Informasi mengenai manfaat vaksin COVID – 19, sangat penting dimengerti masyarakat untuk melawan keraguan yang ada. Apalagi dengan adanya berita-berita pada media yang membuat rasa kekhawatiran muncul.

Sehingga ada baiknya masyarakat harus lebih bijak untuk menyikapi berita yang tersebar luas. Juga memahami lebih jauh, kalau program vaksinasi COVID 19 di Indonesia memiliki manfaat yang lebih besar, jika dibandingkan dengan efek samping atau kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI)

Untuk itu mari kita cari tahu apa saja sih manfaat vaksin Corona yang jauh lebih besar daripada efek sampingnya, yang berdasarkan dari situs resmi pusat pencegahan dan pengendalian penyakit Amerika (CDC) 

Apa Tujuan Dari Vaksinasi COVID – 19?

manfaat vaksin covid
Source: Unsplash

Untuk menekan kasus yang terus bertambah pemerintah sangat mendorong program pemberian vaksin COVID 19 untuk masyarakat secara masif. Meskipun menimbulkan pro dan kontra dari banyak pihak.

Akan tetapi sebagai warga negara yang baik kita wajib mengikuti anjuran pemerintah dan memahami lebih lanjut manfaat vaksin COVID-19 ini agar semakin yakin saat mengikuti  program ini.

Mencegah gejala covid 19  tingkat berat

manfaat vaksin covid
Source: Unsplash

Dalam sebuah dokumen tanya jawab seputar pelaksanaan vaksinasi COVID -19 yang terdapat pada laman resmi Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat (kesmas), Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, menjelaskan bahwa vaksin yang bertujuan untuk melemahkan virus Corona ini, memang tidak membuat kita 100% kebal dari paparan virus berbahaya ini, tapi akan mengurangi dampak yang timbul jika terjadi penularan

Memberikan perlindungan ekstra saat beraktivitas

tujuan vaksin Covid 19
Source: unsplash

Bukan tidak mungkin kamu menjadi salah satu orang yang dapat menyebarkan virus Corona ke orang lain.  Karena banyak kasus pasien yang terkena infeksi virus corona tidak merasakan gejala apapun.

Sebagai bentuk antisipasinya kamu harus mengikuti program vaksin COVID Р19, yang dapat mencegah penularan virus Corona karena dapat membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok. 

Agar memiliki kekebalan maksimal para ahli mengatakan setidaknya butuh 70% dari populasi untuk mencapai kekebalan kelompok ini.

Menghentikan penyebaran covid-19

tujuan vaksin
Source: unsplash

Fungsi vaksin bukan hanya bertujuan untuk memutuskan rantai penularan penyakit atau menghentikan wabah yang sudah terjadi. Tapi juga berguna untuk mengeliminasi penyakit dalam jangka panjang.

Yuk bersama kita hentikan penyebaran virus ini agar dapat beraktivitas dengan normal kembali!

Melindungi generasi selanjutnya

jelaskan tujuan pemberian vaksin bagi tubuh
Source: unsplash

Menurut mayo Clinic, tujuan vaksinasi COVID-19 salah satunya adalah untuk mencegah masuknya virus yang dapat bereplikasi dan bermutasi lebih kebal terhadap vaksin.

Dengan mengambil langkah ini kamu dapat menurunkan laju infeksi covid-19, memutuskan rantainya, serta dapat melindungi generasi selanjutnya dari penderitaan panjang infeksi penyakit ini

Manfaat vaksin COVID – 19 untuk membentuk antibodi

Vaksin Covid - 19 memebrikan antibodi pada tubuh
Source: unsplash

Pada poin sebelumnya sudah tertulis jika dengan mendapatkan vaksin covid-19 tidak membuat orang kebal 100% terhadap virus Corona. Namun terbukti dapat membentuk respon antibodi untuk sistem kekebalan tubuh yang lebih baik 

Hal ini terbukti dari sebuah studi baru para ilmuwan di Rockefeller University, New York, Amerika Serikat, yang menunjukkan kalau terjadinya peningkatan daya tahan tubuh alami terhadap SARS-C0 V-2.

Melindungi orang yang pernah terpapar virus COVID 19

vaksinasi COVID 19 akan melindungi penyintas covid
Source: Unsplash

Bahkan untuk para orang-orang yang sudah pernah terinfeksi virus Corona sekalipun telah terbukti, kalau vaksinasi memberikan perlindungan ekstra yang lebih baik di masa mendatang.  Pasalnya kita tidak pernah akan tahu kemungkinan akan penularan yang mungkin masih bisa terjadi pada kemudian hari.

