17 Pencegahan Covid 19 yang Mudah dan Efektif

0
300
pencegahan covid 19

Dalam salah satu poin keputusan kementerian kesehatan tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian CORONAVIRUS DISEASE, tertulis kalau virus ini telah dinyatakan sebagai penyakit yang menimbulkan kedaruratan sehingga perlu ada upaya pencegahan covid 19 dan pengendaliannya.

Pencegahan ini sendiri merupakan langkah untuk menghentikan penyebaran virus covid yang semakin mudah menular. Terlebih saat ini virus ini terus bermutasi , dan memunculkan varian baru seperti varian Delta, varian Alpha, varian Gamma, dan varian Lambda.

Langkah Pencegahan Covid yang Wajib Kamu Tahu

Berikut ini adalah beberapa langkah pencegahan SARS-CoV-2 yang dapat kamu lakukan

Pencegahan ABC

pencegahan covid 19
Pixabay

Jason Tetro yang merupakan seorang Penulis dan tokoh media terkenal dalam komunikasi sains dan pemasaran memaparkan, kalau cara terbaik mencegah varian baru adalah upaya ABC

Apa sih itu ABC?

A – airways: melindungi diri dengan face shiled, masker dan disinfektan

B- bubble: melakukan kontak hanya dengan orang-orang terdekat

C- contact: berinteraksi dengan orang yang pasti aman, dan untuk mengetahuinya dapat menggunakan aplikasi yang tersedia.

Membatasi lingkaran sosial

memperkecil lingkup sosial covid 19 pencegahan
Source: Pixabay

Manusia adalah mahluk sosial yang memiliki kebutuhan untuk bersosialisasi. Namun di tengah tingginya penularan virus covid, ada baiknya untuk mengurangi jumlah pertemuan  pada lingkaran sosial. Alasannya untuk mencegah risiko penularan virus covid tersebut.

Untuk dapat bersosialisasi kamu bisa melakukannya melalui dunia maya. Memang rasanya akan berbeda dengan tatap muka, tapi bukanlah ini lebih baik dan jauh lebih aman?

Pilih tempat outdoor

covid-19 pencegahan
Source: Pixabay

Untuk beberapa kasus tertentu ada sebagian orang yang memerlukan pertemuan secara offline, terkait hal ini kamu bisa melakukan pertemuan kerja di luar ruangan untuk meminimalisir penyebaran virus yang mungkin terjadi.

Jangan lupa untuk menjaga protokol kesehatan seperti menjaga jarak aman dan selalu menggunakan masker double.

Berbelanja secara online

belanja di ruparupa untuk pencegahan covid

Dr. Scott Braunstein mengatakan dalam situasi pandemi, ada baiknya untuk membatasi belanja secara langsung atau offline. Tapi jika sudah menjadi sebuah keharusan cobalah untuk mempersingkat waktu untuk berbelanja. Pasalnya setiap menit yang kamu habiskan di luar rumah akan meningkatkan risiko penyebaran covid-19

Menggunakan masker yang benar

masker double
masker double terbaik

Berdasarkan CDC (Centers for Disease Control and Prevention), mengatakan setiap orang harus memperhatikan penggunaan masker yang benar, serta harus mengerti bagaimana memilih masker yang dapat menawarkan perlindungan maksimal.

Jika bicara mengenai penggunaan masker maka sangat bergantung pada jenis kain, dan jumlah lapisan kain yang diperlukan. Misalnya dalam penggunaan masker double hanya boleh masker medis yang dilapisi masker kain.

Alasannya agar dapat menutup setiap celah masker yang ada, dan mencegah masuknya partikel kuman yang berukuran kecil atau kasat mata.

Rajin mencuci tangan

rajin mencuci tangan sebagai pencegahan covid 19
Source: pixabay

CDC juga merekomendasikan agar masyarakat memperhatikan kebersihan. Salah satunya dengan rajin mencuci tangan dengan sabun setidaknya 20 detik dan bilas dengan air mengalir.

Jika tidak memungkinkan gunakan hand sanitizer yang mengandung kandungan alkohol setidaknya 60 persen. Aplikasikan setidaknya setelah menyentuh barang-barang yang sering digunakan.

Mengikuti program vaksin sebagia bentuk pencegahan covid 19

Vaksin covid 19
Source: Pixabay

Banyak yang masih ragu atau mempertanyakan efikasi vaksin covid-19, dan efek yang mungkin muncul.

Tidak salah, sebab banyak berita yang terkadang melebihkan efek vaksin dibalik manfaatnya yang jauh lebih besar. Salah satunya adalah mengurangi risiko penularan Covid 19, dan mengurangi keparahan covid saat terinfeksi.

Selain itu pemberian vaksin dalam dosis lengkap dapat melindungi masyarakat untuk jangka panjang. Oleh karena itu segera daftarkan diri kamu untuk menerima vaksin yang mana harus terlebih dahulu memenuhi persyaratan yang ada.

