20 Jenis Ikan Hias Termahal yang Cantik dan Unik

1
76859
arwana

Memelihara ikan hias menjadi hobi favorit sebagian besar orang. Selain warna dan coraknya yang cantik, banyak juga yang mencari penghasilan dari beternak berbagai jenis ikan hias.

Soalnya, ternak ikan hias bisa dijadikan sumber penghasilakan karena harganya yang terbilang fantastis, bahkan bisa mencapai miliaran. Semakin jarang dan bagus corak dari ikan tersebut, maka semakin mahal juga harganya. 

Ruparupa Banner

Lantas Apa Saja Jenis Ikan Hias Termahal?

Melansir dari beberapa sumber, ini dia beberapa jenis ikan hias termahal.

1. Jenis Ikan Hias Koi S Legend

jenis ikan hias
Sumber: Flickr/KoiQuestion

Sampai saat ini, ikan koi termahal adalah jenis S Legend karena harganya mencapai Rp26 miliar. Selain mahal karena langka, ikan jenis ini juga pernah memenangkan kompetisi All Japan Koi Show selama 2 tahun berturut-turut.

2. Jenis Ikan Hias Koi Black Dragon

 

jenis ikan hias
Sumber: Ikan Koi Blitar

Masih dari spesies koi, jenis ikan hias black dragon sudah terkenal di mana-mana karena corak tubuhnya cukup unik, yaitu perpaduan warna merah, putih, dan hitam. Ikan hias langka ini dijual dengan harga Rp2,9 miliar.

3. Jenis Ikan Hias Arwana Platinum

jenis ikan hias
Sumber: Ikanesia.id

Platinum arwana adalah ikan air tawar yang terdapat di sungai dan danau di Asia, Amerika Selatan, serta Australia. Beberapa jenis arwana akan menjadi ikan peliharaan paling mahal karena mencapai Rp1,4 miliar rupiah per ikan.

Bahkan, ada yang pernah membeli ikan ini dengan harga Rp4,2 miliar rupiah, lho

4. Jenis Ikan Hias Polka-dot Stingray

jenis ikan hias
Sumber: Flickr/Shankar S

Ikan pari polkadot memiliki tubuh kehitaman dan berbentuk oval dengan ciri khas bintik putih. Warna dan desain uniknya itulah yang membuat ikan ini cukup mahal. Ekornya juga cukup kuat karena ada tulang belakang yang kalau disentuh bisa menimbulkan rasa sakit.

Untuk spesies dewasa, ikan pari ini dapat berdiameter lebih dari 46 cm dan harganya mencapai Rp1,4 miliar rupiah. 

Baca Juga:   Ketahui 7 Manfaat Grooming Bagi Anjing Peliharaan

5. Jenis Ikan Hias Peppermint Angelfish

jenis ikan hias
Sumber: Liveaquaria

Peppermint angelfish adalah ikan yang ditemukan pada kedalaman 300-400 kaki, tepat di dekat gua berbatu dan karang sehingga aksesibilitasnya terbatas. Perkiraan panjang ikan ini adalah 2,54 cm dan hanya akan tumbuh maksimal hingga 7,2 cm. 

Harga jenis ikan hias ini mencapai Rp400 juta.

6. Jenis Ikan Hias Masked Angelfish

jenis ikan hias
Sumber: Wikimedia Commons/George Berninger Jr

Masked angelfish atau genicanthus personatus merupakan ikan karang yang cantik dan mahal, tetapi jarang terlihat. Tubuhnya berwarna putih dengan tanda hitam kebiruan yang mencolok di beberapa bagian. 

Mereka hidup di kedalaman 150-175 meter sehingga sulit buat ditangkap. Dengan kesulitan dan kelangkaannya, harga ikan ini mencapai Rp400 juta.

