6 Tips Memilih Coffee Grinder dan Rekomendasi Mesin Penggiling Kopi Terbaik

0
4131
memilih coffee grinder Acepresso Coffee Grinder 2 In 1

Coffee grinder atau mesin penggiling kopi adalah alat pembuat kopi yang biasanya digunakan untuk menghaluskan biji kopi menjadi bubuk sehingga siap untuk diseduh. Namun, ternyata memilih coffee grinder tidak bisa sembarangan, lho. 

Jika salah dalam memilih coffee grinder, maka dapat menyebabkan cita rasa kopi berkurang, mesin cepat panas, bahkan mudah rusak. Pastinya tidak mau ‘kan hal tersebut terjadi pada coffee grinder kesayangan kamu? 

Ruparupa Banner

Lantas, Bagaimana Cara Memilih Coffee Grinder yang Benar?

Berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat memilih coffee grinder untuk membuat kopi di rumah. 

1. Sesuaikan pisau grinder dengan jenis kopi favorit

memilih coffee grinder
Bear Coffee Grinder Vacuum

Tahukah kamu kalau setiap tingkat kehalusan bubuk kopi dapat menghasilkan cita rasa yang berbeda, lho. Bubuk kopi yang lebih kasar harus terkena air dalam jangka waktu lama agar rasanya bisa terekstraksi dengan baik. 

Biasanya, bubuk kopi kasar cocok untuk kamu pencinta kopi dengan teknik french press, V60, atau vietnam drip. Sedangkan bubuk kopi halus lebih sering digunakan pada mesin espresso atau mesin kopi otomatis. 

Jadi, kamu perlu mengetahui tingkat kehalusan bubuk kopi. Pastikan ukuran pisau coffee grinder sesuai dengan tingkat kehalusan bubuk kopi yang diinginkan. 

2. Perhatikan kapasitas tangki biji kopi

Cara Memilih Coffee Grinder
Tea Culture Take Out Coffee Grinder

Coffee grinder memiliki ukuran tangki yang berbeda-beda, mulai dari untuk 5-12 cangkir. Jika sering menggunakan alat ini untuk membuat kopi, kamu bisa memilih coffee grinder dengan kapasitas tangki yang cukup besar. 

Baca Juga:   8 Perabot Minimalis untuk Ruang Keluarga Sempit

Namun, jika dalam sehari kamu hanya menggunakannya untuk membuat kopi kurang dari 5 cangkir, pilihlah coffee grinder dengan ukuran tangki lebih kecil. 

3. Pertimbangkan tingkat kecepatan penggilingan

memilih coffee grinder
Tea Culture Take Out Penggiling Kopi – Hitam

Tahukah kamu kalau tingkat kecepatan penggilingan biji kopi juga harus kamu perhatikan dengan baik, lho. Coffee grinder dengan kecepatan rendah biasanya menghasilkan lebih sedikit panas dan hasil gilingan yang kurang konsisten.

Sedangkan coffee grinder dengan kecepatan tinggi biasanya menghasilkan bubuk kopi yang lebih konsisten, tapi mesinnya bisa cepat panas. Selain itu, mesin penggiling yang terlalu panas bisa membuat rasa bubuk kopi jadi pahit. 

Jika ingin menggunakan coffee grinder dengan tingkat kecepatan tinggi, pastikan kamu memperhatikan waktu penggunaannya agar tidak beroperasi terlalu lama. 

4. Pilih material yang kuat dan tahan lama

Biasanya, coffee grinder dengan kualitas terbaik terbuat dari bahan baja tahan karat untuk pisau penggilingnya dan memiliki mata pisau cukup tebal agar dapat menggiling biji kopi dengan baik. 

Sedangkan untuk bagian luar coffee grinder terbuat dari plastik atau stainless steel. Hal yang paling penting adalah pilih material coffee grinder yang berkualitas. 

5. Ketahui cara membersihkan coffee grinder 

Cara membersihkan coffee grinder juga perlu diperhatikan. Apalagi, ada beberapa jenis coffee grinder yang mata pisaunya tidak dapat dilepas-pasang.  Tentunya, alat ini akan menyulitkan kita saat membersihkannya.

Baca Juga:   5 Tips Menata Ruang Bermain Anak yang Nyaman di Rumah Mungil

6. Pilih model coffee grinder yang menarik 

Coffee grinder juga bisa menjadi hiasan di dapur, baik coffee grinder manual atau elektrik. Agar dapur tampak lebih menarik, pilih alat coffee grinder sesuai tema ruangan di rumah. 

Misalnya, jika dapur bertema vintage, kamu bisa memilih coffee grinder manual yang cara pengoperasiannya adalah dengan digiling menggunakan tangan. 

Sedangkan untuk tema minimalis, kamu bisa memilih coffee grinder elektrik yang terbuat dari plastik atau stainless steel

memilih coffee grinder
Acepresso Coffee Grinder 2 In 1

Nah, itu dia cara memilih coffee grinder yang benar. Jadi, kamu bisa membuat kopi yang lezat di rumah.

Rekomendasi Coffee Grinder Terbaik

Tenang saja, kami punya beberapa rekomendasi coffee grinder terbaik yang bisa kamu beli melalui ruparupa.com, seperti berikut ini.

memilih coffee grinder Kels Hadley Coffee Grinder - Hitam
Kels Hadley Coffee Grinder – Hitam

Beli di sini

Tea Culture Take Out Penggiling Kopi - Hitam
Tea Culture Take Out Penggiling Kopi – Hitam

Beli di sini

Krishome Penggiling Kopi Manual
Krishome Penggiling Kopi Manual

Beli di sini

Tea Culture Penggiling Kopi Klasik
Tea Culture Penggiling Kopi Klasik

Beli di sini

Rekomendasi coffee grinder di atas juga bisa menjadi ide kado spesial buat kerabat terdekat, baik sebagai hadiah ulang tahun, Natal, tahun baru, atau hari spesial lainnya.

temukan Ide Kado untuk Orang Spesial
 KLIK DI SINI

Situs belanja online satu ini juga menyediakan perabot dan perlengkapan rumah tangga dari merek ternama milik Kawan Lama Group, yaitu, ACE, Informa, Selma, Toys Kingdom, dan masih banyak lagi.