Wajib Siapkan 7 Alat Kesehatan ini Di Rumah

0
3385

Kasus Covid-19 yang kian melonjak karena varian baru Omicron membuat kita harus semakin waspada dengan kondisi tubuh. Selain rutin menjaga kesehatan, kita pun harus mulai menyiapkan alat kesehatan mandiri di rumah.

Terlebih, bila anggota keluarga memiliki penyakit bawaan, seperti diabetes, tekanan darah tinggi, jantung, dan masalah pernapasan.

Ruparupa Banner

Deretan Alat Kesehatan Wajib Ada di Rumah

Tentu kita tidak boleh menganggap sepele permasalahan infeksi virus Corona ini. Selain menjaga tubuh tetap bugar, kita pun perlu menyediakan beberapa alat kesehatan di rumah. Tujuannya agar kita bisa mengetahui perkembangan kondisi kita ketika sakit.

Lalu, apa saja alat kesehatan yang harus kita miliki di rumah? Simak berikut ini, yuk.

1. Termometer

Alat kesehatan yang wajib ada di setiap rumah adalah termometer. Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan alat yang satu ini karena berfungsi untuk memantau suhu tubuh seseorang.

Pastikan kamu menggunakan jenis termometer yang mudah dan praktis. Contohnya adalah termometer air raksa dan digital, seperti rekomendasi kami di bawah ini.

alat kesehatan termometer infrared
Sowell Termometer Telinga Sdt-350

Beli di sini

alat kesehatan termometer
Yuwell Termometer Infrared 32-42.9°c Yt-1c

Beli di sini

2. Oximeter

Alat kesehatan selanjutnya yang perlu kamu siapkan di rumah adalah oximeter. Alat ini bisa membantu memantau kadar jumlah oksigen di dalam darah. Selain itu, oximeter juga bisa membantu menghitung detak jantung manusia.

Cara penggunaannya cukup mudah. Kamu hanya perlu memasukkan jari di dalam tempat yang telah tersedia. Lakukan pemantauan 2 kali dalam sehari, terutama bila kamu terinfeksi virus korona.

Baca Juga:   6 Alat Kesehatan yang Diperlukan Saat Traveling

Jika hasil jumlah oksigen menunjukkan nilai di bawah 90%, maka kamu harus segera mendapatkan pertolongan dari tenaga medis. Berikut adalah rekomendasi oximeter dari kami.

alat kesehatan oximeter fingertip
Sowell Oximeter Fingertip Sdo-720

Beli di sini

oximeter
Sowell Oximeter Fingertip Pulse Sdo-721

Beli di sini

3. Tensimeter

Bila kamu atau anggota keluarga memiliki riwayat hipertensi, tekanan darah rendah, dan penyakit jantung, maka kamu wajib mengecek kadar tensi secara rutin.

Salah satu alat kesehatan yang wajib kamu miliki di rumah adalah tensimeter. Dengan alat ini, kamu pun bisa lebih mudah mengetahui kondisi kesehatan setiap harinya dan memantau kinerja obat yang diminum.

alat kesehatan tensimeter
Sowell 2.35 Inci Alat Monitor Pengukur Tekanan Darah

Beli di sini

alat pengukur tekanan darah
Sowell 3.8 Inci Monitor Pengukur Tekanan Darah Sdp-181

Beli di sini

4. Glukometer

Alat pengecek kadar gula darah atau glukometer dapat membantu memantau kadar gula darah. Alat ini harus dimiliki oleh penderita diabetes maupun obesitas.

Kamu cukup membersihkan ujung jari dengan alkohol swab dan mengambil sampel darah dari ujung jari. Kemudian, teteskan sampel darah di strip tes, dan masukkan strip tes ke glukometer. Tunggu beberapa saat hingga angka hasil kadar gula darah muncul.

Umumnya, alat ini telah hadir dalam bentuk digital sehingga mudah digunakan, seperti rekomendasi kami di bawah ini.

alat kesehatan pengukur gula darah
Sowell Alat Pengukur Gula Darah Dengan Strip Sdg-561

Beli di sini

pengukur gula darah
Sowell Alat Pengukur Gula Darah Gdh-fad Stripsdg-562

Beli di sini

5. Spirometri

Alat yang satu ini bisa membantu melihat aliran udara yang keluar dan masuk dari paru-paru dalam bentuk grafik. Jadi, kamu bisa memastikan apakah paru-paru sedang bekerja dengan baik atau tidak.

Baca Juga:   15 Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami

Dalam penggunaannya, pastikan ada seseorang yang menemani kamu. Soalnya, alat ini bisa menyebabkan sedikit pusing hingga hampir pingsan.

Jika kondisi ini terus berlangsung, maka kamu harus menghentikan penggunaan sampai kondisi tubuh kembali stabil.

6. Nebulizer

Peralatan medis satu ini dapat membantu mengubah obat-obatan menjadi uap aerosol guna mempermudah penyalurannya ke saluran pernapasan.

Alat ini direkomendasikan untuk kamu yang memiliki gangguan pernafasan seperti asma dan Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK).

Konsultasikan dulu jenis dan kadar obat sesuai anjuran dokter agar hasil penggunaannya maksimal. Berikut adalah rekomendasinya.

alat kesehatan nebulizer
Sowell Air Compressing Nebulizer Srn-814

Beli di sini

alat kesehatan di rumah nebulizer
Sowell Mesh Nebulizer Rnm60 Srn-810

Beli di sini

7. Tabung Oksigen

Di masa pandemi saat ini, terutama bila kamu memiliki masalah gangguan pernafasan dan sedang menjalani isolasi mandiri akibat terpapar Covid-19, maka kamu perlu menyiapkan tabung oksigen di dalam rumah.

Namun, pastikan kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan tenaga kesehatan terkait kadar dan waktu penggunaan tabung oksigen, ya.

Nah, itu dia 7 alat kesehatan yang perlu kamu sediakan di rumah untuk membantu mengetahui kondisi tubuh kamu.

Sebisa mungkin, catat hasilnya secara rutin. Jadi, ketika muncul gejala tidak normal, dokter bisa mengetahui gambaran kondisi kesehatan dan perkiraan diagnosis berdasarkan riwayat catatan medis kamu.

Dapatkan alat kesehatan mandiri hanya di ruparupa.com

Situs belanja ini juga menjual berbagai peralatan rumah tangga dari merek-merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti Informa, ACE, Selma, dan masih banyak lagi. Tunggu apalagi? Yuk, segera kunjungi ruparupa.com.