Kamar tidur merupakan ruangan yang sangat privasi bagi siapapun, termasuk bagi anak. Di ruangan inilah anak banyak menghabiskan waktu untuk tidur, bermain dan belajar. Ada baiknya jika Anda memberikan perhatian lebih saat mempersiapkan kamar anak. Agar si Kecil dapat memperoleh kesempatan belajar terbaik melalui barang-barang yang ada di kamarnya.

Jangan abaikan kombinasi warna, bentuk dan ukuran barang yang ada di kamarnya. Karena meski terkesan sederhana bagi orang dewasa, namun ketiga hal tersebut sangat berpengaruh pada proses awal pengenalan anak terhadap bentuk, warna dan sensor motoriknya. Berikut beberapa ide yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kenyamanan dan keindahan kamar anak.

1. Tambahkan stickeride dekorasi kamar anak

Cara ini merupakan cara sederhana untuk memperkenalkan berbagai bentuk kepada si Kecil. Anda dapat memberikan sticker aneka warna dengan figur favoritnya. Anda juga bisa menambahkan sticker pada dinding sebagai ukuran pertumbuhan tinggi anak. Tambahkan sticker yang dapat dilepas pasang pada bagian cermin, sehingga si Kecil bisa bermain sticker pada area itu untuk melatih koordinasi mata dan tangan serta sensor motoriknya.

2. Dekorasi ruangan

Anda bisa menambahkan berbagai dekorasi ruangan yang sesuai dengan kebutuhan. Tidak perlu terlalu ramai, pastikan dekorasi kamar anak itu tidak membahayakan si Kecil, misalnya tempat pakaian kotor atau kotak penyimpanan aneka bentuk dan warna. Kotak penyimpanan ini dapat digunakan untuk menyimpan mainan, si Kecil juga bisa belajar tentang tanggung jawab dan melatih fokusnya. (Baca disini: Melatih Fokus Anak Melalui Boks Mainan)

3. Galeri dindingide dekorasi kamar anak

Pertumbuhan anak berlangsung sangat cepat, tentunya Anda tidak ingin setiap tahapannya berlalu begitu saja. Untuk itu Anda tentunya mengabadikan setiap momen pertumbuhannya melalui foto dan video. Anda bisa memanfaatkan foto-foto tersebut sebagai hiasan dinding kamarnya, dan kombinasikan dalam sebuah galeri foto. (Baca disini: Yuk Buat Galeri Dinding Sendiri! )

4. Tambahkan karpet dan pengaman lainnya

Keamanan tentunya menjadi hal utama yang selalu diperhatikan oleh orang tua. Untuk itu Anda perlu memastikan bahwa segala hal yang ada di ruangan si Kecil tidak akan membahayakan. Anda bisa menambahkan karpet yang berkualitas agar anak tidak mudah terantuk, atau tambahkan pengganjal pintu kamar agar si Kecil tidak terjepit pintu, dan peralatan keamanan anak lainnya. (Baca disini: Menciptakan Rumah yang Aman untuk si Kecil)

5. Furnitur yang ramah anakide dekorasi kamar anak

Furnitur yang ramah anak adalah furnitur yang memang dibuat untuk anak, mulai dari ukuran dan materialnya yang aman. Dalam sisi ukuran, ada beberapa furnitur yang dibuat untuk anak dengan mempertimbangkan ketinggian furnitur seperti sofa, kursi, meja dan laci penyimpanan. Jika Anda ingin menambahkan sofa ke dalam kamar anak, tambahkan sofa dengan jenis upholstery agar tidak membahayakan saat anak terantuk, atau manfaatkan bean bag agar lebih aman dan nyaman.

Selain itu Anda juga bisa menambahkan tenda mainan anak, untuk memberikan privasi bagi Anak yang lebih besar atau untuk melatih bermain role model. Tenda mainan anak ini selain fungsinya yang beraneka ragam, juga dapat menambah keindahan ruangan.

6. Kombinasi warnaide dekorasi kamar anak

Anda tentunya tahu kombinasi warna dalam ruangan anak sangat mempengaruhi tingkat kecerdasannya. Kemampuan visual anak dapat dilatih sejak usia 40 hari, karena 74% pengetahuannya diperoleh dari kemampuan visual, dan perkembangan auditori-visualnya merupakan pintu gerbang untuk mengembangkan fungsi intelektual anak. Tapi jangan lupa untuk tetap memperhatikan estetika dalam mengkombinasikan warna dalam ruangan.

Keamanan dan kenyamanan tentunya harus diutamakan saat mendesain sebuah ruangan, terlebih kamar anak. Dengan pemilihan furnitur dan kombinasi warna yang tepat, bisa membantu si kecil mengasah kecerdasan dan mengembangkan fungsi intelektualnya.

Temukan berbagai ide dekorasi ruangan kamar untuk anak lainnya dan ciptakan kamar yang sesuai keinginan anak!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here