Dilansir dari medical xpress para ilmuwan berhasil melacak evolusi molekul yang terdapat pada darah pasien COVID 19, menemukan kalau mereka yang pernah terinfeksi sebelumnya dan kemudian menerima vaksinasi COVID 19 ternyata memiliki kekebalan alami yang lebih baik termasuk pada varian baru virus COVID varian terbaru yang muncul.

Ingat lebih baik mencegah daripada mengobati dan jangan sampai kamu menyesal  di kemudian hari!

Menurunkan angka kematian

Vaksin Covid 19
Source: unsplash

Tentunya kita bersama tahu kalau saat ini ini banyak orang yang sembuh dari COVID 19, namun banyak juga yang tidak bisa terselamatkan. Kondisi ini sangat menyedihkan dan menyakitkan. Lalu apakah kita akan diam saja?

Untuk mengurangi tingkat kematian yang terjadi saat ini, vaksin menjadi salah satu upaya yang paling efektif untuk mengatasi pandemi covid yang masih berlangsung.

Meminimalkan dampak sosial dan ekonomi negara

Meminimalkan dampak sosial dan ekonomi negara
Source: Unsplash

Bukan rahasia lagi kalau sektor ekonomi dan sosial Indonesia sedang mengalami penurunan yang cukup signifikan. Hal ini terjadi karena salah satunya karena pendapatan negara yang turun akibat kegiatan ekonomi yang terbatas.

Akan tetapi kita bisa bersama ikut membantu membangun kembali ekonomi bangsa kita, dengan mengikuti program vaksinasi gotong royong yang merupakan program pemerintah untuk mengurangi penyebaran infeksi virus Corona. Agar ketika masyarakat sudah memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik maka aktivitas bisa kembali seperti sedia kala 

Dapat bersosialisasi lebih leluasa

Social distancing
Source: Unsplash

Ya, memang setelah mendapat vaksin tentunya dapat menurunkan resiko paparan virus COVID 19. Tapi jangan salah mengartikan kalau kamu bisa mengunjungi keluarga ,teman atau kerabat yang sudah divaksin dengan bebas.

Karena sampai saat ini ini kita tetap perlu melakukan social distancing atau menjaga jarak dengan orang lain, yang merupakan salah satu protokol kesehatan selama pandemi COVID 19 berlangsung.

Jangan lengah dan pastikan untuk mentaati aturan pemerintah 3M memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak 

Manfaat COVID – 19 untuk memberikan efek jangka panjang

Efek vaksin covid 19
Source: Unsplash

Apakah vaksin COVID 19 ampuh melindungi kita dalam jangka panjang? untuk menjawab pertanyaan ini mari mengacu pada hasil penelitian seorang Profesor dari University of Alabama at Birmingham,  Suzzane, Judd, Ph.D.

Beliau mengatakan kalau pemberian vaksin COVID ini dapat memberikan dampak panjang. Serta menjadi salah satu cara untuk mengendalikan dan mengatasi penyakit menular yang dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih buruk 

Itulah bukti vaksin covid yang mampu meningkatkan daya tahan dan kekebalan tubuh terhadap virus Corona yang ternyata memberikan banyak manfaat. Memang terjadinya kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI)  bisa saja terjadi, namun Jangan khawatir karena yang terjadi pada umumnya adalah gejala ringan seperti nyeri pada bekas suntikan yang akan hilang setelah 1 sampai 3 hari

Meskipun ada gejala lain yang bisa timbul seperti sakit kepala,  demam itu juga merupakan hal yang wajar dan kamu bisa mengonsumsi obat untuk meredakannya.

Jadi setelah membaca artikel ini semoga kamu bisa mengikuti program pemerintah untuk mendapatkan jadwal vaksin COVID 19 sesegera mungkin. Karena ini kita lakukan untuk kebaikan bersama, baik itu untuk keluarga, generasi yang berikutnya dan tentunya negara kita agar segera Pulih dari dampak pandemi yang ada

Oh iya satu lagi jangan lupa untuk selalu memperhatikan kesehatan kamu meskipun hanya dari rumah saja.  mulailah mengonsumsi makanan yang mengandung sumber vitamin D yang dapat memperkuat sistem imun tubuh.  Selain itu lakukan cek kesehatan secara berkala Menggunakan oximeter,  tes gula darah,  tensi darah,  dan oxygen concentrator dari Sowell yang dapat memberikan hasil akurat bagi penggunanya. 

2 KOMENTAR