12 Ide Dekorasi Ruang Tamu Estetik dan Populer

0
2921
Dekorasi ruang tamu minimalis
Source: Better homes and garden

Dekorasi ruang tamu menjadi hal utama untuk sebuah hunian. Apalagi, ruang tamu adalah area pertama yang akan dikunjungi ketika ada teman dan kerabat yang datang ke rumah.

Promo Furnifest

Memang, harus diakui untuk menentukan dekorasi ruang tamu tidak mudah, terutama bila kita memiliki rumah minimalis, yang tidak ada sekat. Bila salah memilih hiasan ruang tamu, bisa-bisa malah mempersempit ruangan.

Inspirasi Dekorasi Ruang Tamu Terbaik

Untuk itulah, kali ini kami punya beberapa ide inspirasi dekorasi ruang tamu yang bisa membuat rumah semakin terlihat menawan. Simak berikut ini.

1. Mencampur warna terang dan gelap

Dekorasi ruang tamu
Source: https://www.pinterest.com.au/pin/481814860127452368/

Menggunakan warna cat ruang tamu serba putih tidak selalu memberikan kesan positif. Terkadang jistru akan memberikan kesan terlalu “bersih” dan membosankan. Begitu juga, jika warna gelap yang terlalu mendominasi, maka akan memberikan kesan terlalu sumpek.

Makanan Anjing

Untuk itulah, kita bisa menciptakan tampilan yang dinamis dengan menggunakan warna gelap dan terang. Kamu bisa memanfaatkan perpaduan hitan dan putih menciptakan keseimbangan desain ruangan.

rak dinding
Rak Dinding 100 Cm – Hitam Glossy

Beli di sini

2. Dekorasi ruang tamu yang menonjolkan warna netral 

Dekorasi ruang tamu minimalis
Source: Better homes and garden

Selain memasukkan beberapa warna putih dan hitam, mendekorasi ruang tamu dengan berbagai warna netral lain, seperti cream dan abu-abu, juga bisa mempercantik rumah.

Sebagai contoh, gunakan dinding berwarna putih, dekorasi rumah dari kuningan atau perak, sofa abu-abu, dan sarung bantal yang kontras satu sama lain, seperti gambar di atas.

sarung bantal
Sarung Bantal Sofa 43×43 Cm Summer Retreat 2g

Beli di sini

3. Bermain dengan tekstur dan motif dekorasi ruang

dekorasi ruang tamu kecil
Source: https://id.pinterest.com/pin/168392473546830271/

Seringkali, tekstur diabaikan saat mendekorasi ruang tamu. Alasannya karena takut membuat ruangan justru terasa lebih ramai dan sumpek.

Padahal, tekstur dapat membuat ruang tamu terasa nyaman. Nah, kamu hanya perlu melengkapi ruangan ini dengan menggunakan perabot dari bahan kayu, logam, kaca, serta tanaman hias.

Baca Juga:   5 Tips Agar Rumah Kelihatan Lebih Bagus dan Mewah

Berikut ini kami punya rekomendasi cermin kayu yang bisa mempercantik ruang tamu.

cermin dinding
Cermin Dinding Dengan Rak A8 35×55.5cm

Beli di sini

4. Menambahkan bantal sebagai dekorasi ruang tamu minimalis

ruang tamu dengan kursi rotan dan selendang
Sumber : Instagram @ist_tie

Bantal adalah salah satu perlengkapan yang tepat untuk membuat ruang tamu terlihat cantik dengan anggaran terbatas. Selain berfungsi untuk memberi kenyamanan ekstra, bantal juga menjadi aksesoris untuk menambahkan warna baru pada ruangan.

Bantal dekoratif cocok untuk mempercantik ruang tamu minimalis dengan cara yang sederhana dan maksimal. Nah, berikut rekomendasi bantal sofa yang bisa jadi pilihan di rumah.

bantal
Arthome 45×45 Cm Sarung Bantal Sofa Leaf – Gold

Beli di sini

bantal
Arthome 45×45 Cm Sarung Bantal Sofa Marble – Abu-abu

Beli di sini

5. Dekorasi ruang tamu berunsur kayu 

dekorasi ruang tamu sederhana tapi menarik
Source: hips.hearstapps.

Belum sempurna jika berbicara tentang tekstur tanpa melibatkan penggunaan kayu di dalamnya. Apalagi, kayu merupakan elemen yang dapat menghadirkan rasa hangat pada desain ruang tamu.

Ada banyak cara untuk menambahkan unsur kayu, seperti menggunakan rak dinding kayu, meja bar, bangku ayun, bingkai foto dan ukiran lainnya.

Nah, berikut kami punya rekomendasi set meja dan bangku kayu yang bisa jadi pilihan untuk rumah minimalis.

meja bar
Ablock Meja Bar – Cokelat

Beli di sini

6. Percantik ruangan dengan memilih alas lantai yang tepat

dekorasi ruang tamu sederhana
Source: Tarkeet

Salah satu trik untuk mendekorasi ruang tamu minimalis atau berukuran luas terlihat sempurna tanpa berlebihan adalah dengan menambahkan alas lantai yang yang terbuat dari kayu, ubin dan keramik.

