6 Persiapan Jelang Lebaran yang Wajib Kamu Lakukan

0
3183
Sumber: Unsplash.com

Hari Idulfitri sudah pas di depan mata. Berbagai persiapan lebaran pun sudah mulai kita rencanakan. Apalagi, pemerintah sudah memberikan izin untuk mudik dan berkumpul dengan keluarga di hari penuh kemenangan tersebut.

Ya, setelah 2 tahun berlalu, akhirnya kita bisa kembali bertemu secara langsung bersama orang-orang tercinta, baik di rumah kita ataupun di kampung halaman. Jadi, kita pun boleh mempersiapkan rumah untuk menyambut kerabat terdekat.

Ruparupa Banner

Apa Saja Persiapan Menjelang Lebaran?

Namun, apa saja kira-kira persiapan menjelang lebaran nanti, yang perlu kita lakukan di rumah? Simak berikut ini.

1. Membersihkan Rumah

Bila kamu berencana untuk mengundang banyak tamu ke rumah, tentunya menjelang lebaran nanti, kita perlu membersihkan rumah secara menyeluruh. Hal ini bertujuan agar  para tamu nyaman ketika berada di rumah kamu.

Tidak hanya menyapu dan mengepel bagian yang tampak, kita juga perlu membersihkan area yang terselubung sampai ke sudut-sudut rumah.

Selain itu, bersihkan juga bagian plafon dan langit-langit rumah yang mungkin sudah berdebu. Jadinya, debu di langit-langit rumah tidak mengotori lantai yang sudah kamu bersihkan.

Kamu bisa menggunakan alat kebersihan praktis dari Ruparupa.com, seperti di bawah ini.

alat kebersihan
Proclean Alat Pel Spray – Putih/abu-abu

Beli di sini

 

alat kebersihan menjelang lebaran
Proclean Sapu Dan Pengki – Krem

Beli di sini

2. Menghias Rumah 

Lebaran adalah perayaan besar setahun sekali. Untuk itu, pastikan kamu mempersiapkan momen lebaran di rumah jadi lebih menyenangkan dan tidak terlupakan.

Baca Juga:   10 Perabot Rumah Buat Menyambut Tamu Saat Lebaran

Salah satu caranya adalah dengan menghias rumah bertema lebaran. Umumnya, lebaran identik dengan warna hijau karena bisa membawa kesan menenangkan dan santai.

Meskipun begitu, bukan berarti kamu mengubah seluruh perabot rumah menjadi warna hijau. Cukup tambahkan dekorasi pada meja makan memakai taplak meja, seperti di bawah ini.

persiapan lebaran
Table Runner 33×180 Cm Foil Print 025

Beli di sini

persiapan lebaran
Table Runner 33×180 Cm Foil Print 088

Beli di sini

3. Mengganti Furnitur

Selanjutnya, yang perlu kamu perhatikan adalah furnitur rumah. Apakah ada yang sudah usang dan perlu diganti, seperti sofa, meja, kursi, atau karpet untuk ruang tamu?

Bila ya, kamu bisa menggantinya dengan furnitur bernuansa warna hijau. Selain menggambarkan tema acara perayaan lebaran, warna hijau juga akan menambah suasana tenang dan natural ke dalam ruangan.

Nah, berikut ini rekomendasi sofa dan bantal sofa yang senada untuk memeriahkan lebaran kamu di rumah yang bisa kamu pilih.

Persiapan lebaran di rumah
Bantal Sofa 40 Cm Stitch Round Quinn – Hijau
Monstera Sofa Tidur Fabric – Hijau

Beli di sini

Garland Sofa Tidur Fabric – Hijau

Beli di sini

4. Membeli Stok Makanan Seminggu Sebelum Lebaran 

Hal lain yang juga perlu kamu lakukan saat lebaran adalah menyiapkan hidangan khas lebaran. Namun,  pastikan kamu sudah membeli bahan makanan sebelum lebaran tiba. Biasanya, pada hari raya akan banyak toko dan pusat pembelanjaan yang tutup.

Nah, agar lebih mudah dalam menentukan hidangan makanan buat lebaran, kamu bisa membaca menemukan inspirasi menu khas lebaran dengan klik di sini.

Baca Juga:   Ini Ide Menu Sahur dan Buka Puasa Selama Seminggu

5. Menyiapkan Peralatan Makan yang Cukup

Selain menyiapkan makanan untuk menjamu para tamu, pastikan juga kamu telah menyediakan peralatan makan yang cukup.

Hal yang paling mudah adalah memperkirakan berapa jumlah tamu yang akan datang. Jadinya, jumlah sendok, garpu, piring, dan gelas yang kamu miliki bisa digunakan untuk seluruh tamu undangan.

Nah, kami punya set peralatan makan yang bisa kamu gunakan di rumah, seperti berikut ini.

persiapan lebaran
Delicia Set 16 Pcs Coupe Peralatan Makan – Cokelat

Beli di sini

6. Menyiapakan Stoples Kekinian

Saat tamu datang untuk silaturahmi, enaknya memang makan kue kering sambil ngobrol. Nah, kamu bisa menyajikan kue kering di dalam stoples yang estetik dan cantik. Berikut ini rekomendasi set stoples dari Ruparupa.com yang bisa jadi pilihan terbaik buat kamu. 

Krishome Set 3 Pcs Stoples Pearl

Beli di sini

Itu dia persiapan yang wajib kamu lakukan menjelang perayaan lebaran. Nah, kamu bisa menemukan berbagai peralatan rumah tangga praktis untuk menyambut lebaran hanya dari Ruparupa.com.

Situs belanja online ini juga menyediakan banyak furnitur dan perabot rumah tangga lain dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Selma, Informa, dan masih banyak lagi.

Yuk, mari sambut Idul Fitri bersama Ruparupa.com!