6 Cara Memilih Mesin Kopi yang Tepat bagi Pemula

0
1429
cara memilih mesin kopi

Kopi menjadi minuman favorit banyak orang, khususnya para pekerja. Soalnya, secangkir kopi dapat membangkitkan tenaga dan menahan rasa kantuk saat beraktivitas. Tidak heran bila banyak orang ingin memiliki mesin kopi sendiri di rumah. 

Jadi, kita bisa membuat sendiri kopi favorit tanpa harus jajan. Bahkan, kita bisa  menyesuaikan rasa kopi dengan berbagai takaran dan cara penyajian sesuai keinginan kita.

Ruparupa Banner

Namun, memilih mesin kopi tidak bisa sembarangan, terutama bila kita ingin membuat kopi ala coffee shop ternama.  

Kris 1.5 Ltr Coffee Maker - Hitam

Lantas, Bagaimana Cara Memilih Mesin Kopi?

Nah, biar kamu dapat membuat secangkir kopi yang nikmat, simak hal-hal yang perlu diperhatikan saat beli mesin kopi berikut ini.

1. Sesuaikan jenis mesin kopi dengan kebutuhan

Mesin kopi terdiri dari manual dan otomatis. Tentunya, jenis mesin kopi tersebut akan menghasilkan cita rasa dan penyajian yang berbeda-beda.

Ada beberapa jenis alat pembuat kopi yang perlu kamu ketahui, yaitu vietnam drip, french press, pod, dan masih banyak lagi. Kamu bisa mencari tahu lebih lanjut dengan klik di sini.

Jika suka yang praktis, kamu bisa memilih jenis mesin kopi pod atau coffee maker otomatis.  Namun, jika ingin menghasilkan kopi yang lebih kental, pilihlah french press dan V60. Berikut alat pembuat kopi yang bisa kamu gunakan.

Baca Juga:   9 Perabot Kayu Kekinian yang Bikin Rumah Estetik

 

Krishome Filter Vietnam Drip
Krishome Filter Vietnam Drip

Beli di sini

Hario Coffee Dripper V60
Hario Coffee Dripper V60

Beli di sini

 

2. Perhatikan ukuran mesin kopi

Saat memilih mesin kopi, pertimbangkan berapa orang yang akan meminumnya di rumah atau seberapa banyak kamu mengonsumsinya. Jika kamu hanya bisa menghabiskan satu gelas kopi dalam sehari, pilihlah mesin kopi single-serve. 

Namun, kalau banyak penggemar kopi di rumah, pilihlah mesin kopi dengan kapasitas tangki air yang cukup besar. Jadinya, kamu bisa membuat kopi dengan lebih cepat dan praktis. 

3. Ketahui tingkat temperatur mesin kopi

Menurut National Coffee Association, suhu air terbaik untuk membuat kopi  yang lezat adalah 196-205°F atau sama dengan 90-96°C.  Untuk itu, kamu perlu memilih mesin kopi yang mampu menghasilkan air panas dengan suhu tersebut.

Kamu dapat melihat keterangan tingkat temperatur pada kotak mesin kopi. Namun, kalau menggunakan mesin kopi manual, kamu bisa menggunakan termometer makanan untuk mengukurnya. 

4. Perhatikan konsumsi daya listriknya

Mesin kopi otomatis tentunya akan menggunakan daya listriknya cukup besar. Jadi, perhatikan konsumsi daya listrik dari mesin kopi dan sesuaikan dengan daya listrik di rumah kamu.

Hal ini bertujuan untuk menghindari MCB turun (listrik jatuh) yang dapat menyebabkan alat elektronik di rumah mudah rusak.

Ariete Coffee Maker Espresso W Grinder

5. Pilih yang mudah digunakan dan dibersihkan

Pilih mesin kopi yang mudah digunakan, baik jenis manual ataupun otomatis. Pastikan kamu menanyakan kepada penjual atau membaca petunjuk penggunaannya terlebih dahulu. Jika dirasa tidak sulit menggunakannya, kamu bisa membelinya.

Baca Juga:   7 Tips Memilih Kompor Gas Yang Tepat Buat Dapur Kamu

Agar lebih praktis, kamu bisa memilih mesin kopi otomatis yang sudah memiliki fitur lengkap. Kamu hanya perlu menekan beberapa tombol untuk menghasilkan segelas kopi lezat.  

6. Pertimbangkan fitur tambahan

Saat membuat kopi berkualitas, kamu harus melewati beberapa tahap, mulai dari menggiling biji kopi menjadi bubuk hingga menjadi secangkir espresso. Tentunya, akan cukup merepotkan jika kamu menggunakan banyak alat berbeda.

Nah, kamu bisa mempertimbangkan untuk memilih mesin kopi dengan fitur lengkap, seperti grinder, milk frother, dan espresso makerBahkan, ada juga mesin yang bisa membuat berbagai jenis kopi lezat hanya dengan menekan satu tombol, lho.

memilih mesin kopi Kels 850 Ml Electrical Coffee Maker Grind & Brew
Kels 850 Ml Electrical Coffee Maker Grind & Brew

Beli di sini

Itulah cara mudah memilih mesin kopi yang tepat bagi kamu para pemula.  Kamu bisa menemukan berbagai alat pembuat kopi yang lengkap dan berkualitas hanya di  ruparupa.com.

Temukan berbagai perabot dan perlengkapan rumah tangga berkualitas di situs belanja online ini dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Krisbow, dan Ataru.

Nah, kami juga punya beberapa rekomendasi mesin kopi yang bisa kamu beli. 

memilih mesin kopi Acepresso 2.7 Ltr Espresso Coffee Maker Dengan Grinder
Acepresso 2.7 Ltr Espresso Coffee Maker Dengan Grinder

Beli di sini

memilih mesin kopi Klaz Mesin High Pressure Coffee Maker Espresso
Klaz Mesin High Pressure Coffee Maker Espresso

Beli di sini

Kamu juga bisa membeli gelas dan cangkir estetik untuk membuat suasana minum kopi jadi lebih menyenangkan, seperti berikut ini.

Appetite Set 4 Pcs Cangkir & Saucer Coffee O Clock
Appetite Set 4 Pcs Cangkir & Saucer Coffee O Clock

Beli di sini

Appetite Set 13 Pcs Cangkir Kopi Dengan Rak Susun
Appetite Set 13 Pcs Cangkir Kopi Dengan Rak Susun

Beli di sini

Delicia 200 Ml Cangkir Coffee & Saucer
Delicia 200 Ml Cangkir Coffee & Saucer

Beli di sini