Meskipun terlihat sederhana cara ini dapat memberikan kesan rapi dan teratur. Selain itu kehadiran pelapis lantai ini dapat membuat ruang tamu terasa nyaman secara instan.

lantai parket
Quickstep Impressive Parket Kayu Laminasi – Oak

Beli di sini

7. Gunakan kain untuk pelapis sofa 

sofa
Nordia Kila Sofa Fabric 2 Dudukan – Abu-abu

Beli di sini

Jika ingin mewujudkan dekorasi cantik yang praktis, tambahkan kain motif atau yang berbeda warna pada sofa.

Bukan saja membuat area ruang tamu menjadi nyaman tetapi juga membuatnya bersih serta tahan lama. Terutama jika Ruppers memiliki bayi atau anak kecil, hewan peliharaan yang sering beraktivitas pada area ini.

Sebagai saran profesional gunakan kain berwarna gelap yang menjadi pilihan aman meskipun terkena noda atau debu. Hindari penggunaan warna yang terang karena mudah terlihat kotor.

8. Memadukan ragam warna interior

sekat tembok ruang tamu minimalis
Source: decoist

Meskipun Anda dapat menciptakan ruang yang indah tanpa warna cerah, tidak ada salahnya untuk menambahkan sedikit warna pada ruang tamu untuk menciptakan suasana yang santai dan hidup.

Terlebih saat ini banyak pilihan warna seperti biru, hijau, kuning, orange, pink yang populer dan disukai banyak orang. Warna kontras di atas cocok dipadukan dengan berbagai elemen dari kulit dan kayu, serta dan cukup netral untuk dipadukan dengan warna netral lainnya.

Baca Juga:   20 Desain Dapur dan Ruang Makan Konsep Open Plan

9. Tambahkan karpet bermotif sebagai dekorasi

dekorasi dinding hiasan dinding ruang tamu
Source: Home design lover

Pola adalah cara mendesain ruang tamu yang mudah dan bisa memberikan perubahan signifikan. Salah satu caranya adalah memakai karpet yang memiliku motif.

Selain bisa mempercantik ruang tamu, karpet juga dapat meminimalkan munculnya noda atau kerusakan pada lantai keramik.

Nah, berikut rekomendasi karpet bermotif yang bisa kamu gunakan untuk mempercantik ruang tamu di rumah.

karpet lantai
Yoshi 130×190 Cm Karpet Rectangular Pvc – Cokelat Muda

Beli di sini

10. Pilih meja dan bangku multifungsi

Meja multifungsi dan kursi lipat adalah cara mudah untuk membuat ruang tamu jauh lebih nyaman, apalagi jika Ruppers tinggal pada area terbatas.

Perabot ini bsia membaut  ruangan tidak sempit dan kamu pun tetap nyaman saat beraktivitas. Berikut rekomendasi meja dan kursi lipat yang bisa kamu gunakan di rumah.

meja lipat
Lexi Set Meja Makan Lipat 2 Bangku – Cokelat

Beli di sini

meja lipat
Lexy Set Meja Makan 2 Kursi – Cokelat

Beli di sini

 

11. Dekorasi ruang tamu sempurna dengan warna sofa yang tepat

Ruang tamu akan terlihat luas ketika memilih perabot yang tepat, termasuk dalam pemilihan warna sofa. Untuk hunian terbatas, kamu bisa memakai sofa warna netral, seperti putih dan abu-abu.

Berikut rekomendasi sofa kekinian yang bisa jadi pilihan buat ruang tamu di rumah.

sofa bed
Liberty Sofa Tidur Fabric – Cokelat

Beli di sini

12. Gaya dan dekorasi ruang tamu dengan sentuhan personal

Ruang tamu adalah tempat untuk bersantai dan menerima relasi yang datang berkunjung. Jadi, pastikan menggunakan warna cat dinding yang tepat agar bisa memberikan sentuhan personal.

Kamu juga bisa menambahkan hiasan dinding, seperti mini galeri foto artistik, sofa bantal, keranjang penyimpanan terbuka, dan furnitur yang memberikan kesan estetika.

rak dinding
Danior Rak Dinding – Putih

Beli di sini

Untuk memudahkan ruppers mendekorasi ruang tamu lebih mudah, kunjungi blog Ruparupa, yang memberikan inspirasi warna, furnitur dan tips menarik.

Sedangkan untuk menyempurnakan dekorasi ruang tamu, kamu bisa mempercayakan pada Ruparupa.com, yang selalu menghadirkan produk rumah tangga unggulan dengan harga terbaik.

Situs belanja online ini hanya menghadirkan ragam furnitur dari brand terpercaya seperti ACE, Informa, Selm, dan masih banyak lagi. Dapatkan dengan harga terbaik, serta penawaran eksklusif jika Anda bergabung menjadi Ruppers sekarang juga.

Segera download aplikasi Ruparupa melalui smartphone Anda agar dapat berbelanja dengan mudah dan nyaman.