Sudah Vaksin Tapi Belum Dapat Sertifikat ? Ini 2 penyebab & solusinya

0
6887
sudah vaksin tapi belum dapat sertifikat
Source: Pixabay

Jangan panik atau khawatir jika sudah vaksin tapi belum dapat sertifikat, karena ini adalah hal yang wajar. Apalagi jika mengingat saat ini sertifikat vaksinasi covid-19 menjadi syarat utama untuk beraktivitas seperti

  • Mengunjungi mall
  • Hangout di kafe atau restoran
  • Syarat berpergian keluar kota atau luar negeri
  • Saat mengadakan pernikahan, atau jenis acara lainnya yang melibatkan banyak orang
  • Berpergian ke pasar

Melihat fungsinya yang sangat beragam, sehingga tidak mengherankan jika banyak yang menanyakan penyebab sertifikat vaksin belum muncul dan bagaimana cara mengatasinya.

Apa penyebab sertifikat vaksin covid belum muncul?

sudah vaksin tapi belum dapat sertifikat
Source: Pixabay

Untuk menjawabnya mari lihat penjelasan selengkapnya yang berasal dari sumber terpercaya.

Mengutip kalimat Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Dedy Permadi, beliau menuturkan alasan mengapa sudah vaksin tapi belum dapat sertifikat covid 19

  1. Orang yang belum mendapatkan sertifikat setelah mengikuti program vaksinasi covid-19, karena adanya data yang tidak sesuai saat pendaftaran, misalnya nomor ponsel atau e mail berbeda.
  2. Data peserta vaksinasi masih dalam proses input ke dalam sistem sehingga membutuhkan waktu agar dapat terlacak pada aplikasi atau web Peduli Lindungi.

Mengenai hal ini Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi juga menegaskan masyarakat diharap bersabar, karena ada rentang waktu yang dibutuhkan dalam proses pengiriman sertifikat vaksinasi digital yang belum masuk ke akun PeduliLindungi.

Secara teknis peserta vaksinasi akan mendapatkan sebuah pesan sms dari 1199 yang berisi tautan untuk mengunduh sertifikat ataupun jadwal vaksinasi pertama maupun kedua.

Selain itu cara lainnya yang dapat dilakukan untuk mengetahui status dan sertifikat vaksin, adalah melalui web Pedulilindungi.id atau aplikasi yang bisa diunduh melalui App Store atau Google PlayStore.

Bagaimana solusi permasalahan sertifikat yang belum muncul?

Sertififikat vaksin covid belum muncul
Source: instagram Kemenkes

Dedy kembali melanjutkan kalau jika peserta vaksinasi mengalami kendala maka dapat mengambil langkah berikut ini

  1. Mengirimkan mengirimkan email ke sertifikat@pedulilindungi.id. Dengan format lengkap yang berisi nama lengkap, NIK KTP, tempat tanggal lahir, dan nomor ponsel yang aktif. Untuk mempersingkat proses pengecekan, lampirkan juga foto dan kartu vaksin yang dalam bentuk fisik.
  2. Sampaikan keluhan dengan menghubungi helpdesk 119 ext. 9

Dalam proses ini peserta diharapkan menunggu proses yang ada. Mengingat banyaknya data penerima vaksin, serta rentang waktu pada sistem.

Kemudian setelah mendapatkan sertifikat vaksin covid-19, Ruppers bisa melakukan pengecekan melalui aplikasi PeduliLindungi atau web dengan cara ini

Cek sertifikat vaksin lewat aplikasi PeduliLindungi

download sertifikat vaksin melalui Peduli lindungi
Source: LIPUTAN 6
  • Pilih login dan masukan nomor ponsel yang terdaftar saat pelaksanaan vaksin covid, untuk menerima kode OTP yang akan dikirimkan melalui SMS.
  • Setelah berhasil masuk pada aplikasi klik “akun/profil” pada pojok kanan pada halaman utama.
  • Pilih opsi “Sertifikat Vaksin” lalu pilih kartu vaksinasi Covid-19 tahap pertama atau kedua. Jika ingin mengunduhnya cukup klik salah satu tahap kartu atau keduanya.
  • Klik pilihan”Ya” untuk mengunduh kartu vaksinasi, yang akan tersimpan secara otomatis di gallery smartphone.

Cara cek sertifikat vaksin melalui situs web

pedulilindungi cek sertifikat vaksin

  • Buka laman https www.pedulilindungi.id
  • Pilih ikon LOGIN atau REGISTER di sudut kanan atas pada situs web.
  • Isi nama lengkap dan nomor ponsel yang terdaftar saat melakukan pendaftaran vaksinasi COVID-19
  • Lalu masukan 6 digit kode OTP yang dikirim oleh PEDULICOVID melalui SMS.
  • Klik ‘Nama Akun’ di sudut kanan atas situs web. Lalu masukan NIK untuk membuka dan mengunduh sertifikat vaksin COVID-19
  • Jika sertifikat vaksin COVID-19 belum tersedia, hubungi call center 119 dengan extension 9 untuk mendapatkan bantuan.

Setelah berhasil mendownload sertifikat simpan dan jangan sebarkan pada sosial media, karena sangat berbahaya. Hal lainnya yang harus diperhatikan adalah hindari mencetak sertifikat vaksin pada jasa percetakan.

Pasalnya dalam sertifikat tersebut tercantum nomor induk kependudukan yang bisa disalah gunakan oleh pihak lain. Karena itulah cukup tunjukan kepada pihak berwenang jika dibutuhkan.

Hal penting lainnya yang tidak boleh terlupakan setelah mendapatkan vaksin yaitu lakukan pencegahan penularan virus Covid 19, dengan selalu menerapkan protokol kesehatan yaitu menjaga jarak, menggunakan masker, dan rajin mencuci tangan.

Karena perlu diingat meskipun sudah menerima vaksin dalam dosis lengkap bukan berarti tubuh kebal sepenuhya. Terkait hal ini fungsi vaksin covid untuk mencegah gejala berat jika terinfeksi virus corona, meningkatkan antibodi, hingga membentuk imunitas kelompok.

Selebihnya pastikan juga untuk selalu menjaga kesehatan diri meskipun hanya dari rumah, dengan berbagai alat kesehatan terbaik yang salah satunya adalah brand Sowell.

Produk unggulan yang sudah memiliki izin resmi, memiliki fitur canggih, serta bergaransi. Dapatkan ragam produk Sowell ini hanya melalui Ruparupa, platform belanja dengan konsep one stop solution.i