7. Jenis Ikan Hias Bladeffin Basslet

jenis ikan hias
Sumber: Reef Builders

Bladefin basslet adalah salah satu jenis ikan hias air asin paling langka yang pernah ditangkap dan dijual kepada seorang kolektor. Saking langkanya, ikan ini dibanderol dengan harga Rp146 juta.

Ikan ini hidup di kedalaman lebih dari 150 meter dengan fitur menonjol dari sirip yang menyerupai pisau.

 

8. Golden Basslet

jenis ikan hias
Sumber: Wikimedia Commons/Haplochromis

Basslet ema atau liopropoma aberrans adalah ikan dengan kombinasi kuning jenuh yang melebur jadi warna tangerine di bagian tengah. Karakteristik ikan ini pemalu dan hidup di kedalaman 50-80 meter. Harga ikan ini sekitar Rp113,9 juta.

9. Neptune Grouper

jenis ikan hias
Sumber: Reef Builders

Ikan neptunus grouper hidup di kedalaman 100 meter sehingga penangkapannya sangat menantang. Warna ikan dewasa akan terlihat merah muda dengan garis kuning, sedangkan yang masih remaja menampilkan perpaduan oranye dan kuning.

Kamu harus menyiapkan uang sejumlah Rp85,4 juta jika ingin membeli ikan ini.

10. Ikan Hias Australian Flathead Perch

jenis ikan hias
Sumber: Reef Builders

Dari berbagai jenis ikan hias, australian flathead perch atau rainfordia opercularis berukuran kecil dengan warna cerah. Ikan ini hidup di dekat terumbu karang wilayah Australia Timur.

Dikarenakan jangkauan geografisnya yang terbatas, ikan kecil ini sangat langka dan mahal, mencapai Rp71,2 juta.

11. Nami Green Arowana

jenis ikan hias
Sumber: GL Aquatic

Ikan ini masih termasuk keluarga arwana dan berasal dari Malaysia. Harga ikan ini bisa mencapai Rp69 juta karena tubuhnya akan dipenuhi garis batik yang unik dan cantik, terutama bila sudah tua.

12. Ikan Channa Barca

jenis ikan hias
Sumber: Youtube/CalmingCool Water Creature World

Channa, umumnya dikenal sebagai snakehead atau ikan gabus, merupakan ikan predator primitif dari kelompok channidae. Ikan ini berasal dari Sungai Brahmaputra, dekat dengan Goyalpara, Assam, India.

Buat ikan channa yang masih kecil, kamu bisa memberikan cacing tanah kecil dan udang cincang. Sedangkan ikan yang sudah dewasa, mereka akan makan potongan daging ikan, -udang, dan kerang. Jenis ikan hias ini berkisar sekitar Rp20 juta sampai Rp 50 juta.

Baca Juga:   5 Cara Mudah Membersihkan Kandang Kelinci

13. Wrought Iron Butterfly Fish

jenis ikan hias
Sumber: Reef Builders

Ikan wrought iron butterfly fish atau chaetodon daedalmahe berasal dari Samudra Pasifik Barat. Mereka bisa tumbuh hingga 15 cm dengan tampilan metalik di sirip punggung, ekor, dan buntutnya.

Biasanya, ikan ini membentuk perkumpulan yang sangat besar dan dapat bermigrasi ke area luas. Kamu bisa membelinya seharga Rp34,8 jutaan.

14. Clarion Angelfish

jenis ikan hias
Sumber: Wikimedia Commons/Elias Levy

Clarion angel hidup di dalam terumbu karang hingga kedalaman 30 meter. Mereka hidupnya secara individu. Ciri khas dari jenis ikan hias ini adalah tubuhnya yang padat dengan warna oranye cerah hingga kecoklatan.

Namun, ada juga yang kepalanya berwarna kehijauan. Sayangnya, ikan ini masuk ke daftar merah spesies terancam punah IUCN. Tidak heran, harga ikan ini mencapai Rp35,6 juta.

