5 Kue Kering Khas Lebaran Favorit dan Wajib Ada!

0
1942
kue kering khas lebaran
Sumber: girlversusdough.com

Saat hari lebaran, kita pasti menyiapkan berbagai kue lezat untuk dihidangkan sebagai jamuan bagi para tamu.  Biasanya, terdapat lebih dari 3 jenis camilan yang ada di meja tamu, mulai dari kue basah, kue kering, dan snack.

Dari tiga jenis camilan tersebut, kue kering khas lebaran pasti wajib ada di atas meja tamu. Ayo, siapa yang sudah tidak sabar mencicipi berbagai kue kering khas lebaran? 

Ruparupa Banner

Apa Saja Jenis Kue Lebaran yang Ikonik?

Umumnya, kue khas lebaran disajikan di dalam stoples yang cantik. Kue kering ini paling nikmat bila disantap bersama dengan teh dan kopi hangat manis.

Lalu, apa saja kue lebaran ang paling ikonik dan wajib kita cicipin saat lebaran? Cek berikut ini.

1. Kue Nastar

Kue nastar adalah kue kering yang memiliki isian selai nanas asam manis. Biasanya, kue nastar berbentuk bulat kecil, tetapi ada juga yang berbentuk kotak. 

Kue nastar ini terbuat dari adonan tepung terigu, mentega, dan telur. Kue nastar ternyata berasal dari bahasa Belanda, yang disebut ananas atu taart. Kadang, kue nastar dihiasi dnegan potonga kecil cengkih pada bagian atasnya.

Cara membuat kue nastar pun cukup mudah. kamu dapat melihat resep kue nastar dengan klik di sini

Baca Juga:   Tips Memilih Stoples untuk Kue Kering di Rumah

kue nastar

 

2. Kue Coklat Cornflakes

Pencinta coklat tidak akan bisa melewatkan kue kering lebaran satu ini. Ya, kue coklat cornflakes sering menemani kue nastar di atas meja tamu saat lebaran, lho.

Kue ini biasanya berbahan dasar sereal cornflakes yang ditaburi dengan lelehan cokelat. Cara membuatnya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mengikuti resep kue coklat cornflakes di sini

resep kue cokelat cornflakes

Sumber: barfussimnovember.wordpress.com

3. Kue Lidah Kucing

Biasanya, habis membuat kue basah, pasti kita akan menyisakan banyak putih telur.  Sayang banget ‘kan kalau harus dibuang?

Nah, kamu bisa memanfaatkan putih telur tersebut untuk membuat kue lidah kucing yang juga menjadi khas saat lebaran.

Teksturnya yang tipis dan renyah membuat kue ini menjadi favorit banyak orang untuk ngemil, lho. Cara membuatnya juga cukup mudah. Kamu hanya perlu mengikuti resepnya di sini

resep kue lidah kucing
Sumber: bakingbites.com

 

4. Kue Sagu Keju

Pernahkah kamu menjumpai kue kering khas lebaran yang berbentuk bulat spiral dengan lubang pada bagian tengahnya? Lalu saat mencobanya, rasa kue tersebut manis dan gurih lezat. Itulah dia kue sagu keju yang juga menjadi favorit banyak orang. 

Sesuai dengan namanya, bahan utama dari kue kering satu ini adalah sagu dan keju yang berlimpah, lho. Disertai gula halus, mentega, dan kuning telur yang membuat rasa kue sagu keju jadi semakin bikin jatuh cinta. 

Jika ingin membuatnya sendiri, pastikan kamu memiliki spuit untuk membantu dalam proses pencetakan kue agar bentuknya rapi dan ukurannya sesuai. Dengan begitu, kue sagu keju buatan kamu akan jadi lebih cantik dan lezat.

Baca Juga:   10 Olahraga Meninggikan Badan di Rumah
kue kering lebaran sagu keju
Sumber: muchbetter.com

 

5. Kue Putri Salju

Sesuai dengan namanya, yaitu putri salju, kue ini memiliki tampilan cantik dengan taburan gula halus bak salju yang menyelimutinya. Tidak hanya itu, rasanya yang manis bikin kita jadi ketagihan.

Uniknya lagi, kue ini lebih sering muncul dalam bentuk bulan sabit yang diselimuti ‘salju’ atau gula halus sehingga banyak orang menyebutnya “kue bulan” atau “bulan salju”. Tentunya, kue kering ini akan lebih nikmat ketika disantap dengan teh bunga hangat.

kue kering lebaran putri salju
Sumber: balinesegal.blogspot.com

Nah, itulah kelima kue kering khas lebaran yang wajib ada di ata meja tamu. Pastikan untuk selalu menyajikan yang terbaik untuk orang terdekat kamu selama lebaran nanti ya, Ruppers. 

Tentunya, akan terasa lebih spesial lagi kalau kamu membuat kue tersebut sendiri. Nah, kalau ingin membuatnya sendiri, kamu perlu menyiapkan peralatan bikin kue berkualitas, seperti mangkuk adonan, whisk, oven, dan mixer berikut ini.

Krischef Mangkuk Adonan Stainless 24 Cm
Krischef Mangkuk Adonan Stainless 24 Cm

Beli di sini

Cooking Color Prun Pengocok Adonan
Cooking Color Prun Pengocok Adonan

Beli di sini

Philips Mixer Hr1559 - Hijau
Philips Mixer Hr1559 – Hijau

Beli di sini

Kels 35 Ltr Dayton Oven Dengan Rotisserie
Kels 35 Ltr Dayton Oven

Beli di sini

Nah, kamu bisa menemukan berbagai kebutuhan baking dan alat masak lainnya hanya di Ruparupa.com.

kue kering lebaran

Situs belanja online ini juga menjual berbagai produk home living dengan kualitas terbaik dari merek ternama, seperti ACE, Informa, Krisbow, dan lain-lain. Selamat menyajikan kue lebaran yang lezat di rumah.