5 Jenis Biji Kopi Paling Terkenal dan Karakteristiknya

0
5007
jenis biji kopi dan karakteristik
Sumber: unsplash.com

Jenis biji kopi ternyata cukup beragam dan memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Nah, tidak semua pencinta kopi mengetahui setiap biji kopi yang kerap digunakan di kedai kopi, restoran, dan cafe. 

Sebenarnya, mengenakljenis biji kopi bisa membantu kita menyesuaikan rasa yang diinginkan. Misalnya, kamu bisa menggabungkan 30% Arabica dan 70% Robusta untuk menghasilkan kopi pahit dengan sedikit rasa asam.

Ruparupa Banner

Lantas, Apa Saja Jenis Biji Kopi?

Nah, kali ini, kami akan memperkenalkan beberapa jenis biji kopi berkualitas yang bisa kamu cicipi saat berkunjung ke coffee shop. 

1. Arabica

Dikenal sebagai salah satu jenis biji kopi terpopuler, biji Arabica ternyata memang berkualitas tinggi, lho.

Biji kopi Arabica ditanam di dataran tinggi dengan curah hujan stabil. Bukan tanpa alasan, Arabica paling umum diproduksi karena pohonnya mudah dirawat dan ukurannya kecil. 

Acepresso Arabica Kerinci 200 Gr

Arabica memiliki rasa yang lebih halus, kompleks, dan sedikit pahit. Berikut ini rekomendasi biji kopi Arabica yang bisa kamu beli. 

Acepresso Arabica West Java Medium Biji Kopi
Acepresso Arabica West Java Medium Biji Kopi

Beli di sini

Acepresso Arabica Kintamani 200 Gr
Acepresso Arabica Kintamani 200 Gr

Beli di sini

2. Robusta

Robusta merupakan jenis biji kopi yang paling banyak diproduksi kedua setelah Arabica. Kopi satu ini terkenal dengan cita rasanya yang kuat dan pekat. 

Baca Juga:   5 Alat Pembuat Kopi yang Wajib Kamu Ketahui

Wajar saja karena jumlah kafein pada kopi Robusta ada dua kali lipat daripada Arabica. Namun, jenis biji kopi robusta ternyata lebih efektif untuk menahan rasa kantuk.

Aroma dari Robusta juga cukup kuat dan smokey, seperti rekomendasi kami berikut ini.

minuman kopi
Acepresso Robusta West Java Medium Biji Kopi

Beli di sini

jenis biji kopi
Acepresso Kopi Robusta West Java Medium To Dark

Beli di sini

3. Liberica

Liberica ternyata merupakan salah satu jenis biji kopi yang paling sulit ditemukan. Ukurannya lebih besar daripada biji kopi lainnya dan bentuk Liberica juga tidak beraturan. 

Keunikan dari Liberica terletak pada aromanya yang tidak hanya smokey, tetapi juga seperti perpaduan buah dan bunga.

Bagi pencinta kopi, Liberica bisa menjadi pilihan yang unik karena bisa menghadirkan rasa yang tidak biasa. Kamu bisa merasakan pedas, smokey, hingga pahit pada bagian akhirnya. Tertarik untuk berburu jenis biji kopi satu ini? 

4. Excelsa

Jenis biji kopi satu ini baru diklasifikasikan sebagai bagian dari Liberica, lho. Namun, cita rasa kopi Excelsa dan Liberica cukup jauh berbeda. Excelsa menghadirkan rasa asam ala buah yang berpadu dengan aroma asap. 

Jenis kopi ini lebih ringan dari segi aroma dan kafein, lho. Jadi, bagi kamu yang tidak begitu suka kopi, Excelsa bisa menjadi pilihan tepat. 

jenis biji kopi
Sumber: unsplash.com

5. Decaf

Saat berkunjung ke coffee shop, pasti kamu pernah ditawarkan dengan biji kopi Decaf, bukan? Sebenarnya, decaf adalah biji kopi dengan kadar kafein yang rendah. 

Baca Juga:   8 Cara Menggunakan Coffee Maker Dengan Mudah

Proses Decaf dilakukan sebelum biji kopi dipanggang, yaitu dengan merendamnya di air atau uap hingga mengembang. Kemudian, biji kopi akan diekstraksi dengan air dan zat lainnya untuk mengurangi kadar kafein. 

Setelah itu, biji kopi dengan kafein rendah tersebut akan dikeringkan untuk mengembalikan kelembapan normalnya. Jadi, kamu bisa saja membeli kopi Robusta Decaf hingga Arabica Decaf, seperti yang berikut ini. 

 

biji kopi
Acepresso Decaf Arabica Central Java Medium To Dark Biji Kopi

Beli di sini

jenis minuman kopi
Acepresso Decaf Robusta Central Java Medium To Dark Biji Kopi

Beli di sini

 

Nah, itulah kelima jenis biji kopi berkualitas yang perlu kamu ketahui. Sudah siap jadi coffee expert

Kamu juga dapat membuat kopi sendiri di rumah dengan menggunakan  peralatan untuk mengolah biji kopi yang tepat. Ada beberapa jenis alat pembuat kopi yang bisa kamu gunakan, seperti coffee grinder dan coffee machine, seperti berikut ini.

Kels Hadley Coffee Grinder - Hitam
Kels Hadley Coffee Grinder – Hitam

Beli di sini

Ariete Coffee Maker Espresso W Grinder
Ariete Coffee Maker Espresso W Grinder

Beli di sini

Kamu bisa mendapatkan berbagai peralatan bikin kopi terlengkap hanya melalui ruparupa.com.

milik alat bikin kopi berkualitas
hemat hingga 50% klik di sini

Di situs belanja online ini, kamu juga bisa membeli perabot dan perlengkapan rumah tangga dari merek ternama, seperti ACE, Informa, Krisbow, dan Pendopo.