15. Ikan Blue Eyed Pleco

jenis ikan hias
Sumber: Fish Laboratory Aquatics

Ikan hias dari keluarga sapu-sapu yang bernama blue eyed pleco termasuk dalam spesialis pengumpan kayu apung. Tanpa adanya kayu apung, mereka bisa mati dengan cepat. Tidak heran bila ikan ini dijual dengan harga Rp8 jutaan.

16. Discus Fish

jenis ikan hias
Sumber: Aquariadise

Memelihara ikan discus tidaklah mudah. Soalnya, kamu harus memastikan kalau kondisi airnya tepat, akuarium tidak diisi dengan banyak tanaman, dan luas akuariumnya sesuai.

Belum lagi, kamu harus menyiapkan berbagai macam makanan, dari cacing darah beku, udang air asin, dan yang lainnya. Selain itu, ikan ini rentan terkena penyakit jika habitatnya tidak sesuai. Harganya sekitar Rp7 juta hingga Rp14 juta.

17. Ikan Hias Flowerhorn Cichlid

jenis ikan hias
Sumber: Wikimedia Commons/Lerdsuwa

Flowerhorn terkenal sebagai ikan air tawar tropis yang berasal dari peternakan ikan di Asia Tenggara. Ikan ini memiliki banyak varietas, tergantung bentuk tubuhnya. Ciri khasnya berada pada punuk.

Semakin besar punuk kepalanya, maka harga ikan ini akan semakin mahal. Buat jenis yang dewasa, harganya mencapai Rp9 juta.

18. Ikan Hias Arapaima

jenis ikan hias
Sumber: Smithsonian’s National Zoo

Selain ikan kecil, kamu juga bisa menemukan berbagai ikan hias yang besar, seperti arapaima. Ikan ini  panjangnya bisa sampai 3 meter. Karena hidup di Sungai Amazon, harga ikan ini cukup mahal atau sekitar Rp2 jutaan.

19. Ikan Hias Red Texas Cichlid 

jenis ikan hias
Sumber: Wikimedia Commons/Lerdsuwa

Ikan hias jenis red texas cichlid merupakan hasil persilangan antara cichlid texas jantan dengan red parrot betina. Kelangkaannya ini terletak pada warna tubuhnya yang merah cemerlang. 

Maka dari itu, kalau kamu ingin membeli yang warnanya merah, perlu merogoh kocek sekitar Rp1,2 juta hingga Rp5,6 juta.

20. Ikan Hias African Cichlid

jenis ikan hias
Sumber: Flickr/C Watts

Selain red texas, ada ikan hias jenis cichlid lainnya, yaitu african. Harganya akan semakin mahal kalau warna tubuhnya lebih cerah. Apalagi, ikan ini termasuk yang berumur panjang karena bisa aktif hingga 8 tahun di akuarium.

Buat spesies yang lebih murah, kisaran harganya dari Rp70 ribu hingga Rp210 ribu. Sedangkan harga spesies lainnya bisa mencapai Rp1,4 jutaan. 

Itulah deretan jenis ikan hias termahal yang bisa kamu temukan. Agar ikannya awet dan bisa hidup dengan lama, kamu perlu merawatnya dengan baik.

miliki perlengkapan merawat ikan
hemat hingga 50% KLIK DI SINI

Kami juga memiliki beberap  rekomendasi produk perawatan ikan yang bisa kamu dapatkan di ruparupa.com, seperti di bawah ini.

jenis ikan hias
Boyu Set Akuarium Dan Kabinet Xf-80 – Putih

Beli di sini

jenis ikan hias
Boyu Filter Kolam Ikan Efu-10000a

Beli di sini

jenis ikan hias
Tropical 1 Ltr Makanan Ikan 3 Algae Gran

Beli di sini

jenis ikan hias
Aquascape Hiasan Akuarium Kayu Bonsai Ukuran S

Beli di sini

1 KOMENTAR