Ini Dia Fungsi dan Cara Memilih Stand Laptop yang Tepat

0
273
Sumber: ruparupa.com

Sering merasa sakit leher saat bekerja dan belajar? Biasanya, hal tersebut terjadi karena posisi duduk yang salah. Apalagi, saat bekerja posisi mata harus sejajar dengan layar komputer. Inilah alasannya kamu harus memakai penyangga atau stand laptop.

Lalu, Apa Fungsi Penyangga Laptop?

Stand laptop atau yang kerap disebut penyangga dan meja laptop merupakan alat fungsional yang portable sebagai alas laptop ketika bekerja.

Nah, salah satu fungsi penyangga laptop adalah untuk membantu menjaga agar posisi duduk kita tetap baik saat bekerja. Apalagi, secara tidak sadar, kita sering duduk dengan posisi meja kerja terlalu rendah dibandingkan kursi.

Inilah yang membuat posisi kepala harus menunduk selama bekerja. Hal tersebut tentu akan membuat leher terasa pegal. Bila dibiarkan terus menerus, lama-kelamaan otot di sekitar kepala dan leher pun mudah tegang.

Selain itu, kamu juga bisa mengalami leher kaku, yang ditandai dengan kesulitan menggerakkan leher. Bahkan, posisi duduk menunduk ini juga bisa membuat kita jadi mudah sakit kepala.

Hal ini terjadi karena sakit pada bagian leher akan mempengaruhi saraf di kepala. Inilah yang membuat kepala jadi tegang dan sakit.

Sumber: unsplash.com

Bagaimana Cara Memilih Stand Laptop yang Tepat?

Agar tidak salah pilih, simak beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli stand laptop berikut ini.

Baca Juga:   5 Tips Memilih Tempat Makan Untuk Hewan Peliharaan

1. Pilih Penyangga Laptop yang Ukurannya yang Sesuai

Hal paling penting yang perlu kamu perhatikan adalah ukuran penyangga laptop. Hindari menggunakan ukuran stand atau penyangga yang lebih kecil dari laptop kamu. Hal ini akan membuat laptop mudah terjatuh.

Umumnya, ada tiga ukuran stand laptop yang bisa kamu pilih, seperti berikut ini.

  • Ukuran stand laptop A4 (14-15,6 inci)
  • Ukuran stand laptop B5 (11,6-14 inci)
  • Ukuran penyangga laptop mobile (kurang dari 11,6 inci)

2. Pilih Bentuk yang Tepat

Ada berbagai macam bentuk penyangga laptop yang bisa kamu temukan, seperti berbentuk lebar, model yang ramping, serta berbentuk ergonomis.

Nah, kamu bisa memilih bentuk stand laptop sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, bila kamu sering bekerja dari rumah, kamu bisa memilih penyangga berbentuk meja kecil atau yang alasnya lebar.

Sementara itu, jika kamu sering bekerja dari kantor, atau dari kafe, kamu mungkin membutuhkan penyangga yang bentuknya lebih ramping dan portable sehingga mudah di bawa ke mana-mana.

Berikut rekomendasi penyangga laptop yang bisa jadi pilihan buat kamu.

Zimo Meja Komputer Smart Stand – Cokelat

Beli di sini

Penyangga Laptop – Silver

Beli di sini

3. Pilih Material yang Kokoh

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah material atau bahan yang digunakan. Umumnya, material penyangga laptop terbuat dari plastik, aluminium,dan kayu. Setiap material tersebut tentu memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Misalnya, penyangga laptop dari plastik mudah bengkok dan kurang kokoh.  Jadi, pasti tidak bisa menopang bobot laptop yang terlalu berat. Namun, bahan plastik merupakan yang paling murah dibandingan dengan bahan lainnya.

Baca Juga:   9 Perabot yang Bikin Dressing Room Tampak Menawan

Di sisi lain, material dari aluminium cenderung lebih kokoh dan tahan lama, sehingga kamu tidak perlu mengkhawatirkan bobot laptop. Tentu, harga penyangga laptop aluminium pun leboh mahal daripada plastik.

Sedangkan untuk penyangga material kayu, biasanya berbentuk lebih modern dan kokoh.  Penyangga material kayu tersedia dalam berbagai macam ukuran dan fitur, seperti ada yang memiliki laci, serta tempat penyimpanan di bagian bawah stand laptop.

4. Pilih Penyangga yang Fleksibel

Pastikan kamu memilih penyangga laptop yang fleksibel, apalagi kalau kamu sering bekerja dari luar rumah. Umumnya, model penyangga laptop ini bisa dilipat jadi kecil, sehingga mudah dibawa ke mana pun kamu pergi.

Berikut rekomendasi penyangga laptop fleksibel dan portable yang mudah disimpan di dalam tas.

model penyangga laptop
Penyangga Laptop – Silver

Beli di sini

dudukan laptop
Ataru Dudukan Laptop Lipat – Hitam

Beli di sini

5. Pastikan Ketinggian Stand Laptup Bisa Diatur

Posisi duduk, ketinggian, dan tempat bekerja setiap orang pasti berbeda-beda. Oleh karena itu, kamu juga membutuhkan penyangga laptop yang bisa diatur ketinggiannya.

Jadi,  posisi leher dan tangan kamu lebih nyaman saat mengetik atau menggunakan laptop untuk keperluan lain. Berikut rekomendasi penyangga dan meja laptop yang bisa kamu gunakan di rumah.

Beli di sini

meja lipat laptop
Odi Meja Lipat Laptop Dengan Mouse Pad – Cokelat

Beli di sini

Itu dia beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum membeli penyangga laptop.

Temukan perlengkapan kantor terbaik dengan harga terjangkau
Klik di sini

Situs belanja online ruparupa.com juga menjual berbagai perabot rumah tangga dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Selma, Informa, dan masih banyak lagi.