3 Cara Cek Sertifikat Vaksin Covid Lewat Web, Aplikasi, dan SMS

2
16161
cara mengecek sertifikat vaksin covid
Source: SindoNews

Masyarakat yang sudah mendapatkan vaksinasi COVID-19, akan menerima kartu vaksin  dalam bentuk fisik berupa kartu atau digital yang mana bisa Anda dapatkan melalui aplikasi peduli lindungi. Karena hal inilah muncul pertanyaan baru bagaimana cara cek sertifikat vaksin & download sertifikat vaksin itu sendiri.

Hal ini dapat dimengerti, karena tidak semua orang melek teknologi. Sehingga sebagai solusinya, pemerintah memberikan beberapa cara agar masyarakat dapat mengecek dan mendownload sertifikat vaksin dengan lebih mudah meskipun dari jarak jauh.

Cara cek sertifikat vaksin COVID – 19 melalui aplikasi, web atau sms.

cek sertifikat vaksin
Source: SindoNews

Download & cek sertifikat vaksinasi covid-19 dengan tiga cara yaitu melalui laman pedulilindungi.id, aplikasi atau melalui SMS dari 1199.

A. Melalui aplikasi Peduli lindungi.id

 cek sertifikat vaksin dan download sertifikat vaksin melalui Peduli lindungi
Source: LIPUTAN 6

Bagi peserta baru yang belum memiliki akun wajib melakukan registrasi dengan cara ini

  1. Masuk ke aplikasi PeduliLndungi
  2. Klik register yang tersedia pada sudut kanan atas. Lalu pilih registrasi bagi peserta yang akan membuat akun baru.
  3. Masukan nama lengkap, NIK serta nomor ponsel yang aktif, yang dapat menerima kode otp yang dikirim.
  4. Lalu secara otomatis peserta akan mendapat 6 digit angka, dan kamu secara otomatis akan masuk ke dalam dashboard Pedulilindungi.id.
  5. Selanjutnya untuk mengunduh sertifikat vaksinasi, klik menu yang berisi nama pada pojok kanan atas Pilih menu “sertifikat vaksin”.
  6. Kemudian nama peserta akan muncul dan biasanya terbagi atas dua sertifikat, yaitu vaksinasi pertama dan kedua jika telah mengikuti dua dosis vaksin.
  7. Klik gambar sertifikat Tekan “unduh sertifikat”.

Bagi peserta yang sudah punya akun tinggal mengunduh sertifikat vaksin dengan cara;

  1. Klik tombol “Login” untuk masuk ke dalam aplikasi PeduliLindungi
  2. Masukan nomor telepon atau email yang terdaftar. Kemudian pilih menus pada pojok kanan atas yang berisi nama peserta.
  3. Pilih “sertifikat vaksin” pada menu bar
  4. Kemudian sertifikat vaksin covid-19 akan muncul
  5. Klik salah satu gambar sertifikat yang kamu inginkan untuk melihat secara spesifik.
  6. Setelah memilihnya klik “unduh sertifikat”

B. Cara cek sertifikat vaksin melalui situs web

pedulilindungi cek sertifikat vaksin

  1. Buka laman https www.pedulilindungi.id
  2. Pilih tombol LOGIN atau REGISTER di sudut kanan atas situs web.
  3. Kemudian masukan nama lengkap dan nomor ponsel yang terdaftar saat melakukan pendaftaran vaksinasi COVID-19
  4. Lalu masukan 6 digit kode OTP yang dikirim oleh PEDULICOVID melalui SMS.
  5. Klik ‘Nama Akun’ di sudut kanan atas situs web. Lalu masukan NIK untuk membuka dan mengunduh sertifikat vaksin COVID-19
  6. Jika sertifikat vaksin COVID-19 belum tersedia, hubungi call center 119 dengan extension 9 untuk mendapatkan bantuan.

C. Cek & Download sertifikat melalui SMS 

cara mengecek sertifikat vaksin covid
Source: RSUD Dr. Moewardi

Cara lainnya untuk cek sertifikat vaksin bagi yang sudah melakukan vaksin Covid-19, adalah melalui SMS dari nomor 1199.

Melaui pesan resmi ini peserta vaksin akan menerima sms saat telah berhasil mengikuti vaksinasi tahap pertama. SMS itu sendiri berisi nama lengkap, nomor NIK, nomor tiket vaksin, dan jadwal vaksin dosis kedua lengkap dengan tanggal serta lokasi vaksinasi.

Selain itu tercantum juga link untuk melihat sertifikat vaksin digital sebagai bukti telah selesai melakukan vaksin pertama.

Mengirimkan aduan ketika belum menerima kartu vaksin

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi menyampaikan, kalau mungkin saja ada rentang waktu yang dibutuhkan dalam proses pengiriman sertifikat vaksinasi digital yang belum masuk ke akun PeduliLindungi.

Bagi mereka yang sudah vaksin tapi belum dapat sertifikat, segera kirimkan aduan ke PeduliLindungi. Baik itu melalui e-mail: pedulilindungi@kominfo.go.id, web , atau masuk ke aplikasi yang tersedia pada smartphone Anda.

Ingat setelah mendapat sertifikat vaksinasi, jangan bagikan di media sosial karena di dalamnya terdapat data pribadi seperti nomor KTP. Cukup tunjukan hal ini pada pihak yang berwenang untuk menjaga keamanan informasi pribadi kamu.

Nah, sudah jelas bukan bagaimana cara cek dan download sertifikat vaksin, yang tidak boleh diabaikan begitu saja.

Dengan mengikuti program vaksin dari pemerintah kamu sudah membantu mencegah penyebaran virus COVID-19 sejak dini, dan akan mendapatkan efek yang besar seperti meningkatkan imun tubuh, mecegah terjadinya gejala Corona yang berat, hingga mengurangi risiko kematian akibat COVID.

Selain itu banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan memiliki dan mengunduh sertifikat vaksin, terutama saat pemerintah memutuskan untuk melakukan ppkm level 4

Namun ternyata mendapatkan vaksin tidak cukup. Karena kamu harus menjaga kesehatan dengan cara berjemur pada waktu yang tepat, mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D, serta mengontrol kesehatan tubuh dengan peralatan medis yang berkualitas.

Salah satunya dari Sowell, yang menyediakan berbagai produk seperti oximeter, alat tekanan gula darah, hingga tensimeter yang memiliki perhitungan cepat, dan akurat.

Produk dari Sowell sudah teruji klinis, terpercaya, serta mengusung teknologi terbaik yang memaksimalkan dalam penggunaanya. Sehingga tidak perlu ragu lagi jika ingin membelinya.

2 KOMENTAR