Menjaga daya tahan tubuh

sUMBER VITAMIN d
sUMBER VITAMIN d

Untuk mencegah munculnya berbagai macam penyakit yang mungkin bisa terjadi, pastikan kamu selalu menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Melalui mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi, dan sumber makanan yang mengandung vitamin D.

Kebutuhan vitamin D harian sangat berbeda-beda, umumnya orang dewasa membutuhkan antara 600 hingga 2.000 IU. Namun jumlah yang diperlukan akan jauh lebih tinggi jika diperuntukan untuk ibu hamil atau lansia.

Memilih makanan bergizi & bersih

Makanan sehat
Source: Pixabay

Bagi kamu yang bosan memasak sendiri, membeli makanan siap saji dapat menjadi alternatif yang tepat. Namun sebelum membelinya pastikan untuk memilih tempat yang kebersihannya sudah terjamin.

Rajin berjemur

waktu berjemur yang baik
Source: Unsplash

Matahari merupakan sumber vitamin D alami yang sangat baik untuk tubuh. Sehingga tidak ada salahnya kamu mulai berjemur pada waktu yang tepat, untuk bisa mendapatkan hasil terbaik. Hindari menunggu kulit menjadi kecoklatan, karena dapat berisiko menjadi kanker kulit.

Rutin berolahraga

Berolahraga sebagai bentuk pencegahan covid 19
Source: Pixabay

Sejak dulu olahraga sudah menjadi keharusan bagi setiap orang yang ingin memiliki tubuh sehat dan bugar, terlebih lagi di masa pandemi ini.

Jika belum terbiasa kamu bisa melakukan gerakan yang mudah, tanpa perlu memaksakan diri. Pilih olahraga yang tepat, begitu juga dengan alat olahraga yang akan kamu gunakan.

Menerapkan physical distancing 

Social distancing
Source: Pixabay

Pembatasan fisik atau physical distancing adalah langkah penting untuk memutuskan rantai penyebaran virus Corona, dan dapat dilakukan dengan cara menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain.

Hindari juga kontak dengan orang yang sedang sakit, berpotensi terinfeksi virus Corona atau pasien yang sudah dinyatakan positif COVID-19.

Melakukan isolasi mandiri

Isolasi mandiri untuk pencegahan covid 19
Source: Pixabay

Bagi beberapa kelompok orang seperti OTG (Orang tanpa gejala), merasakan gejala covid ringan, hingga sudah positif Covid perlu melakukan isolasi mandiri. Fungsinya untuk mencegah penularan yang lebih luas lagi, terutama jika ada anggota keluarga yang berusia lanjut, anak anak atau ibu hamil.

Ikuti panduan isolasi mandiri dan pastikan benar- benar sembuh sebelum berinteraksi dengan orang lain. Jika mengalami gejala yang lebih parah hubungi dokter.

Membersihkan rumah secara rutin

Membersihakn rumah
Source: Pixabay

Menjaga kebersihan rumah saat ini sangat penting karena kuman yang tidak terlihat dapat hidup selama berjam-jam pada permukaan suatu benda.

Bagi kamu yang belum terbiasa melakukannya mungkin aktivitas ini akan terasa berat. Namun dengan bantuan alat alat kebersihan yang menunjang dapat mempermudah dan membuatnya menjadi terasa ringan.

Melakukan disinfeksi secara rutin

Melakukan disinfenksi untul pencegahan covid 19
Source: Pixabay

Untuk menjaga kebersihan secara optimal, lakukan disinfeksi secara menyeluruh, termasuk pada peralatan rumah tangga, perabotan dan benda benda yang sering disentuh, seperti dan permukaan meja, gagang pintu, remote televisi, kran air.

Jika perlu gunakan sarung tangan dan masker saat melakukan disinfeksi. Jangan lupa juga untuk mencuci tangan dengan air bersih dan sabun setelah selesai membersihkan rumah.

Beraktivitas di rumah untuk pencegahan covid 19

ppkm
Source: Pixabay

Bagi sebagian orang rasanya sangat membosankan jika harus beraktivitas dari rumah. Namun cara ini harus dilakukan untuk menghindari penyebaran virus Covid 19.

Pasalnya saat ini bekerja dari rumah atau work from home, berolahraga hingga belajar dari rumah terbukti dapat memberikan perlindungan secara maksimal.

Jangan menyentuh bagian wajah

TIDAK MENYENTUH AREA WAJAH
Source: PIxabay

Hindari untuk menyentuh bagian wajah dengan tangan, pasalnya terdapat banyak kuman yang terdapat pada tangan, dan dapat meningkatkan risiko terkena virus corona. Untuk menghindari penyebaran yang mungkin terjadi pastikan untuk rutin memberishkan tangan dengan disinfektan.

Itulah pencegahan covid 19 yang bisa kamu lakukan dan pastikan untuk selalu menjaga kesehatan dengan alat berkualitas terbaik dari Ruparupa. Melalui platform ini kamu bisa menemukan berbagai peralatan kesehatan yang beragam dan sudah teruji klinis.