Ini Dia Asal Usul Kata Lebaran yang Perlu Kamu Tahu

0
923
asal usul lebaran
Sumber: Freepik.com

Hari Idul Fitri yang kerap kali disebut sebagai hari lebaran merupakan momen bersejarah dan penuh sukacita bagi umat muslim. Namun, seperti apa asal usul kata Lebaran sebenarnya?

Apalagi, di momen ini menjadi hari untuk merayakan kemenangan setelah berhasil menjalankan puasa selama satu bulan penuh.

Ruparupa Banner

Berdasarkan KBBI, kata ‘lebaran’ sendiri memiliki arti sebagai hari raya umat Islam, yang jatuh pada tanggal 1 Syawal, setelah selesai menjalankan ibadah puasa selama sebulan.

Meski begitu, akar kata ‘lebaran’ ternyata tidak ada dalam bahasa Arab dan masih belum diketahui sumbernya. Namun, sejumlah sumber tersier menyebutkan bahwa kata Lebaran kemungkinan besar diserap dari bahasa daerah, yang antara lain:

  • Bahasa Jawa, yakni lebar, yang artinya selesai.
  • Bahasa Sunda, yakni lebar, yang artinya melimpah.
  • Bahasa Betawi, yakni lebar, yang artinya luas.
  • Bahasa Madura, yakni lober, yang artinya tuntas.

Selain itu, dalam artikel pada majalah Sunda tahun 1954, sastrawan MA. Salmun menuliskan bahwa asal usul kata Lebaran berasal dari tradisi Hindu dan mulai disebarkan pada abad ke-15 oleh salah seorang anggota wali songo, yaitu Sunan Bonang, untuk menyebarkan ajaran Islam di Jawa.

Menariknya, asal usul kata ‘lebaran’ ini justru lebih banyak digunakan oleh orang Betawi dengan makna yang sedikit berbeda. Mereka menganggap bahwa kata ‘lebaran’ berasal dari kata lebar, yang mengilustrasikan kelegaan hati setelah menunaikan ibadah Puasa.

Baca Juga:   Resep Ayam Kalasan Enak dan Empuk ala Restoran
lebaran
Sumber: Unsplash.com

Lalu, Apa Saja Kegiatan Seru untuk Mengisi Libur Lebaran?

Terlepas dari asal usul lebaran, tentu umat muslim menyambut hari kemenangan ini dengan penuh semangat. Bahkan, sebagian besar sudah mulai melakukan mudik setelah 2 tahun tidak bisa berkunjung ke kampung halaman karena pandemi COVID-19.

Nah, agar libur lebaran semakin menyenangkan, kamu bisa melakukan sejumlah kegiatan menarik untuk mengisi waktu, lho. Apa saja kegiatan-kegiatan tersebut? Berikut adalah jawabannya.

1. Menonton film atau serial

Untuk mengisi waktu liburan, kamu bisa menonton film bersama teman dan keluarga. Nah, kalau kamu adalah penggemar drama Korea, kamu juga bisa menonton sederet drama Korea terbaru melalui layanan streaming, lho.

Siapkan juga perlengkapan nonton yang nyaman, seperti camilan, bean bag, dan speaker berikut ini.

sound bar
Sony Speaker Soundbar Ht-s350
Speaker ini mampu menghasilkan suara jernih agar pengalaman nonton semakin terasa.

Beli di sini

bean bag
Bean Bag Ain-p 90x105cm – Cokelat
Buat kegiatan nonton lebih nyaman dengan menggunakan bean bag berikut ini.

Beli di sini

2. Bermain boardgame bersama keluarga

Selain nonton, kamu juga boleh mengajak anggota keluarga untuk bermain boardgame, seperti monopoli dan ular tangga. Agar semakin seru, kamu bisa memberikan hukuman kepada pemain yang kalah, lho.

Nah, berikut adalah rekomendasi boardgame yang bisa kamu pilih.

3. Piknik bersama

Kegiatan yang bisa kamu lakukan berikutnya adalah piknik bersama. Tidak perlu jauh-jauh, kamu juga bisa piknik di halaman rumah.

Buatlah menu makanan praktis dan siapkan menyiapkan perlengkapan piknik, seperti rekomendasi kami berikut ini.

alas piknik untuk libur lebaran
Otto Klasse Karpet Piknik 150×150 Cm – Biru
Dapat berfungsi sebagai alas duduk dan alas makanan saat piknik.

Beli di sini

tenda
Greatoutdoor Tenda Dome Dua Orang – Oranye
Tenda berkapasitas dua orang yang tahan air dan cara pemasangan yang mudah.

Beli di sini

4. Mengunjungi tempat wisata

Kamu bosan di rumah? Kalau begitu, cobalah untuk mengunjungi tempat-tempat wisata menarik di Indonesia.

Tidak hanya sebagai tempat healing, kamu juga bisa menemukan banyak tempat nongkrong estetik, lho! Meski begitu, ingat untuk tetap melakukan protokol kesehatan, ya!

5. Menghias rumah

Mungkin selama ini kamu tidak memiliki waktu untuk membereskan rumah. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan kesempatan ini untuk menghias hunian agar kembali bersih dan cantik.

Tentukanlah desain ruangan yang kamu inginkan dari sekarang dan temukan berbagai hiasan rumah yang sesuai tema.

dekorasi hunian
Sumber: Unsplash.com

Nah, itu dia asal usul Lebaran dan sederet kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk mengisi libur Lebaran.

Buat kamu yang akan pergi mudik, pastikan kamu mempersiapkannya dengan baik. Kamu bisa menemukan perlengkapan traveling hanya melalui ruparupa.com, ya!

Situs belanja online satu ini juga menawarkan berbagai perabot dan peralatan rumah tangga dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti Informa, ACE, Selma, dan masih banyak lagi. Selamat merayakan hari Lebaran, Ruppers!