6 Cara Memilih Warna Karpet Ruang Tamu

0
286

Karpet merupakan salah satu aksesori wajib yang ada di setiap rumah. Selain membuat pijakan kaki terasa nyaman, karpet juga bisa membantu menghidupkan aksen ruangan, yang terkesan monoton dan sempit. Maka dari itu, Anda perlu memahami tata cara memilih warna karpet agar ruang tamu terlihat apik dan nyaman.

Promo 12 12 Ruparupa

Cara Memilih Warna Karpet Ruang Tamu

Umumnya, penggunaan karpet pada area ruang tamu berfungsi sebagai dekoratif ruangan. Untuk itulah, pemilihan komponen warna menjadi prioritas pertama agar bisa menghidupkan suasana dan menambah nilai estetika ruang tamu.

1. Pemilihan skema warna

Sesuaikan warna karpet dan sofa agar terlihat senada. Pastikan Anda tidak memilih perbedaan warna yang mencolok karena dapat membuat tampilan ruangan menjadi tidak enak dipandang. Apalagi, jenis warna yang bersinergi dengan ruangan akan memberikan dampak psikologis positif bagi sang penghuni.

Pemilihan warna gelap dan terang memiliki kelebihannya masing-masing. Warna gelap sangat cocok untuk menyembunyikan noda, tetapi akan lebih cepat terlihat ketika berdebu atau bulu hewan yang menempel. Sedangkan warna terang justru sebaliknya.

Warna netral kini cukup populer pada kalangan pencinta karpet. Pasalnya, warna ini dapat mempengaruhi psikologis pemiliknya. Warna netral sendiri lebih mudah untuk dibaurkan pada berbagai tema dan warna ruangan. Suasana berkumpul dan bersantai bersama di ruang keluarga pun akan semakin menyenangkan.

Baca Juga:   5 Inspirasi Desain Pagar Besi Untuk Rumah Minimalis

2. Penggunaan karpet motif

Pada dasarnya, motif memiliki daya tarik pesona yang unik dan luar biasa. Tidak ada salahnya jika Anda mencoba penampilan berbeda dengan menggunakan karpet bermotif. Pada konsep ruangan minimalis, motif karpet seperti ini akan membantu menghidupkan ruangan sehingga tidak terlihat monoton.

warna abu karpet ruang tamu
Dapatkan karpet motif dengan material kualitas terbaik hanya di Ruparupa.com

Selain itu, penggunaan motif yang tidak terlalu ramai bisa membangun desain ruangan minimalis modern. Motif dari karpet ini juga lebih mudah dipadupadankan dengan tema ruangan hunian Anda. Permukaannya yang halus dengan material polyester membuat karpet ini nyaman saat dipijak. Anda bisa membeli karpet abu motif di sini.

3. Perhatikan warna sofa

Sofa merupakan salah satu instrumen yang paling mencolok pada ruang tamu. Oleh karena itu, Anda perlu memilih warna sofa terlebih dahulu sebelum memilih karpet. Intinya, pilihlah warna karpet mendekati tone sofa, baru disusul dengan pemilihan perabotan lain. Dengan pemilihan warna yang senada, ruangan Anda akan terlihat lebih modern.

4. Sesuaikan ukuran karpet dan ruangan

Tidak hanya pada ruangan yang besar, tetapi penggunaan karpet juga dapat Anda terapkan  pada ruang tamu berukuran kecil. Jika Anda memiliki ukuran ruangan yang mungil, maka Anda dapat menyesuaikan karpet sebatas ukuran sofa di ruang tamu. Meskipun kecil, penggunaan karpet tetap bisa menciptakan kesan ruangan yang lapang.

Kuncinya adalah dengan memilih tampilan motif yang ringan dan sederhana, serta warna yang netral. Sedangkan bila Anda memiliki ukuran ruangan yang luas, maka Anda bisa mencoba menggunakan karpet berukuran lebar untuk menciptakan ilusi ruangan ruangan yang lebih megah.

Baca Juga:   Tren Furniture 2016 untuk Ruang Keluarga yang Lebih Stylish

5. Material yang mudah dicuci

Pastikan Anda memilih karpet yang lebih mudah untuk dicuci. Selain membantu untuk mempertahankan warna, kebersihan karpet juga sangat baik untuk kesehatan penghuni. Apalagi, karpet merupakan salah satu dekorasi yang selalu kita pijak baik setiap harinya.

Untuk menghindari kuman penyakit yang bersarang pada karpet, Anda dapat memanfaatkan jasa cuci karpet dan memilih bahan yang mudah untuk dibersihkan. Misalnya, penggunaan karpet berbahan faux fur, yang dapat dibersihkan dengan vacuum cleaner setiap minggunya. Namun, penggunaan ini hanya membantu mengangkat partikel debu dan tidak berlaku pada noda membandel.

warna karpet ruang tamu furKlik disini untuk membeli karpet ini.

6. Sesuaikan dengan suasana ruangan

Setiap ruang tamu tentunya mengangkat tema yang berbeda. Hal ini juga berpengaruh pada penggunaan warna karpet yang Anda gunakan. Pada dasarnya, setiap warna yang Anda gunakan dapat mengubah nuansa ruangan.

Jika pencahayaan ruang tamu cukup terang, maka Anda bisa memilih karpet berwarna gelap. Sedangkan untuk menciptakan ruangan yang tenang dan hangat, maka Anda bisa menyesuaikan warna karpet dengan cat dinding dan furnitur di dalamnya.

***

Itu dia 6 cara memilih warna karpet ruang tamu yang dapat diterapkan pada hunian Anda. Anda dapat menemukan inspirasi dekorasi rumah yang bisa membuat ruangan terasa nyaman dan hangat di sini.