaman dihuni.

2. Hidup jadi lebih sehat

Mengadopsi gaya hidup eco friendly juga berdampak baik pada kesehatan, loh. Misalnya, kebiasaan menggunakan transportasi umum, yang bisa membuat kita jadi terbiasa jalan kaki.

Tentu, langkah kecil ini tidak hanya mengurangi polusi akibat penggunaan kendaraan, tetapi juga bisa meningkatkan kesehatan kita.

Sumber: unsplash.com/@stevenpahel

Jika polusi berkurang, tentu kita tidak hanya terhindar dari ancaman penyakit, tetapi juga bisa membantu merawat kulit menjadi lebih glowing, lho. Mau kan selalu terlihat awet muda?

3. Lebih hemat

Selain baik untuk kesehatan tubuh, gaya hidup eco friendly juga bisa membuat kita hidup lebih hemat. Pasalnya, gaya hidup ini akan membuat kamu berpikir dua kali saat membeli barang, yang mungkin belum tentu kamu perlukan.

uji kreatifitas dengan gaya hidup eco friendly

Sumber: unsplash.com/@bernardhermantSelain itu, gaya hidup seperti ini juga membuat kita jadi lebih bijak saat menggunakan barang. Kita pun akan lebih mudah memilih untuk mendaur ulang barang bekas dan memakai produk yang lebih ramah lingkungan.

Baca Juga:   5 Rekomendasi Dekorasi Kamar di Bawah 300 Ribu

Kebiasaan hidup ramah lingkungan juga bisa membuat kamu mengurangi pemakaian air dan listrik yang berlebihan.

4. Melatih kreativitas

Selain lebi hemat, kamu pun juga bisa membuat barang-barang yang tidak terpakai menjadi lebih bernilai dengan sedikit sentuhan kreativitas.

Kebiasaan ini mengajarkan kita untuk mendaur ulang (recycle) dan menggunakan kembali (reuse) barang-barang yang akan dibuang. Misalnya, sampah sisa makanan, yang bisa kita jadikan sebagai kompos untuk kesuburan tanaman di rumah.

Tidak hanya itu, dengan semua kebiasaan ini kamu juga bisa menghasilkan uang dari produk recycle yang telah kamu kumpulkan, loh.

Sumber: unsplash.com/@joshualawrence

Nah, itu 4 manfaat yang kamu peroleh dengan menerapkan tren gaya hidup eco friendly. Tidak sulit, bukan? Yuk,  terapkan kebiasaan gaya hidup sehat dan lestarikan bumi tercinta kita, ya.

Selain itu, kamu juga bisa mulai memakai berbagai macam produk eco friendly, yang bisa kamu dapatkan dengan mudah hanya di Ruparupa.com.  Yuk, segera dapatkan sekarang!