Jajan, semua orang pasti suka sekali jajan. Kebiasaan ini sering kita temui pada anak sekolah maupun para pekerja. Padahal kebiasaan ini bukanlah kebiasaan yang baik adanya, sebab jajanan yang tersedia belum tentu bersih & mencukupi asupan gizi kita sehari-hari. Di sisi lain, manfaat bawa bekal terkadang terlupakan.

#HariBawaBekalNasional

Tapi banyaknya jajanan yang tersedia terlihat lebih menarik baik bagi anak-anak maupun orang dewasa. Padahal membawa bekal ke sekolah dan ke kantor memiliki banyak manfaat, terutama bagi kesehatan lho. Bekal yang sehat dapat memenuhi kebutuhan gizi anak serta membentuk pola hidup yang lebih sehat pada anak & orang dewasa.

Apa saja manfaat bawa bekal?

manfaat bawa bekal1. Menyediakan nutrisi yang dibutuhkan

Penting bagi semua orang untuk mendapatkan makan siang yang sehat & mampu memenuhi kebutuhan kalorinya. Karena 1/3 dari kebutuhan kalori harian berasal dari makan siang. Bagi Anda yang terbiasa mengkonsumsi makan siang yang sehat dengan asupan gizi tepat, maka daya tahan tubuhnya akan jauh lebih tinggi.

Kualitas bekal makan siang Anda tidaklah dinilai dari jumlah makanannya, namun lebih kepada pemenuhan zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam sehari, berapa banyak protein, karbohidrat dan aneka vitamin yang dibutuhkan? Yang terpenting, menu makan siang Anda terdiri dari karbohidrat, sayuran, protein, buah dan air mineral.

manfaat bawa bekal2. Mengontrol asupan harian

Dengan membawa bekal harian, Anda bisa mengontrol seberapa banyak dan jenis makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Jumlah karbohidrat, lemak, protein, dan vitamin lainnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Hal ini sangat baik untuk mencegah obesitas serta mengontrol jenis lemak yang masuk ke tubuh.

Bayangkan jika Anda jajan saat makan siang, belum tentu Anda mendapatkan porsi sayuran yang cukup saat makan siang bukan? Begitu juga dengan jajanan anak, anak akan memilih untuk membeli makanan yang disenangi, bisa berupa gorengan dan makanan lain yang tinggi lemak seperti burger dan lainnya.

3. Meningkatkan energi dan konsentrasi

Kita membutuhkan energi untuk setiap aktifitas sehari-hari yang kita lakukan, terutama untuk belajar dan bekerja. Konsentrasi didapat dari pembakaran energi yang didapat dari makanan yang kita konsumsi. Orang-orang yang terbiasa makan siang dengan porsi cukup, terbukti dapat lebih berkonsentrasi dibandingkan yang tidak makan cukup.

manfaat bawa bekal4. Makan tepat waktu

Saat jajan diluar, Anda terkadang merasa malas untuk mengantre, atau bahkan kebiasaan bekerja hingga melewatkan waktu makan siang. Dengan membawa bekal makan siang, maka Anda bisa makan di meja kerja. Walaupun makan di meja kerja bukanlah pilihan tepat, namun setidaknya akan lebih baik dibandingkan makan telat bukan? Anda tinggal membuka bekal makanan dan menikmati bekal makan siang dimanapun dan kapanpun. Sangat praktis bukan?

5. Hemat uang jajan

Manfaat bawa bekal yang satu ini adalah yang paling sering dibicarakan. Dengan bawa bekal, otomatis uang jajan Anda tetap utuh. Anda bisa menggunakan uang jajan untuk membeli kebutuhan lainnya. Selain itu, Anda juga bisa mengajarkan si Kecil agar lebih berhemat dan menyimpan uang jajannya untuk kebutuhan lain seperti membeli mainan yang diidamkan.

Jika bekal yang Anda bawa untuk si Kecil masih belum dihabiskan, Anda harus menanyakan alasannya kepada si Kecil. Bisa jadi karena kemasannya kurang menarik. Bawakan bekal si Kecil dengan tempat bekal yang menarik dan aneka bentuk. Atau bisa juga karena sulit untuk memakan bekal tersebut. Untuk roti misalnya, potong-potong roti menjadi potongan kecil. Jika membawakan mie atau spagheti, Anda bisa memotong mi dan spagheti jadi ukuran yang lebih pendek sehingga bisa lebih mudah dinikmati.

Untuk mendukung gerakan #HariBawaBekalNasional, yuk mulai sekarang bawa bekal ke sekolah maupun ke kantor. Jangan lupa untuk melihat koleksi tempat makan dan botol minum dari Ruparupa.com!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here